Life & health

Cocok Untuk Diet, Simak Manfaat Lainnya Labu Kuning

By : Her World Indonesia - 2022-09-11 10:00:02 Cocok Untuk Diet, Simak Manfaat Lainnya Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah yang cukup mudah didapatkan di Indonesia, bahkan sering ditemukan sebagai menu santapan di meja makan. Banyak orang yang menyukai bahan dasar ini, selain mudah untuk dimasak labu kuning juga sangat fleksibel untuk diolah menjadi peneman makan nasi atau sebagai makanan penutup yang manis seperti kue talam sampai kue bolu labu kuning.


Di balik rasanya yang enak ternyata labu kuning sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan. Melihat hal ini, berikut Her World rangkumkan manfaat labu kuning untuk kamu. Let's check this out!


1. Bantu menurunkan berat badan

(Labu kuning bantu turunkan berat badan dan lancarkan pencernaan  Foto: Dok. rawpixel.com /freepik)


Apakah kamu sedang bingung untuk memilih menu yang mudah, murah dan berpengaruh kepada program diet kamu? Mungkin kamu bisa mencoba memasukan labu kuning dalam list. Kaya akan kandungan serat yang tinggi, labu kuning dapat dengan efektif membantu menahan rasa lapar kamu lebih lama sehingga terhindar dari keinginan untuk menyantap camilan.


Selain itu serat yang tinggi pada labu kuning juga dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. Bila ingin mendapatkan manfaat yang satu ini disarankan untuk mengkonsumsi labu kuning sebagai buah, bukan campuran pada makanan ataupun olahan.


2. Menurunkan risiko penyakit kronis

(Hindari penyakit kronis sejak dini dengan mengkonsumsi labu kuning Foto: Dok. freepik)


Hal ini dikarenakan labu kuning sendiri mengandung antioksidan yang tinggi dapat membantu menetralkan radikal bebas dan menghentikan dari kerusakan sel. Sehingga labu kuning dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis salah satu contohnya ialah penyakit kanker.


(Baca Juga: Cara Membuat Kue Labu Dengan Dua Bahan Saja)



3. Menjaga kesehatan mata

(Vitamin A dari labu kuning bantu mata tercegah dari penyakit . Foto: Dok. jcomp /freepik)


Labu kuning merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber vitamin. Kandungan vitamin A yang tinggi pada labu kuning membantu mengurangi risiko dari penyakit mata. Bahkan vitamin A yang dimiliki labu kuning lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Selain itu kandungan lainnya seperti beta karoten juga membantu mengurangi timbulnya penyakit katarak yang umumnya sangat berpotensi terjadi pada orang yang sudah mulai berumur.


4. Meningkatkan kualitas tidur

(Labu kuning bermanfaat meningkatkan kualitas dan mengatur siklus tidur . Foto: Dok. bruce mars /unsplash)


Tidak hanya daging buahnya saja, ternyata biji dari labu kuning ini juga bisa kamu konsumsi, bahkan mempunyai manfaat. Salah satunya ialah membantu meningkatkan kualitas tidur, karena adanya kandungan triptofan dan zinc yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatur siklus tidur.


Maka dari itu jangan langsung membuang biji labu kuning saat sedang membersihkan dan memotongnya.


(Baca Juga: Deretan Perawatan Kulit Wajah Dengan Formula Buah Labu)


5. Menyehatkan kulit wajah

(Labu kuning merawat wajah tetap sehat dari dalam maupun luar . Foto: Dok. Jessica Felicio/unsplash)

Bagi kalian yang sangat peduli tentang kulit wajah, mungkin ini salah satu cara untuk merawat wajah bukan hanya dari luar tetapi dari apa yang dikonsumsi. Mengandung karotenoid dan beta karoten yang berfungsi sebagai tabir surya alami untuk wajah. Ternyata bukan hanya menutrisi dari dalam tubuh, kamu juga bisa mengolah labu kuning untuk masker wajah alami dengan mencampurkan putih telur dan satu sendok makan madu dan susu.


Setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu 10-15 menit, setelah itu bilas kembali hingga bersih. Masker dengan bahan alami memiliki lebih sedikit kemungkinan adanya efek samping. 


6. Menjaga kesehatan jantung

(Labu kuning mengandung magnesium untuk kesehatan jantung . Foto: Dok. Robina Weermeijer/unsplash)

Memiliki kandungan magnesium, labu kuning dapat membantu merlaksasikan pembulu darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Kondisi ini dapat membantu kamu terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung. Artinya labu kuning juga sangat baik dikonsumsi bila kamu sudah sadar dan mulai memelihara kesehatan jantung sejak dini. 


(Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Jantung)


Berikut itu telah Her World rangkum berbagai manfaat labu kuning untuk kamu. Agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, pastikan kamu mengkonsumsi labu kuning yang segar dan tanpa melalui banyak proses pengolahan. Semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health