Sex & relationship

Selain Toxic, Ini 4 Alasan Kamu Harus Putus dengan Pasangan

By : Her World Indonesia - 2022-09-14 21:00:01 Selain Toxic, Ini 4 Alasan Kamu Harus Putus dengan Pasangan

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda untuk memutuskan suatu hubungan. Alasan paling umum dari putusnya suatu hubungan adalah saat menemukan pasangan bertindak kasar bahkan selingkuh secara diam-diam. Meski begitu, keadaan hubungan yang sehat juga tetap bisa memicu munculnya perpisahan, loh.


Walau hubungan terlihat baik-baik saja, terdapat juga beberapa alasan yang membuat suatu hubungan sudah tidak layak untuk dipertahankan. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan sejak dini agar pasangan dapat berpisah dengan baik dan menghindari menyakiti satu sama lain.


Apa saja alasan suatu hubungan perlu untuk diakhiri? Simak, yuk.

1. Tidak Satu Frekuensi


Ungkapan “opposite attract” sudah diakui oleh banyak pasangan di seluruh dunia. Ungkapan ini berarti orang yang sangat berbeda dengan satu sama lain justru terlihat semakin menarik dan memikat untuk dimiliki. Pada beberapa kesempatan, ungkapan ini memang terbukti berhasil untuk pasangan-pasangan terpilih. Namun, perbedaan yang sangat kentara juga bisa menimbulkan perselisihan.

Apalagi ketika pasangan tidak bisa merangkul adanya perbedaan dalam hobi, preferensi, atau cara hidup yang saling dimiliki. Akibat ketidakserasian ini, pasangan bisa mudah bosan dan cenderung akan mencari pengganti.


2. Sering Adu Argumen

(Sering adu argumen jadi alasan untuk mengakhiri hubungan. Foto: Dok. Keira Burton/Pexels)


(Baca Juga: Kenali 4 Ciri-Ciri Pria Egois dalam Hubungan)

Setiap pasangan pasti pernah saling beradu argumen. Banyak yang bilang bahwa pasangan tanpa adu argumen patut dipertanyakan, mengingat argumen juga menjadi cara berkomunikasi untuk menemukan middle ground antara satu sama lain. Namun, tentu ada pula batasan dari adu argumen itu sendiri.


Adu argumen diantara pasangan masih wajar apabila jarang terjadi dan hanya membahas hal-hal penting. Namun, jika argumen terjadi hampir setiap hari dan mulai menyinggung hal-hal sepele yang tidak perlu, maka hubungannya perlu untuk dipertanyakan.

3. Single Terlihat Lebih Indah


Ketika menjalani hubungan, setiap saat bersama pasangan adalah momen yang indah. Namun, saat kamu mulai merindukan rasanya menjadi single, maka hubunganmu perlu dipertanyakan. Banyak hal yang bisa membuatmu merasa single lebih indah daripada masa pacaran, salah satunya adalah pasangan yang controlling atau suka mengatur.


Tipe pasangan ini akan menyita waktumu dengan segala perintahnya yang harus kamu patuhi, mulai dari cara berpakaian, waktu bertemu, dan masih banyak lagi. Tipe pasangan ini juga lebih mementingkan dirinya sendiri, dan jika berlangsung lama bisa membuatmu kelelahan. Pada akhirnya, kamu akan berharap kembali single agar bisa bebas dan tidak ada lagi beban dari pasangan.

4. Tak Lagi Mesra


Kemesraan adalah kunci utama di setiap hubungan. Sayangnya, terdapat banyak rintangan yang bisa membuat hubungan tak lagi mesra. Dua diantaranya adalah hubungan jarak jauh dan kesibukan masing-masing, yang pada akhirnya membuat pasangan menjadi growing apart dan lupa memprioritaskan satu sama lain.


Mungkin mengutamakan self-development memang hal yang baik, tapi saat menjalani hubungan penting juga untuk mempertimbangkan perasaan pasanganmu. Ketika tidak ada lagi usaha untuk memperbaiki hubungan, maka intimacy yang kurang bisa memicu perpisahan.


(Baca Juga: Ini 4 Zodiak yang Gampang Kangen dengan Mantan, Apa Saja?)


Menjalin hubungan dengan pasangan memang memiliki banyak rintangan. Namun ketika pasangan sudah tidak mampu memperbaiki hubungan dan hanya memikirkan diri sendiri, maka akan lebih baik untuk mengakhiri hubungan. Sebab ingat, it takes two to make a relationship work. Kedua pasangan harus sama-sama menjaga dan mengapresiasi satu sama lain.


Nah, itu dia tanda-tanda hubungan dengan pasangan harus diakhiri. Apa sesuai dengan kondisimu?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Sex & relationship