Ukuran Softlens Paling Kecil, Bagaimana Cara Merawatnya?


  • Ukuran Softlens Paling Kecil, Bagaimana Cara Merawatnya?
    (Ragam Ukuran Softlens & Cara Menjaga Kesehatan Mata. Foto: Dok. PhotoBeaM/iStock)

    Punya mata minus tetapi tidak percaya diri menggunakan kacamata? Lensa kontak atau softlens adalah solusi tepat untuk kamu. Namun, kini pemakaian softlens tidak hanya untuk para penderita mata minus saja lho. Beberapa orang memilih untuk menggunakan softlens supaya terlihat lebih menarik.


    Softlens yang beredar di pasaran pun juga semakin beragam. Berbagai warna softlens tersedia, mulai dari cokelat hingga biru. Tak hanya itu, berbagai ukuran softlens pun semakin beragam, dari ukuran softlens paling kecil hingga paling besar. Penasaran apa saja ukuran softlens yang ada di pasaran? Simak baik-baik penjelasan berikut, ya.


    Aneka Ukuran Softlens

    Ukuran Softlens Paling Kecil

    (Berbagai Jenis Ukuran Softlens. Foto: Dok. Jay_Zynism/iStock)

    1. Ukuran Besar

    Untuk kamu yang memiliki mata berukuran besar, kamu bisa mencoba ukuran softlens satu ini. Biasanya ukuran softlens besar tersedia dari diameter 15 hingga 22 mm. Keuntungan menggunakan softlens ukuran ini adalah kornea matamu dapat terlindungi dari debu dan kotoran, sehingga mata tetap terjaga kebersihan dan keamanannya.

    Nah, sedikit tips untuk membeli softlens ukuran besar, kamu bisa memilih softlens dengan warna natural. Hal ini untuk menghindari mata terlihat terlalu berlebihan saat menggunakan softlens. Selain itu, ingatlah untuk menggunakan softlens dengan kadar air yang tidak terlalu tinggi, supaya mata dapat dengan mudah menyerap air mata.


    2. Ukuran Standar

    Ukuran softlens selanjutnya adalah ukuran standar dengan diameter kurang lebih 14 mm. Softlens dengan ukuran standar paling banyak digunakan.

    3. Ukuran Paling Kecil

    Selanjutnya adalah ukuran softlens paling kecil. Softlens satu ini memiliki diameter di bawah 14 mm. Banyak yang beranggapan, mata kecil dan sipir tidak dapat menggunakan softlens. Itu sangat salah. Faktanya, untuk kamu yang memiliki mata kecil dan sipit, kamu bisa menggunakan ukuran softlens paling kecil ini.

    Mungkin untuk pemula, pemasangan softlens berukuran kecil terasa sulit, tetapi pemasangan softlens akan terasa mudah ketika kamu sudah mencobanya beberapa kali. Terlebih lagi, untuk kamu yang memiliki mata kecil, menggunakan softlens justru akan membuat matamu tampak lebih besar.


    Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Menggunakan Softlens


    1. Jaga Kebersihan Softlens

    Ukuran Softlens Paling Kecil

    (Jaga Kebersihan Softlens Agar Tetap Higienis. Foto: Dok. Valeriya/iStock)

    Untuk terhindar dari iritasi, penting untuk memastikan softlens selalu dalam keadaan bersih. Caranya adalah menggunakan cairan softlens setelah kamu menggunakannya, agar softlens tetap bersih.

    Selain itu, softlens harus direndam dengan cairan khusus softlens ketika tidak sedang digunakan. Cairan softlens perlu diganti secara rutin, sekitar tiga hari sekali, supaya softlens tetap higienis.

    2. Lepas Softlens Saat Tidur

    Penggunaan softlens saat sedang tidur, sangat tidak direkomendasikan. Kamu harus melepas softlens dan menyimpannya di tempat berisi cairan khusus softlens, supaya softlens tetap bersih dan aman digunakan.

    Tidur dengan mengenakan softlens tidak boleh dilakukan untuk menghindari berbagai masalah mata. Beberapa di antaranya adalah iritasi, infeksi, alegi, dan bahkan kebutaan. Tentu kamu tidak ingin mengalami hal-hal tersebut bukan? Yuk lebih rajin lagi menjaga kebersihan softlens kamu.

    3. Pastikan Mata Tetap Lembap

    Ukuran Softlens Paling Kecil

    (Pastikan Mata Selalu Lembap Saat Menggunakan Softlens. Foto: Dok. eternalcreative/iStock)

    Softlens akan mengering jika digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan softlens menjadi mudah robek dan bahkan menyebabkan iritasi pada mata.

    Oleh karena itu, kamu perlu untuk menjaga kelembapan matamu, supaya softlens tidak mudah kering. Menjaga kelembapan mata bisa kamu lakukan dengan meneteskan cairan khusus softlens ke mata kamu, setiap dua jam sekali.

    4. Menjaga Kebersihan Tangan


    Ukuran Softlens Paling Kecil

    (Jaga Kebersihan Tangan Untuk Menggunakan Softlens. Foto: Dok. AJ_Watt/iStock)

    Kamu membutuhkan tangan untuk menggunakan softlens. Untuk itu, kamu perlu menjaga kebersihan tangan. Kamu tentu tidak mau kuman-kuman pada tangan berpindah ke softlens kan? Jadi, cuci tanganlah sebelum kamu menggunakan dan melepas softlens, ya.

    Selain itu, pastikan kuku tanganmu tidak terlalu panjang. Potonglah kuku terlebih dahulu sebelum memasang dan melepas softlens. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kuku tangan menusuk matamu.


    Ini dia ragam ukuran softlens, dari ukuran softlens paling besar sampai ukuran softlens paling kecil. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan softlens, dengan cara-cara di atas ya. Semoga bermanfaat!

    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below