Hair & beauty

Ini 5 Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah

By : Vanessa Masli - 2022-08-24 19:00:01 Ini 5 Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bagi banyak orang, khususnya para wanita, kulit sehat dan glowing mungkin jadi impian atau bahkan target setiap kali perawatan. Entah rutin melakukan skincare dua kali sehari hingga mencoba ragam perawatan ekstra yang menjanjikan kondisi kulit wajah sehat, mungkin kamu adalah satu dari sekian banyak wanita yang melakukannya.


Namun, kondisi kulit yang sehat tak hanya membutuhkan perawatan ekstra keras dari luar, tapi juga nutrisi dari dalam. Apa yang kamu konsumsi juga memengaruhi kondisi kulit wajah dan makan makanan yang kaya akan nutrisi bisa jadi solusimu untuk dapatkan kondisi kulit sehat.


Bila kamu bukan pencinta sayuran, mungkin buah cocok untuk jadi solusi menjaga kesehatan kulit wajah. Nah, di bawah ini Her World sudah merangkum beberapa jenis buah yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Penasaran apa saja?


1. Jeruk



(Jeruk kaya akan vitamin C. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Vitamin C jadi salah satu vitamin esensial untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, tanpa terkecuali kulit. Untuk kulit yang cerah, sudah wajib bagi kamu untuk menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin ini, plus mengonsumsinya dari dalam.


Di sinilah jeruk hadir untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu. Sari-sari yang tersimpan dalam bulir-bulirnya menjadi nutrisi yang kulitmu butuhkan agar lebih terhidrasi dan membuatnya terlihat lebih kenyal. Plus, vitamin C juga mendorong produk kolagen sehingga, selain kenyal, kulitmu juga tetap kencang dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.


Untuk perawatan dari dalam, kamu bisa mengonsumsi setengah buah jeruk setiap hari, minum air perasan jeruk (hindari jika kamu memiliki pencernaan yang sensitif terhadap asam), atau mencampurnya dalam jus buah maupun salad. Sedangkan, untuk perawatan dari luar kamu bisa membuat masker wajah sesuai dengan jenis kulit.


2. Alpukat



(Alpukat bisa dijadikan selai pelengkap roti. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)



Buah satu ini menyimpan manfaat yang juga baik untuk kesehatan kulit, baik dikonsumsi langsung maupun dijadikan sebagai masker alami. Untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat dan membuat kulit terlihat lebih sehat, alpukat bisa jadi pengganti produk-produk skincare mahalmu yang menjanjikan kulit bebas tanda penuaan. Mulai dari kandungan asam lemak baik yang bisa menghidrasi kulit hingga melindungi kulit dari sinar ultraviolet, alpukat bisa jadi buah yang cocok untuk menjaga kesehatan kulitmu.


Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, menjadikannnya selai di atas roti untuk sarapan, atau membuat guacamole yang mendampingi camilanmu.


3. Semangka



(Semangka kaya akan air. Foto: Dok. Rodion Kutsaev/Pexels)


Berikan kesegaran setiap kali kamu memakan atau meminumnya, semangka juga bisa jadi andalan untuk kesehatan kulitmu. Dengan kandungan serat dan air yang kaya, buah satu ini memastikan kulitmu terhidrasi, lembut, dan kenyal. Selain kandungan air yang mencapai 92 persen, semangka juga menyimpan berbagai macam vitamin seperti vitamin C, A, B1, dan B6.


Selain membuat kulit jadi lebih terhidrasi, semangka juga melindungi wajah dari radikal bebas yang bisa sebabkan peradangan wajah maupun penuaan dini. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus untuk diminum setiap bagi. Selain itu, kamu bisa mencampurkannya dengan air lemon dan air mawar sebagai masker untuk kulit berminyak atau mencampurnya dengan air lemon, madu, dan gel lidah buaya untuk kulit kering.


(Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Untuk Kulit Kering Kamu)


4. Mangga



(Buah mangga bisa dijadikan pelengkap salad atau sambal. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


Mungkin dijadikan pelengkap salad atau untuk sebagian warga Indonesia, bisa jadi sambal yang pedas dan menyegarkan, mangga adalah opsi buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang kaya akan vitamin A, E, dan juga C tersimpan dalam buah satu ini sehingga membangun kulit wajah terhindar dari peradangan maupun tanda penuaan dini.


Mangga juga menyimpan kandungan yang mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi gejala pertumbuhan jerawat. Dengan rutin mengonsumsi buah mangga, kamu juga memberikan nutrisi bagi kulit wajah untuk terlihat lebih segar dan cerah. Potongan buah mangga bisa langsung kamu konsumsi atau dijadikan smoothie untuk beri nutrisi dari dalam.


Sedangkan untuk perawatan dari luar, ada dua campuran masker yang bisa kamu buat sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk para pemilik kulit berminyak, cukup campurkan mangga, air mawar, dan jeruk nipis untuk dijadikan masker alami yang didiamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.


Lalu, untuk kamu yang memiliki kulit kering, cukup campurkan mangga yang sudah dihaluskan dengan yoghurt dan madu. Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air biasa.


5. Pepaya



(Buah pepaya baik untuk kulit dan pencernaan. Foto: Dok. Alleksana/Pexels)


Mungkin sebagian dari kamu kurang menyukai aroma buah satu ini, tapi demi menjaga kulit wajah tetap sehat rasanya penting untuk mengonsumsinya. Buah pepaya dikenal sebagai salah satu cara alami untuk meningkatkan kelembapan alami pada kulit. Plus, kandungan vitamin-vitamin esensial bagi kulit juga tersimpan dalam buah satu ini.


Buah pepaya yang juga baik untuk sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Kondisi pencernaan yang baik turut membantu kesehatan kulit wajahmu lebih terjaga. Jika kamu tak suka mengonsumsinya secara langsung, masker wajah alami bisa jadi alternatif.


Mulai dari mengaplikasikan buah pepaya yang sudah dihaluskan ke wajah dan diamkan 10 menit untuk kulit yang lebih halus hingga mengurangi pigmentasi kulit dengan mencampurkan buah pepaya, air lemon, dan sedikit kunyit yang dijadikan spot treatment.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Untuk Mencerahkan Kulit)


Itulah beberapa buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kira-kira mana buah favorit yang bisa jadi solusi masalah kulitmu?


Hair & beauty