Hair & beauty

3 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Yuk Coba!

By : Her World Indonesia - 2022-08-25 14:00:01 3 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Yuk Coba!

Mengenali jenis kulit, dapat membantu kamu dalam menentukan skincare yang baik untuk kulit wajah. Pada dasarnya, kulit wajah terdiri dari berbagai jenis seperti normal, kering, berminyak, hingga kombinasi (gabungan dari jenis kulit normal atau kering dan berminyak). Setiap jenis kulit wajah juga memiliki beberapa karakteristik lainnya seperti kulit wajah normal yang cenderung memiliki kadar minyak yang cukup, tidak memiliki sensitivitas yang tinggi, sedikit atau bahkan tidak memiliki dark spot, pori-pori tidak terlalu terlihat, serta kulit wajah yang bercahaya.


Untuk kulit wajah kering, kulitmu akan terasa kusam, kencang, kasar, gatal, serta pori-pori hampir tidak terlihat. Sedangkan untuk kulit berminyak akan terasa licin, mengilap, mudah berjerawat, serta pori-pori akan terlihat besar. Yang terakhir untuk kulit kombinasi, pada bagian t-zone (dahi, hidung, dan dagu) akan terasa berminyak dan bagian lainnya akan terasa normal atau kering. Untuk mengetahui jenis kulit wajahmu, kamu dapat melakukan beberapa cara lho. Berikut tiga cara mengetahui jenis kulit wajahmu!


1. Tes Jenis Kulit Wajah Dengan Tisu


(Tes Jenis Kulit Wajah Dengan Tisu. Foto: Dok. 4FR/Unsplash.com)

Cara ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk mengetahui apa jenis kulit wajahmu. Cara ini juga dapat kamu lakukan sendiri di rumah lho! Berikut tahapan untuk melakukannya!


  1. Cuci wajahmu dengan menggunakan sabun wajah yang lembut.
  2. Keringkan wajahmu dengan tisu bersih.
  3. Jangan gunakan produk apapun pada wajahmu, kemudian biarkan semalaman.
  4. Keesokan paginya, tekan seluruh bagian pada wajahmu dengan tisu.


Dengan menekan wajahmu menggunakan tisu pada pagi harinya, kamu akan mengetahui jenis kulitmu.


  • Untuk jenis kulit normal, tisu sedikit akan menyerap minyak serta meninggalkan bekas.
  • Untuk jenis kulit kering, tisu akan terasa kering serta tindak meninggalkan bekas.
  • Untuk jenis kulit berminyak, tisu akan banyak menyerap minyak serta meninggal bekas.
  • Untuk jenis kulit kombinasi, tisu akan menyerap minyak pada bagian t-zone serta akan terasa kering pada bagian lainnya.


(Baca Juga: Coba Perhatikan! Ini 7 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi)


2. Gunakan Kertas Minyak


(Gunakan Kertas Minyak. Foto: Dok. RyanKing999/Unsplash.com)

Tahapan pada cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Perbedaanya terletak pada penggunaan alatnya. Untuk cara ini kamu harus mempersiapkan kertas minyak untuk wajah. Sebelum memulainya, kamu dapat mencuci wajahmu dengan sabun lembut terlebih dahulu, kemudian keringkan menggunakan tisu kering. Pastikan kamu tidak menggunakan produk apapun pada wajahmu ya! Lalu tunggu hingga tiga jam. Setelah tiga jam, tempelkan kertas minyak pada area wajahmu, dimulai dari area dahi, hidung, dagu, dan yang terakhir kedua pipimu. Terakhir, lihatlah hasilnya.


  • Jika kertas minyak terlihat normal serta menggelap sebagian, maka jenis kulitmu normal atau kombinasi
  • Jika kertas minyak terlihat normal, maka jenis kulitmu kering.
  • Jika kertas minyak menggelap secara penuh, maka jenis kulitmu berminyak.


3. Cubit Kulit Wajamu


(Cubit Kulit Wajamu. Foto: Dok. VladimirFLoyd/Unsplash.com)

Cara ini dapat kamu lakukan dengan mencubit pipimu untuk memeriksa kekenyalan kulit. Jika kamu memiliki kulit kering atau kombinasi, kulit pada pipimu tidak akan kembali seperti semula setelah dicubit. Hal tersebut terjadi, karena kulit kekurangan minyak alami yang berfungsi menjaga kulit tetap kenyal. Jika kamu memiliki jenis kulit normal dan berminyak, kulit pada pipi akan kembali seperti semula dengan cepat setelah dicubit.


Selain ketiga jenis kulit tersebut, terdapat jenis kulit sensitif, tetapi jenis kulit ini bukan termasuk jenis kulit wajah. Seseorang dapat dikatakan memiliki kulit sensitif, karena memiliki gejala yang ditimbulkan berbagai faktor pada wajah. Salah satu gejalanya adalah wajah yang mudah inflamasi atau meradang. Atau kamu yang memiliki jenis kulit sensitif juga dapat mengalami hal berikut ini:


  • Kulit yang terbakar serta terasa perih atau gatal saat kamu aplikasikan produk tertentu.
  • Kulit bereaksi mengeluarkan bentol yang menyebabkan gatal hingga mengelupas saat ada kontak dengan substansi tertentu.


Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, maka cobalah mencari tahu apa pemicunya gejala dan reaksi tersebut, sehingga kamu bisa menghindarinya di lain waktu. Kamu dapat melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui secara jelas penyebabnya.


(Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Telang Untuk Wajah, Penasaran?)


Itu dia jenis kulit wajah serta tiga cara mengetahui jenis kulit wajah yang dapat kamu lakukan di rumah. So, Tunggu apa lagi? Segera ketahui jenis kulit kamu untuk dapat memaksimalkan penggunaan skincare!


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)

Hair & beauty