Hair & beauty

Tertarik Pakai Soflens? Ini Caranya Agar Mata Tidak Merah

By : Her World Indonesia - 2022-08-22 22:00:01 Tertarik Pakai Soflens? Ini Caranya Agar Mata Tidak Merah

Sudah menjadi salah satu beauty item, softlens menjadi alternatif terbaik pengganti kacamata, atau hanya sekedar untuk menambah kesan dan warna pada mata kamu. Meskipun sangat solutif dan nyaman digunakan dalam kegiatan sehari hari, softlens tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya saat memasang dan mencopot kontak lensa ini. Bila belum terbiasa, hal ini dapat menjadi hal panjang dan melelahkan, Bukan hanya itu, memakai softlens dengan cara yang salah, juga dapat menyebabkan iritasi kepada mata, sehingga menyebabkan mata merah. Hal ini tentu dapat membahayakan penggunanya.


Berikut ini Her World rangkum, cara menggunakan softlens yang benar, agar mata tidak iritasi dan merah. Let’c check this out !


1. Mencuci tangan

(Mencuci tangan dengan sabun sebelum menggunakan softlens sangatlah penting. Foto: Dok.freepik)

Sebelum memasang softlens kamu harus memastikan tanganmu bersih karena mata merupakan salah satu bagian yang sensitif dengan kotoran. Langkah terbaik untuk membersihkan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Hindari sabun yang mengandung pewangi, dan sebisa mungkin menggunakan sabun anti-bacterial. Setelah itu, keringkan tangan sampai benar benar kering dan hindari menyentuh benda lain setelah mencuci tangan.


2. Buka tempat softlens

(Membuka hanya salah satu tutup tempat softlens Foto: Dok.freepik)

Saat ingin menggunakan softlens, bukalah hanya salah satu tutup tempat softlens yang akan segera digunakan. Hindari langsung membuka keduanya, karena bisa mengurangi kehigienisan softlens yang lain. 


(Baca Juga: Ukuran Softlens Paling Kecil, Bagaimana Cara Merawatnya?)


3. Ambil softlens

(Mengambil softlens jangan menggunakan kuku Foto: Dok.freepik)

Langkah selanjutnya, ambil softlens yang sudah direndam di tempatnya, dan taruh di ujung bantalan jari telunjuk. Jangan mengambil softlens menggunakan kuku, karena dapat merusak atau merobek softlens itu sendiri. Bila kamu khawatir merusak sotflens, kamu juga dapat menggunakan alat bantu, yang biasanya tersedia saat membeli tempat softlens.


4. Posisikan softlens dengan benar

(Posisi softlens yang benar, seperti bentuk mangkok sempurna Foto: Dok.freepik)

Cek dahulu posisi softlens sebelum digunakan, apakah terbalik atau tidak. Bila saat ditaruh di ujung jari, bagian luar softlens yang lebar atau atas terlihat mencuat keluar, artinya softlens terbalik. Posisi yang benar ialah softlens memiliki bentuk cembung sempurna seperti mangkok. Posisi yang salah, dapat membuat mata perih dan kemungkinan softlens yang tidak menempel sangat besar.


(Baca Juga: Tips Memakai Lensa Kontak Saat Pernikahan)


5. Buka mata bagian bawah

(Membuka mata daerah kantung mata Foto: Dok.freepik)

Setelah softlens dalam posisi yang benar, tarik turun daerah sekitar kantung mata menggunakan jari tengah dengan tangan yang sama dengan jari telunjuk yang membawa softlens. Dalam menghindari softlens jatuh, lakukan dengan pelan pelan


6. Buka Kelopak Mata

(Buka kelopak mata menggunakan jari pada tangan yang tidak memegang softlens Foto: Dok.freepik)

Setelah menarik ke bawah bagian daerah kantong mata, langkah selanjutnya ialah menarik ke atas bagian kelopak mata menggunakan jari pada tangan yang tidak memegang softlens. Jadi, mata dapat terbuka dari bagian atas dan bawah



7. Masukan softlens

(Lihatlah lurus kearah softlens saat memasukan softlens kebola mata Foto: Dok.freepik)


Saat mata sudah dalam posisi terbuka, arahkan jari telunjuk dengan softlens ke arah bola mata, dengan tatapan lurus kearah softlens. Tidak perlu khawatir sakit saat melakukan langkah ini, karena softlens menghindari jari kamu melakukan kontak langsung dengan bola mata, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat digunakan. Setelah terpasang kamu dapat mengedip secara perlahan, agar softlens dapat berada ditempatnya.


(Baca Juga: Cara Memakai Softlens Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula)


Perlu diperhatikan agar tangan selalu dalam keadaan yang bersih saat melakukan semua langkah di atas. Hal ini dikarenakan, mata yang sangat sensitif dengan kotoran atau debu dapat dengan mudah memicu iritasi dan kemerahan pada bola mata. Tips lainnya ialah, jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat menyimpan softlens kamu secara berkala.


Itu dia Her World rangkum cara dan langkah dalam menggunakan softlens yang benar agar terhindar dari mata yang merah dan iritasi. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty