Sex & relationship

Wajib Tahu, 8 Jenis Cinta Yang Ada Dalam Hidupmu

By : Vanessa Masli - 2022-09-14 09:00:01 Wajib Tahu, 8 Jenis Cinta Yang Ada Dalam Hidupmu

Kalau bicara tentang cinta, mungkin banyak yang mengaitkannya dengan kamu dan dia saling berkomitmen untuk hidup bersama. Enggak jarang cinta identik dengan komitmen dan keintiman, serta segala sesuatu yang mendukung hubungan tersebut. Namun, faktanya, banyak jenis cinta yang ada dalam hidup setiap orang, termasuk kamu.


Mungkin sebagai pasangan atau sahabat, Her World sudah merangkum beberapa jenis cinta yang ada dalam hidupmu. Penasaran apa saja?


1. Storge (cinta keluarga)


Mungkin ini jenis cinta pertama yang kamu kenal, saat lahir di dunia. Dengan nama storge, perasaan cinta ini dirasakan antar anggota keluarga, khususnya orang tua maupun saudara kandung. Namun, kerabat maupun sahabat kecil pun bisa memberikan cinta serupa.


2. Philautia (cinta diri sendiri)


Jenis cinta satu ini mungkin mulai kamu kenali esensinya ketika banyak orang membahas seputar kesehatan mental. Penting sebelum kamu mengizinkan orang lain mencintaimu, kamu lebih dulu belajar mencintai dirimu sendiri. Jenis cinta philautia ini mendorongmu untuk jadi lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri.



(Beri waktu pada diri sendiri juga bentuk cinta pada diri sendiri. Foto: Dok. Ivan Aguilar/Pexels)


3. Philia (cinta sahabat)


Kamu rasakan philia dalam hubungan persahabatan yang sudah lama terjalin. Enggak hanya lama waktu persahabatannya, tapi juga kualitas hubungan tersebut memengaruhi bagaimana kamu dan sahabat saling mencintai satu sama lain sebagai sahabat.


4. Ludus (cinta menyenangkan)


Banyak gombalan dan gestur gemas untuk ungkapkan cinta ludus. Kamu bisa rasakan ini saat berada di awal-awal hubungan saat kamu dan dia enggak berhenti terpesona pada satu sama lain.


(Baca Juga: Ini 3 Tipe Pria Yang Disukai Wanita Virgo, Termasuk Dia?)


5. Eros (cinta penuh gairah)


Biasanya eros menjadi inisiasi sebuah hubungan. Ketika kamu tertarik dengan seseorang, begitu juga sebaliknya dan ketertarikan ini yang membuat kalian berdua semakin dekat. Rasa cinta eros ini cukup erat kaitanya dengan hasrat seksual tapi untuk bisa membangun sebuah hubungan, gairah seks enggak menjamin hubungan langgeng.


6. Pragma (cinta yang bertahan)


Kamu temukan rasa cinta satu ini berkaitan erat dengan komitmen. Mungkin pragma hadir dalam hubungan yang sudah lama terjalin maupun dalam sebuah pernikahan. Kamu enggak lagi mengharapkan cinta datang tiba-tiba, tapi kamu memilih untuk mencintainya selalu, begitu pun sebaliknya.



(Dalam pernikahan, pragma jadi cinta yang dominan. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


7. Agape (cinta universal)


Cinta adalah perasaan yang universal dan ketika kamu punya ruang untuk mencintai semua orang, mungkin agape jadi salah satu jenis cinta yang mengisi hatimu. Banyak tokoh-tokoh sejarah maupun aktivis yang dikenal karena cintanya pada sesama dan semua mahluk hidup sehingga menggerakkan tiap-tiap pribadi untuk mewujudkan cinta tersebut.


8. Mania (cinta obsesif)


Mungkin kamu rasa ini bukan cinta, tapi dalam hubungan yang cenderung toxic, jenis cinta inilah yang kerap ditemukan. Saat cinta berubah jadi sebuah obsesi, ada ketidakseimbangan dalam hubungan sehingga kamu atau pasangan yang alami mania dapat perlahan hilangkan rasa cinta tersebut untuk jaga hubungan yang sehat.


(Baca Juga: Saat Jalani LDR, Ini 4 Cara Mempertahankan Hubunganmu)


Itulah beberapa jenis cinta dalam hidupmu yang mungkin sudah dirasakan tapi belum dikenali and now you know. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship