Hair & beauty

Cegah Penuaan Dini! Ini 5 Manfaat Tabir Surya Untuk Wajah!

By : Her World Indonesia - 2022-09-08 11:00:02 Cegah Penuaan Dini! Ini 5 Manfaat Tabir Surya Untuk Wajah!

Pada pukul sembilan pagi hingga dua siang, matahari akan memancarkan sinarnya dengan kuat, khususnya di musim kemarau. Sinar matahari pada rentang jam tersebut dapat membuat kulit terpapar radiasi dari sinar ultraviolet atau UV. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB.


Sinar UVA dapat menembus ke dalam jaringan kulit hingga merusak sel. Hal tersebut dapat memicu tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan halus serta flek hitam pada wajah. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit terbakar hingga merah dan mengelupas.


Jika setiap hari Anda terpapar sinar UV tanpa perlindungan, kesehatan kulit wajah tentu terpengaruh. Oleh karena itu, dibutuhkan tabir surya. Tabir surya atau biasa disebut sunscreen merupakan krim khusus yang dapat memberi perlindungan terhadap kulit wajah dari sinar ultraviolet atau sinar UV.


Tabir surya yang berkualitas baik akan mengandung beberapa zat yang mampu menghadang dan menekan radiasi sinar UV lebih lama, ketika kamu berada atau beraktivitas dibawah sinar matahari. Zat tersebut berupa titanium dioksida, seng oksida, octyl methoxycinnamate, octinoxate, oxybenzone, para amino benzoic acid, homosalate, 4-mbc, avobenzone, octocrylene, dan lainnya.


Selain dapat melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar UV, terdapat beberapa manfaat tabir surya untuk kulit wajah. Berikut lima manfaat tabir surya untuk kulit wajah yang patut kamu ketahui!


(Baca Juga: Melindungi Kulit Lebih Mudah dengan Stik Tabir Surya)


1. Mencegah Timbulnya Komedo


(Mencegah Timbulnya Komedo. Foto: Dok. Alona Siniehina/Unsplash.com)

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Salah satu penyebab timbulnya komedo ialah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit mengeluarkan banyak minyak dan keringat, sementara pori-pori di wajah ikut membesar, kemudian terjadi penumpukan minyak dan keringat di pori-pori. Inilah yang menjadi penyebab awal wajah memiliki komedo.


Meskipun tidak menyakitkan, munculnya komedo sangat mengganggu penampilan dan membuat wajah terasa kasar. Maka dari itu, penting untuk kamu menggunakan tabir surya, khususnya yang memiliki jenis kulit wajah berjerawat. Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya!


2. Meratakan Warna Kulit Wajah


(Warna Kulit Wajah Yang Merata. Foto: Dok. Youngoldman/Unsplash.com)

Selain dapat membuat kulit terbakar, sinar UV juga dapat membuat warnanya menjadi belang dan kusam. Warna kulit wajah yang tidak merata memang bukan permasalahan yang serius atau menghadirkan rasa sakit. Namun kulit yang tidak merata dapat mengganggu penampilan serta memberikan kesan kusam pada wajah.

Untuk permasalahan tersebut, kamu dapat mengatasinya dengan cara menggunakan tabir surya. Kandungan aktif di dalam tabir surya memiliki fungsi yang dapat meratakan, mencerahkan, serta mengembalikan warna kulit.


3. Melembabkan Kulit Wajah


(Melembabkan Kulit Wajah. Foto: Dok. svetikd/Unsplash.com)

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering. Manfaat tabir surya lainnya ialah sebagai pelembab yang dapat menjaga air dan minyak alami yang tersembunyi di bawah kulit wajah. Sehingga kondisi kulit tetap lembab serta terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Itulah alasannya, kamu dianjurkan untuk memakai tabir surya setiap pagi atau sebelum beraktivitas. Terutama untuk kamu yang memiliki kegiatan di luar ruangan. Walaupun seperti itu, untuk kamu yang memiliki kegiatan di dalam ruangan juga wajib ya untuk memakai tabir surya, karena cahaya lampu juga dapat merusak kulit.


4. Meningkatkan Kesehatan Kulit Wajah


(Meningkatkan Kesehatan Kulit Wajah. Foto: Dok. Ridofranz/Unsplash.com)


Protein yang penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin rentan rusak akibat paparan sinar UV. Protein-protein tersebut bertanggung jawab untuk menjaga kulit sehat tetap halus, baik dalam penampilan maupun fungsinya. Dengan mengoleskan tabir surya, protein-protein tersebut akan terlindungi serta dapat membuat struktur kulit menjadi lebih rata, halus, lebih padat dan merona secara alami.


5. Mengurangi Risiko Terserang Kanker Kulit


(Gunakan Tabir Surya Untuk Cegah Kanker Kulit. Foto: Dok. AleksandarNakic/Unsplash.com)

Seperti yang diketahui, radiasi sinar UVB dapat menyebabkan penyakit kulit yang berkepanjangan. Salah satunya, yaitu kanker kulit. Radiasi sinar UVB yang terus-menerus terpapar kulit dapat menyebabkan kulit yang terbakar.

Kulit yang terbakar dapat memicu kemunculan kanker kulit atau melanoma. Untuk menghindarinya, tak ada cara lain kecuali menggunakan tabir surya secara disiplin setiap hari. Terutama saat cuaca sedang benar-benar panas dengan suhu di atas 30°C.


(Baca Juga: Rekomendasi 'Sunscreen' Tabir Surya Buat Kulit Berminyak)


So, itu dia lima manfaat tabir surya untuk kulit wajah! Jangan lupa untuk pakai tabir surya secara disiplin setiap harinya ya! Minimal gunakan tabir surya dengan SPF 30 PA+++! Jaga kesehatan kulitmu sejak dini ya!


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)

Hair & beauty