Sex & relationship

Temukan Cara Kamu Bisa Menjaga Jarak Dengan Teman Toxic

By : Vanessa Masli - 2022-09-21 09:00:01 Temukan Cara Kamu Bisa Menjaga Jarak Dengan Teman Toxic

Sebuah hubungan pertemanan terjalin agar kamu maupun temanmu bisa saling mendukung satu sama lain dan menjadi ruang untuk saling belajar sekaligus bertumbuh sebagai pribadi. Namun, ketika kamu dihadapkan pada realitas bahwa temanmu cenderung toxic dan pertemanan ini semakin lama semakin enggak sehat, mungkin saatnya mengambil langkah.


Walau kamu ingin mengambil langkah maju untuk mengonfrontasi semua keburukan yang temanmu lakukan, ada baiknya kamu justru mengambil langkah mundur. Pelan-pelan, tapi pasti, kamu berusaha temukan cara untuk bisa menjaga jarak dengan teman toxic-mu dan Her World sudah merangkum beberapa caranya di sini.


1. Kenali alasannya


Sebelum kamu akhirnya menjaga jarak dengannya, tentu ada kontemplasi yang dilakukan untuk memantapkan hati. Jauhkan diri dari emosi yang membuatmu kalut dan lupa akan alasan kamu memutuskan untuk jaga jarak dengannya. Cara ini baik untuk dilakukan lebih dulu karena bisa jadi pola jaga jaraknya enggak sehalus itu dan dia, mungkin, bisa mengonfrontasinya padamu. Namun dengan alasan, kamu pun bisa menjawabnya lebih tegas dan berani.


2. Awali dengan batas


Mungkin salah satu cara agar kamu bisa menjaga jarak dengan temanmu enggak langsung benar-benar menjauh dan menghilang darinya. Awali proses ini dengan memberi batas, entah waktu ketemuan jadi semakin jarang atau kamu mulai mengurangi kontak dengannya via chat. Perlahan, dia pun bisa sadar untuk enggak sering mengganggumu dan lama-lama jarak akan terbentuk.



(Kurangi waktu chatting dengannya. Foto: Dok. Ipuwadoi/iStock)


(Baca Juga: Coba Jaga Jarak Dengan 4 Tipe “Teman” Yang Harus Dihindari)


3. Aktif dalam kegiatan lain


Alasan kamu menjaga jarak dengannya adalah agar kamu bisa kembali menjaga perasaan yang jauh dari gunjingan atau rasa iri teman sendiri. Mungkin mencoba dan aktif dalam sebuah kegiatan baru bisa jadi cara kamu menjaga jarak dengannya tanpa banyak effort. Kegiatan ini jadi alasan kamu semakin jarang berkomunikasi dengannya tanpa harus dicari-cari alasannya. Plus, kamu juga bisa menemukan teman-teman baru.


4. Siap-siap untuk konfrontasi


Ketika hubungan pertemanan berakhir, ada kemungkinan sebuah konfrontais terjadi. Mungkin kamu mendapati teman toxic yang suka dengan drama dan konfrontasi, siap-siap karena bagianmu untuk jadi target konfrontasinya dimulai. Ada dua jawaban, entah kamu menjawab dengan jujur atau mencari alasan yang menyita perhatian. Apapun itu, pastikan kamu akhiri konfrontasi tanpa kembali jadi dekat dengan teman toxic-mu itu.


(Baca Juga: 4 Zodiak Ini Bisa Kamu Jadikan Tempat Curhat, Apa Saja?)


Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk menjaga jarak dan terhindari dari teman yang toxic. Semoga bermanfaat!



Sex & relationship