Hair & beauty

5 Manfaat Bunga Telang Untuk Wajah, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2022-08-15 15:00:01 5 Manfaat Bunga Telang Untuk Wajah, Penasaran?

Bunga telang (Clitoria Ternatea) merupakan tanaman asli Asia dengan warna biru yang khas. Bunga telang memiliki kandungan anthomicin dan antosianin yang kaya akan antioksidan. Dikarenakan hal tersebut, bunga telang juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti penguat rambut, penjaga imun, dan penjaga kekuatan memori.


Mungkin kamu juga sering melihat bunga telang di pekarangan rumah atau terdapat berbagai jenis minuman seperti teh, sirup, dan mojito. Walaupun lebih dikenal sebagai bahan baku minuman atau makanan, bunga telang dapat digunakan sebagai produk kecantikan lho! Berikut lima manfaat bunga telang untuk wajah yang wajib kamu coba di rumah!


1. Membuat Kulit Tampak Cerah


(Kulit Tampak Lebih Cerah. Foto: Dok. Atstock Productions/Unsplash.com)

Antioksidan yang terdapat pada bunga telang dapat memcerahkan kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari. Antioksidan berperan sebagai zat yang dapat mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal dan menghambat enzim yang merangsang produksi melanin.

2. Meningkatkan Struktur Kolagen


(Kulit Lebih Kenyal. Foto: Dok. Photodjo/Unsplash.com) 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan yang dimiliki bunga telang dapat meningkatkan stuktur kolagen dalam kulit. Hal tersebut dikarenakan bunga telang memiliki ekstrak yang mengandung polifenol dan flavonoid alami yang merupakan zat antioksidan kuat. Kedua kandungan ini dapat merangsang produksi alami kolagen dan elastin.


(Baca Juga: Obat Asma Alami, Ini 7 Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan)


3. Mencegah Penuaan Dini


(Cegah Penuaan Dini. Foto: Dok. bymuratdeniz/Unsplash.com)

Kerutan halus yang muncul seiring bertambahnya usia merupakan hal yang normal. Salah satu penyebabnya ialah penumpukan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Maka dari itu, kamu dapat mengkonsumsi bunga telang karena antioksidan serta flavonoid dalam bunga telang dapat menghancurkan radikal bebas, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta melindungi sel-sel kulit yang sehat.

4. Menghilangkan Jerawat


(Bye Bye Jerawat. Foto: Dok. lyashik/Unsplash.com)

Untuk dapat menghilangkan jerawat, kamu dapat menggunakan bunga telang sebagai masker wajah dengan cara menumbung bunga telang hingga mendapatkan konsistensi seperti pasta, kemudian oleskan bunga telang yang sudah menjadi pasta ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Pastikan kamu mencuci bunga telang terlebih dahulu serta menggunakan peralatan yang higenis sehingga tidak menimbulkan bakteri yang berbahaya bagi jerawat.

5. Mengatasi Kerusakan Skin Barrier


(Atasi Kerusakan Skin Barrier. Foto: Dok. fizkes/Unsplash.com)

Saat ini sedang maraknya penggunaan skincare yang dapat memperbaiki skin barrierSkin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang bertujuan melindungi kulit dari iritasi atau gangguan lain yang dapat merusak kulit seperti menimbulkan alergi atau bakteri. Kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat pada bunga telang dapat memperbaiki skin barrier secara alami karena mengandung antioksidan yang tinggi.


(Baca Juga: 5 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Cegah Penuaan Dini)


So, itu dia lima manfaat bunga telang untuk wajah. Kira-kira kamu tertarik untuk mencobanya?


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)

Hair & beauty