Hair & beauty

Mau Memanjangkan Rambut Cepat? Coba 6 Bahan Alami Ini!

By : Vanessa Masli - 2022-09-07 20:00:01 Mau Memanjangkan Rambut Cepat? Coba 6 Bahan Alami Ini!

Mungkin rambut panjang yang bisa kamu tata dengan berbagai gaya rambut jadi salah satu impian kecilmu. Namun, memiliki rambut panjang juga datang bersamaan dengan perawatan yang lebih banyak dan perhatian yang kamu berikan pun harus lebih intens. Buat kamu pemilik rambut pendek yang ingin punya rambut panjang, dengan rata-rata rambut tumbuh satu sentimeter setiap bulan, ada kesabaran ekstra untuk bisa menantinya sampai bertahun-tahun.


Jadi, buat kamu yang ingin cepat-cepat memiliki rambut panjang, beberapa bahan alami ini mungkin bisa jadi kunci andalanmu. Penasaran apa saja? Simak deretan yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Telur



(Seluruh bagian telur bisa berikan dampak besar bagi rambut. Foto: Dok. Felicity Tai/Pexels)


Mungkin kamu sering mendengar manfaat yang tersimpan dalam sebutir telur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tanpa terkecuali rambut. Sumber protein satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut yang otomatis bisa membuat ukurannya jadi lebih panjang.


Kandungan proteinnya yang tinggi jadi andalan banyak orang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, baik bagian kuningnya saja atau keseluruhan telur. Kamu bisa memanfaatkan satu butir telur yang dicampur dengan minyak zaitun atau lavender serta satu sendok makan madu. Setelah tercampur, aplikasikan ke rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih.


2. Bawang bombai



(Baunya memang tak sedap, tapi bawang bombai baik untuk rambut. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Memang tak awam dan mungkin enggan kamu coba untuk diaplikasikan ke rambut, tapi bawang bombai memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Bahan alami ini justru jadi salah satu ramuan yang sudah lama dikenal keampuhannya dalam memanjangkan rambut.


Di balik baunya yang sudah jelas tak sedap, sari bawang bombai mengandung belerang atau sulfur yang bisa mendorong produksi kolagen pada jaringan rambut sehingga pertumbuhannya pun menjadi lebih cepat. Kamu cukup mengiris bawang bombai, diremas untuk mengambil sarinya, (mungkin tahan napas menghindari baunya) lalu aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan maksimal 15 menit sebelum dibilas dengan sampo ringan.


3. Teh hijau



(Pakai kembali kantong teh hijau untuk percepat panjangnya rambutmu. Foto: Dok. Maria Tyutina/Pexels)


Kamu sering minum teh hijau di pagi hari? Setelah menyeduhnya, kantong teh yang sudah terpakai kamu buang atau simpan untuk esok hari? Jika kamu lebih sering membuangnya, mungkin kantong teh hijau ini bisa dimanfaatkan untuk rambutmu. Cukup kembali rebus kantong teh hijau selama satu menit, aplikasikan teh hangat ini ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 45 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.


Kandungan antioksidannya yang kaya mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat, plus menghasilkan helaian rambut yang kuat dan indah. Sebuah cara yang sederhana tapi berikan hasil lebih sekadar rambut yang cepat panjang.


(Baca Juga: Cek Dahulu, Ini Tandanya Rambut Kamu Harus Dipotong)


4. Santan



(Santan bisa jadi opsi yang rambutmu butuhkan. Foto: Dok. Sentidos Humanidos/Unsplash)


Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat lagi-lagi tersimpan dalam buah kelapa. Kalau kamu tak bisa menikmati soto betawi dengan santan, bukan berarti kamu tak bisa menikmati susu kelapa satu ini. Rambut dan kulit kepalamu bisa jadi tempat untuk merasakan manfaat santan.


Dengan simpanan zat besi, potasium, hingga lemak-lemak penting, santan menjadi obat alami untuk kesehatan rambut. Namun, pastikan kamu menggunakan santan yang diambil dari buah kelapa segar. Cukup campurkan santan dengan air perasan setengah buah lemon dan empat tetes minyak lavender. Campuran tersebut diaplikasikan ke kulit kepala dan didiamkan selama empat hingga lima jam sebelum dibilas hingga bersih.


5. Buah Amla



(Buah amla banyak digunakan sebagai obat herbal. Foto: Dok. Tatiana Glazkova/Unsplash)


Buah satu ini juga dikenal dengan nama Indian gooseberry karena banyak ditemukan di India dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai obat-obatan herbal. Buah satu ini menyimpan kandungan vitamin C yang kaya dan membantu pertumbuhan rambut serta mencegah pigmentasi rambut.


Kamu cukup mencampur buah amla, dalam bentuk bubuk atau sari buahnya, dengan sari jeruk nipis. Lalu, aplikasikan ke rambut dan pijat selama lima menit sebelum didiamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan sampo ringan.


6. Jahe



(Jahe bisa jadi opsi panjangkan rambut lebih cepat. Foto: Dok. Noon Brew/Unsplash)


Bahan alami ini mungkin sering mengisi kotak rempah-rempahmu di dapur jadi masalah akses mendapatkannya tak jadi masalah. Vitamin, mineral, dan asam lemak yang tersimpan dalam jahe bisa kamu jadikan kuncian untuk mendorong pertumbuhan hair. Selain itu, senyawa bioaktif pada jahe bernama gingerol juga baik untuk lancarkan sirkulasi darah yang lagi-lagi berdampak pada pertumbuhan rambut.



Kamu cukup mencampur satu sendok teh sari jahe dengan minyak kelapa, minyak argan, dan sari bawang bombai dengan takaran satu sendok teh. Lalu, dicampur lagi dengan setengah sendok teh minyak jarak (castor oil), dua tetes minyak esensial lavender, dan satu tetes minyak rosemary.


Setelah semua tercampur rata dan ditambahkan satu sendok teh kondisioner, aplikasikan merata ke seluruh area kulit kepala hingga helaiannya. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih. Hasilnya, rambut lebih cepat panjang dan jadi lebih indah.


(Baca Juga: Rambut Selalu Rontok? Bahan Alami Ini Ampuh Untuk Mengatasi)


Beberapa bahan alami di atas bisa jadi kuncianmu untuk memanjangkan rambut lebih cepat. Kira-kira mana yang ingin kamu coba lebih dulu?


Hair & beauty