Hair & beauty

Bikin Gigi Lebih Putih? Ini 6 Cara Alami Memutihkannya

By : Vanessa Masli - 2022-09-02 15:00:01 Bikin Gigi Lebih Putih? Ini 6 Cara Alami Memutihkannya

Entah kopi yang kamu minum setiap hari atau rutinitas sikat gigi yang kadang terlupakan, warna gigi yang perlahan menguning jadi kondisi yang wajar. Lalu, misi untuk memutihkannya pun jadi salah satu misi yang dijalani. Mungkin lebih rajin menyikat gigi, mengurangi kopi sesekali atau memakai pasta gigi dengan kandungan yang bantu memutihkan gigi.


Namun, dengan ragam cara memutihkan gigi yang bisa kamu lakukan, tak ada salahnya untuk mencoba dan menerapkan yang alami. Nah, untuk cara alaminya, Her World sudah merangkumkan beberapa pilihannya untuk dicoba, penasaran?


1. Gunakan minyak kelapa


Teknik bernama oil pulling bisa jadi opsi untuk memutihkan gigimu. Dengan memanfaatkan minyak kelapa, kamu bisa dapatkan khasiat yang bantu hilangkan plak gigi dan bakteri di dalam mulut sehingga membantu tampilan gigi jadi lebih putih. Kamu cukup menuangkan satu sampai dua sendok teh minyak kelapa cair, kumur-kumur selama 10-30 menit.


Setelah itu buang ke toilet atau tempat sampah, hindari membuangnya di wastafel karena bisa menyumbat saluran air. Setelah itu bilas mulut dengan air putih dan minum segelas air putih sebelum menyikat gigi.



(Coba kumur dengan minyak kelapa. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)


2. Pilah makanan dan minuman


Apa yang masuk ke tubuhmu sudah pasti melalui mulut sehingga makanan (dan juga minuman) memiliki pengaruh pada kondisi gigi yang menguning. Beberapa makanan dan minuman mengandung tanin, seperti wine dan teh bisa meninggalkan noda pada gigi. Hal yang sama berlaku juga untuk kopi, soda berwarna gelap, dan jus.


Makanan yang mengandung asam cukup tinggi bisa membuat gigi terlihat lebih kuning dengan meluruhkan enamel gigi. Jadi, buat kamu yang ingin memutihkan gigi, kurangi konsumsi buah-buah citrus, kopi, dan soda. Selain itu, pastikan kamu menyikat gigi 30 menit setelah makan karena asam bisa melemahkan enamel gigi dan menyikatnya juga menambah kerusakan.


3. Makan buah stroberi


Cara alami untuk memutihkan gigi satu ini mungkin jadi yang paling sederhana. Kamu hanya perlu pergi ke supermarket atau toko buah, membeli sekotak buah stroberi, mencuci bersih, dan memakannya. Buah satu ini memiliki kandungan asam malat atau malic acid yang mampu memutihkan gigi sekaligus mengangkat noda-noda di permukaan gigi.


Kamu bisa makan langsung atau menghaluskannya menjadi pasta stroberi dan digunakan langsung sebagai pasta gigi untuk dapatkan hasil maksimal. Selain stroberi, nanas juga bisa jadi opsi.


(Baca Juga: Hindari Bau Mulut, Ini 5 Cara Merontokan Karang Gigi)


4. Menggosok dengan kulit buah


Meski buah jeruk atau jenis citrus lainnya harus kamu hindari untuk tampilan gigi lebih putih, ada satu bagian yang bisa jadi penolong. Kulit jeruk maupun lemon bisa kamu gunakan untuk membuat gigi terlihat lebih putih. Kandungan asam sitrat dalam dua buah ini bisa kamu manfaatkan dan tak semua buah citrus memberikan manfaat serupa.


Kamu cukup menggosok secara halus kulit buah selama dua menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan ditutup dengan menyikat gigi. Selain kulit jeruk, pisang juga jadi buah yang kulitnya bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan gigi.


5. Konsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi


Untuk menjaga kesehatan gigimu (yang sekaligus memperbaiki tampilannya), mengonsumsi buah-buah bisa jadi opsi. Kali ini, buah yang harus kamu nikmati adalah buah-buah yang mengandung kadar air tinggi. Sebab, kandungan air dalm buah bisa bantu membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning.


Lalu, mengunyah buah dan juga sayuran yang cenderung crunchy bisa meningkatkan produksi air liur. Proses ini bisa juga membantu hilangkan partikel makanan yang tersisa di gigi.



(Semangka menyimpan kadar air yang tinggi. Foto: Dok. Elaine Bernadine Castro/Pexels)


6. Rutin membersihkan sela-sela gigi


Buat kamu yang terbiasa sikat gigi, kumur, dan selesai, mungkin ada kebiasaan lain untuk dicoba. Setelah sikat gigi, coba ambil benang gigi dan membersihkan sela-sela yang tak terjangkau saat menyikat gigi. Sebab, bakteri yang membuat gigimu menguning tak hanya hinggap di area depan gigi, tapi secara keseluruhan termasuk sela-sela gigi. Jadi, kamu pun harus memberi perhatian pada area itu dengan rutin flossing.


(Baca Juga: Anti Keriput, Ini Cara Yang Tepat Untuk Memijat Wajah)


Itu dia beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk memutihkan gigimu. Kira-kira mana yang ingin dicoba lebih dulu?


Hair & beauty