Sex & relationship

Saat Jalani LDR, Ini 4 Cara Mempertahankan Hubunganmu

By : Vanessa Masli - 2022-08-25 09:00:02 Saat Jalani LDR, Ini 4 Cara Mempertahankan Hubunganmu

Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang dan jarak enggak jadi masalah, tentu memiliki problematika tersendiri. Namun, saat kamu dan dia menjalin hubungan yang berhadapan langsung dengan jarak alias long-distance relationship (LDR), banyak effort yang jauh lebih ekstra untuk mempertahankan hubunganmu.


Mulai dari komunikasi yang jadi harus semakin intens dan berkualitas karena kamu belum tentu bisa ngobrol dengan dia setiap hari hingga rasa percaya yang harus terus dipupuk, saat menjalani LDR ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubunganmu. Untuk hal ini, Her World sudah merangkumnya untukmu.


1. Kelola mindset


Semua perjuangan yang kamu maupun dia lakukan akan sia-sia jika enggak dimulai dari mengatur pola pikir tentang hubungan ini. Memang terasa berat, perlu ada perjuangan ekstra untuk menjalani hubungan dengan jarak yang terbentang. Namun, saat kamu memandang LDR ini sebagai kesempatan untuk saling membuktikan kesetiaan dan cinta satu sama lain, mungkin mempertahankan hubungan ini jadi terasa (sedikit) lebih ringan.


2. Berkreasi dengan komunikasi


Chatting atau video call mungkin sudah jadi caramu untuk mempertahankan hubungan LDR. Namun, ketika dua cara ini sudah mulai terasa seperti kewajiban, mungkin kamu dan dia perlu gunakan kreativitasmu. Mungkin satu hari kamu dan dia saling mengirimkan foto, mungkin di hari lain fitur voice note jadi cara untuk saling memberi kabar, temukan berbagai cara yang bisa membuat komunikasimu lebih menarik.



(Temukan cara-cara menarik untuk berkomunikasi. Foto: Dok. Prostock-Studio/iStock)


(Baca Juga: Ini 5 Tanda Pria Serius Mengajak Menikah, Penasaran?)


3. Saling berkunjung perlu jadi opsi


Bila memungkinkan, pertemuan tatap muka dan menghabiskan waktu bersama secara langsung tetap menjadi elemen penting dalam sebuah hubungan. Mungkin kamu yang berkunjung di akhir tahun, mungkin dia yang berkunjung di pertengahan tahun atau mana saja yang memungkinkan, tapi pertemuan langsung ini menghilangkan kerinduan kamu dan dia untuk melakukan hal-hal bersama.


4. Selalu menjalani momen bersama dengan kesadaran penuh


Kamu enggak punya banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama selama LDR, so make every moment counts. Jalani setiap aktivitas atau kencan bersama pasanganmu dengan kesadaran penuh. Nikmati setiap detail di dalamnya karena untuk jarang-jarang kamu dan dia bisa saling berkomunikasi secara langsung.


(Baca Juga: Yakin Kamu Ada di Hubungan Yang Tepat? Kenali 4 Tanda Ini)


Itulah beberapa cara sederhana untuk mempertahankan hubunganmu saat jalani LDR. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship