Hair & beauty

Rambut Selalu Rontok? Bahan Alami Ini Ampuh Untuk Mengatasi

By : Her World Indonesia - 2022-08-22 18:00:01 Rambut Selalu Rontok? Bahan Alami Ini Ampuh Untuk Mengatasi

Rambut dan kulit kepala menjadi hal yang sangat dan selalu diperhatikan untuk dirawat kesehatannya. Sebab itu tidak heran, bila banyak orang panik saat terjadi permasalahan pada kulit kepala dan rambutnya. Begitu juga dengan rambut rontok yang sering sekali ditemui terutama saat sedang keramas atau sekedar menyisir. Meskipun rambut rontok merupakan hal yang wajar, kamu juga harus tetap waspada bila rambut kamu rontok lebih dari 50 sampai 100 helai setiap harinya.


Penggunaan bahan alami dapat kamu jadikan alternatif terbaik karena efek sampingnya yang cenderung lebih kecil. Berikut ini Her World rangkumkan bahan alami yang ampuh untuk mengatas rambut rontok. Let’s take a look!


1. Lidah Buaya

(Lidah buaya yang dapat melindungi kulit kepala. Foto: Dok. racool_studio/Freepik)

Bahan alami yang sudah sangat identik dengan kulit kepala, lidah buaya memang terbukti dapat mengatasi rambut rontok. Tanaman satu ini kayak akan vitamin A dan D, yang dibutuhkan untuk melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit dan kerontokan. Bukan hanya untuk kerontokan, lidah buaya dapat digunakan mengurangi ketombe dan menyuburkan rambut. Kamu disarankan menggunakan lidah buaya asli tanpa campuran dari bahan lain, untuk mendapatkan hasil alami yang maksimal.


2. Minyak Kelapa

(Minyak kelapa mencegah kerusakan rambut penyebab kerontokan. Foto: Dok. jcomp/Freepik)

Minyak kelapa dapat kamu jadikan alternatif untuk mengurangi rambut rontok, karena kandungan lauric acid-nya yang berkerja untuk mencegah rambut kehilangan proteinnya. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga memiliki khasiat untuk mencegah kerusakan dan mempercepat pertumbuhan rambut.


(Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita)


3. Yogurt

(Yogurt dapat digunakan sebagai masker rambut. Foto: Dok. jcomp/Freepik)

Kamu dapat menggunakan bahan alami yang satu ini sebagai masker rambut untuk hair care rutin kamu sebelum keramas. Baik untuk menambah kesehatan rambut, yogurt dapat menyeimbangkan ph kulit kepala kamu dengan mengatur minyak yang ada pada kulit kepala, sehingga rambut rontok kamu dapat berkurang. Jangan lupa, kamu hanya bisa menggunakan yogurt yang murni dan tawar untuk digunakan pada rambut


4. Lemon

(Lemon dengan asam alaminya yang dapat membersihkan rambut. Foto: Dok. KamaranAydinov/Freepik)


Mengandung asam yang alami, lemon dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit kepala dan folikel rambut. Kulit kepala yang bersih inilah yang dapat mengurangi rambut rontok kamu. Tidak berhenti disitu, lemon juga mengandung nutrisi yang dapat menguatkan dan meumbuhkan rambut.


(Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok yang Paling Umum)


Itu dia Her World telah rangkum, empat bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi atau mengatasi rambut rontok. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty