Hair & beauty

Jangan Keliru, Ini Cara Mencukur Bulu Ketiak Yang Benar!

By : Her World Indonesia - 2022-08-31 15:00:02 Jangan Keliru, Ini Cara Mencukur Bulu Ketiak Yang Benar!

Ketiak menjadi salah satu bagian pada badan yang sebenarnya jarang terbuka, tetapi sangat membutuhkan perhatian khusus. Terutama saat sedang mencukur bulu pada ketiak, hal ini dikarenakan perlakuan atau cara yang salah saat mencukur malah dapat menyebabkan beberapa kondisi yang tidak baik. Kondisi tersebut seperti bulu yang malah tumbuh kebagian dalam atau yang biasanya disebut ingrown hair, peradangan, bahkan sampai menimbulkan keloid.

Melihat hal ini, berikut Her World rangkumkan cara mencukur bulu ketiak yang benar, Let’s check this out!


1.Pastikan kulit dalam keadaan lembap

(Mandi dapat menjadi cara untuk melembapkan dan membersihkan ketiak sebelum cuku. Foto: Dok.Racool_studio/freepik)


Sebelum mencukur bulu ketiak, pastikan permukaan ketiak kamu dalam kondisi yang lembap. Hal ini dikarenakan, kulit ketiak merupakan salah satu bagian kulit yang sangat sensitif, maka dari itu kamu harus melembapkan dahulu, untuk membantu membuka pori-pori. Kamu dapat menggunakan air hangat untuk membasuh ketiak, sekalian membersihkan ketiak dari sisa sisa produk ataupun keringat. Langkah ini juga dapat kamu lakukan sekalian saat sedang mandi. 


2. Gunakan krim atau gel pencukur

(krim dan gel pencukur, untuk melembapkan kulit. Foto: Dok.freepik)


Meskipun kulit ketiak kamu sudah dibilas dengan air hangat, kamu tetap membutuhkan lapisan untuk mengurangi terjadinya gesekan yang terlalu tajam saat mencukur. Kamu dapat menggunakan krim ataupun gel pencukur untuk membantu alat cukur tidak menekan terlalu berlebihan. Gesekan atau penekanan berlebihan dapat memberikan luka dan iritasi pada ketiak. 


(Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Produk Untuk Memutihkan Ketiak)



3. Pastikan cukur dengan arah yang tepat


(Mencukur sesuai arah tumbuh bulu. Foto: Dok.valuavitaly/freepik)


Kebanyakan orang tidak sadar, bahwa ternyata bulu ketiak sebenarnya memiliki arah tumbuh. Saat sedang mencukur pastikan kamu mencukur dari arah tumbuh bulu, lalu cukur kembali pada arah sebaliknya, hal ini dapat memberikan tampilan ketiak yang bersih.


4. Membersihkan dan melembapkan kembali

(Aloe vera dapat digunakan untuk melembapkan kulit setelah mencukur. Foto: Dok.jcomp/freepik)

Setelah semua bulu selesai dicukur langkah selanjutnya ialah membersihkan kembali ketiak dari bulu sisa cukuran dan melembapkanya kembali. Kamu bisa menggunakan aloe vera atau beberapa produk yang berfungsi untuk mengatasi ingrown hair.


(Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami)


Tips lain untuk mencukur bulu ketiak dengan benar ialah dengan menggunakan pisau cukur yang tajam dan sering dibersihkan. Berikut itu Her World rangkumkan cara mencukur bulu ketiak dengan benar. Semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty