Hair & beauty

Selalu Cek, Ini Tandanya Wajah Kamu Butuh Eksfoliasi

By : Her World Indonesia - 2022-08-26 15:00:02 Selalu Cek, Ini Tandanya Wajah Kamu Butuh Eksfoliasi

Kunci utama dalam mendapatkan muka yang sehat adalah kebersihan muka. Kamu harus rajin membersihkan muka baik dari kotoran, make up, atau pun skincare yang digunakan. Bukan hanya kotoran yang terlihat mata, tapi sel-sel kulit mati juga harus diangkat dan dibersihkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara eksfoliasi kulit wajah. Tidak perlu tenaga ekstra untuk melakukan di klinik kecantikan, sekarang kamu dapat melakukannya dirumah.


Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi. Berikut ini Her World rangkumkan untuk kamu, tanda wajah butuh eksfoliasi. Let’s check this out!


1. Produk skincare tidak terserap dengan baik

(Skincare yang tidak mudah terserap ke dalam kulit. Foto: Dok. cookie_studio/freepik)


Pernakah kamu mengalami kulit wajah tidak dapat menyerap berbagai jenis produk skincare? Rasanya seperti skincare yang digunakan malah membuat lapisan baru pada wajah. Ini salah satu tanda wajah butuh eksfoliasi dikarenakan banyaknya sel kulit mati serta minyak berlebih yang menyumbat atau bertindak menjadi penghalang pori-pori wajah.


2.Pori-pori wajah yang besar

(Pori-pori wajah yang besar jadi tanda butuh eksfoliasi. Foto: Dok. atlascompany/freepik)

Bila kamu merasa dapat dengan jelas melihat pori-pori wajah yang membesar, ini artinya produksi minyak pada kulit kamu sedang sangat banyak. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori serta berkumpulnya segala kotoran pada kulit wajah. Kamu harus segera melakukan eksfoliasi, karena penyumbatan pada pori-pori malah dapat menyebabkan jerawat.


(Baca Juga: 5 Cara Eksfoliasi Wajah Yang Harus Dihindari, Sudah Tahu?)


3. Wajah yang terlihat kusam

(Wajah kusam tanda butuh eksfoliasi Foto: Dok. nakaridore/freepik)

Wajah yang glowing adalah salah satu impian para wanita, tetapi faktanya sangat tidak mudah untuk mendapatkan wajah glowing bagaikan orang Korea. Bila kamu merasa kulitmu kurang cerah, dapat menjadi pertanda bahwa permukaan kulitmu kurang halus. Cara untuk mendapatkan permukaan kulit yang halus ini dengan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, yaitu dengan eksfoliasi.


4. Bekas jerawat tidak hilang dalam waktu lama

(Bekas jerawat yang tidak hilang-hilang tanda butuh eksfoliasi Foto: Dok. freepik)

Jerawat selalu meninggalkan bekas di kulit, baik bekas berwarna kemerahan atau hitam. Biasanya orang-orang menganggap ini sebagai hal yang normal, tapi bila bekas jerawat tidak hilang dalam waktu yang lama menjadi hal yang harus dipertanyakan.


Kulit anak muda seharusnya regenerasi setiap 21 hari. Artinya, bila bekas jerawat juga tidak hilang dalam waktu yang lama, kamu dapat membantunya dengan melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel mati.


(Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar)


Berikut itu telah Her World rangkumkan tanda wajah butuh eksfoliasi. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)



Hair & beauty