Life & health

Punya Kamar Tidur Sempit? Ini 8 Tips Menata Yang Bisa Dicoba

By : Vanessa Masli - 2022-09-09 20:00:01 Punya Kamar Tidur Sempit? Ini 8 Tips Menata Yang Bisa Dicoba

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang baru saja menempati hunian baru, entah pertama kali pindah ke sebuah apartemen atau rumah. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang tengah dilanda kejenuhan dan kamar tidurmu tak lagi tawarkan relaksasi seperti dulu. Menata maupun kembali menata kamar tidur bisa jadi cara untuk relaksasi pikiran dan membuat hunian terasa lebih nyaman.


Namun, ketika kamar tidur terlihat dan terasa sempit, kamu mungkin ingin menyerah sebelum mulai menata karena tak menemukan tampilan yang menarik. Nah, beberapa tips menata kamar tidur sempit yang sudah Her World rangkum untukmu bisa jadi referensi untuk tampilan kamar yang lebih nyaman dan luas. Penasaran?


1. Penuhi sudut kamar


Fokus pada area sudut di kamarmu ketika meletakkan furnitur. Mungkin tempat tidurmu yang didorong ke sudut dalam, baik kiri maupun kanan. Jika kamu memiliki kursi di dalam, letakkan di sudut lainnya. Dengan demikian, kamu mendapati ruangan lebih lapang di tengah untuk bergerak.


2. Perhatikan ukuran furnitur


Jika kamu suka memiliki meja di sisi ranjang untuk meletakkan buku atau benda-benda esensial lainnya, pastikan kamu memilih ukuran furnitur yang sesuai dengan luas kamar. Dengan meja yang lebih kecil dan ramping, kamu bisa meletakkannya di sisi ranjang dekat tembok sehingga kamu tetap bisa mengakses meja dengan mudah tanpa mengorbankan ruang untuk hal-hal penting lainnya.



(Pastikan sudut kamarmu terisi. Foto: Dok. Jonathan Borba/Unsplash)


3. Manfaatkan cerminmu


Mungkin sebuah cermin kamu beli diperuntukkan untuk memastikan penampilan sehari-harimu aman sebelum menjalani aktivitas di luar ruang atau mempermudah proses skincare dan makeup. Namun, menempatkan cermin di sebuah kamar tidur sempit juga memberi manfaat dalam penataannya. Cermin bisa berikan kesan bahwa kamarmu lebih luas dan juga suasananya terasa lebih terang.


4. Pilih ranjang dengan tempat penyimpanan


Tips menata kamar tidur sempit agar terasa lebih luas juga berlaku ketika kamu memiliki tempat tidur atau ranjang. Coba pilih ranjang yang memiliki tempat penyimpanan di bawahnya sehingga kamu bisa menyimpan banyak barang tanpa harus membeli furnitur ekstra untuk penyimpanannya. Mungkin kamu bisa menyimpan sprei atau sarung bantal, mungkin kamu menjadikan lemari ekstra untuk menyimpan pakaian, yang terpenting adalah kamarmu tak menjadi lebih sempit setelah ditata.


(Baca Juga: Ini 6 Rumah Selebriti Dunia Yang Bisa Jadi Inspirasi)


5. Gantung lukisan atau bingkai foto lebih tinggi


Untuk menghadirkan kesan kamar sehingga terlihat lebih luas juga bisa kamu lakukan tanpa harus membeli cermin, Jika kamu memiliki lukisan atau foto favorit yang sudah terbingkai, gantung hiasan dinding itu lebih tinggi dari biasanya, hampir mendekati area langit-langit. Cara ini sudah pasti akan membuat mata akan tertuju ke atas untuk melihat lukisan dan memberikan ilusi bahwa kamarmu terasa lebih luas.


6. Desain yang sederhana


Kamu tak memiliki banyak ruang di kamarmu sehingga pastikan selalu ada ruang gerak di dalamnya. Jadi, penting untuk menentukan desain yang simpel, tanpa membutuhkan barang terlalu banyak sehingga ruangannya pun tetap terkesan luas. Namun, untuk berikan rasa nyaman, pastikan dekorasi dan furnitur di dalamnya adalah hal-hal yang penting sekaligus kamu butuhkan untuk relaksasi sehingga kamar tidur kembali temukan fungsinya dalam keseharianmu.



(Pajang hiasan dinding lebih tinggi dari mata, beri kesan kamar lebih luas. Foto: Dok. Jonny Caspari/Unsplash)


7. Beri batas ruang dengan warna


Jika kamu menggabungkan area tidur dan kerja dalam satu kamar, belum lagi ditambahkan dengan lemari sekaligus meja rias sebagai area ganti pakaian, penting untuk beri batas pada tiap-tiap area. Ketika tembok atau furnitur pembatas justru mempersempit ruangan, bermainlah dengan warna.

Beri batas ruangmu dengan mewarnai tembok dengan warna berbeda. Mungkin putih untuk area tidur, hijau muda untuk area kerja agar beri kesegaran saat kamu mengistirahatkan mata, atau krem untuk berikan kesan estetik setiap kali kamu mengambil mirror selfie dengan ragam busanamu. Plus, kamu juga beri kesegaran baru pada kamarmu yang bisa juga beri warna dalam kehidupanmu.


8. Meja lipat selalu bisa jadi opsi


Ketika meja kerja juga memiliki tempat dalam kamar, memanfaatkan meja lipat bisa jadi opsi yang kamu butuhkan. Selain menyimpan banyak tempat di kamar, kamu pun bisa jadikan kebiasaan melipat meja setelah bekerja sebagai cara untuk beri diri waktu beristirahat. Ketika meja terlipat, perlahan fokusmu akan berubah kembali menikmati suasana kamar dan siap relaksasi. Plus, menambah rak gantung juga beri ruang penyimpanan untuk alat tulis maupun keperluan kerja lainnya tanpa lagi-lagi mempersempit kamarmu.


(Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu)


Itu dia beberapa tips menata kamar tidur sempit yang bisa kamu coba untuk mempercantik (dan memperluas) tampilan kamarmu. Semoga bermanfaat!


Life & health