Life & health

7 Cara Agar Tidak Insecure, Segera Terapkan Pada Dirimu

By : Her World Indonesia - 2022-08-19 18:00:01 7 Cara Agar Tidak Insecure, Segera Terapkan Pada Dirimu

Insecure merupakan perasaan cemas, ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa tidak aman. Perasaan insecure seringkali tidak dapat dihindari.


Namun insecure juga merupakan suatu hal yang wajar dan dialami hampir semua orang. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat seseorang merasa insecure seperti wajah, bentuk tubuh, penampilan, pencapaian, dan yang lainnya.


Perasaan insecure dapat hadir dikarenakan berbagai hal seperti mengalami pengalaman buruk akan suatu penolakan, bullying, tidak mendapatkan apa yang diinginkan atau perfeksionis, mendapatkan tekanan dari orang sekitar, dan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi sehingga dikecewakan.


(Baca Juga: Ucita Pohan: Semua Orang Pasti Pernah Merasa Insecure)


Terkadang perasaan insecure memang dapat membawa dampak positif seperti mendorong seseorang untuk menjadi lebih baik, tetapi tidak jarang perasaan insecure ini justru membawa dampak negatif yang jauh lebih buruk dibandingkan dampak positif yang diterima.


Teringat bahwa tidak semua orang dapat melihat perasaan insecure dari dampak positif yang akan dirasakannya. Dampak negatif insecure yang dapat dirasakan seperti overthinking, hubungan dengan sesama terganggu, gangguan makan, gangguan kecemasan, depresi, gangguan kesehatan mental, hingga psikosomatis.


Maka dari itu, perasaan insecure harus segera diatasi dan dijaga agar kamu tidak sering merasakannya. Berikut tujuh cara agar kamu tidak mudah insecure!


1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri


(Stop Salahkan Dirimu. Foto: Dok. Kannika Paison/Unsplash.com)

Sebelum memasuki poin selanjutnya, langkah sebelumnya yang dapat kamu lakukan adalah berhenti menyalahkan dirimu sendiri dan cobalah untuk memaafkannya. Dengan begitu, kamu akan dapat menerapkan poin selanjutnya dengan lebih mudah.


Kamu harus menanamkan pada dirimu sendiri bahwa berhenti menyalahkan diri sendiri dan memaafkannya merupakan jalan yang terbaik untuk dapat menerima dirimu seutuhnya.


2. Cintai Diri Sendiri


(Love Yourself First. Foto: Dok. Viorel Poparcea/Unsplash.com)

Dengan mencintai serta menaruh kepercayaan pada diri sendiri, kamu akan merasa aman serta dapat meningkatkan rasa percaya pada dirimu sendiri. Tentu hal ini tidak mudah untuk dijalani, tetapi kamu dapat memulainya melalui hal-hal kecil seperti mengapresiasi dirimu karena sudah bertahan serta berjuang di setiap harinya.


3. Cari Lingkungan Yang Positif


(Lingkungan Yang Positif. Foto: Dok. fizkes/Unsplash.com)

Seperti yang diketahui, salah satu faktor timbulnya perasaan insecure hadir ialah trauma akan pengalaman buruk yang diberikan oleh orang sekitar. Maka dari itu, carilah lingkungan yang dapat mendukungmu secara emosional. Dengan mencari lingkungan yang baru, kamu dapat lebih merasa diterima serta didukung. Tak lupa, kamu perlu untuk memaafkan pengalaman buruk yang pernah kamu dapatkan.


4. Hindari Lingkungan Yang Membawa Dampak Negatif


(Tinggalkan Lingkungan Yang Negatif. Foto: Dok. fizkes/Unsplash.com)

Menghindar atau menjauh dari lingkungan yang dapat membawa dampak negatif bagi dirimu juga merupakan salah satu cara agar kamu tidak merasa insecure. Dengan melakukan hal tersebut kamu akan dapat menghargai serta mensyukuri setiap hal yang terjadi pada dirimu.


5. Meminta Pendapat Dari Orang Yang Kamu Percaya


(Percayakan Ceritamu Pada Orang Yang Kamu Percaya. Foto: Dok. fizkes/Unsplash.com)

Untuk mengatasi insecure, salah satu hal yang perlu dilakukan ialah memperbanyak intropeksi diri. Dengan intropeksi diri, kamu dapat menemukan makna serta tujuan hidup yang ingin kamu jalani. Salah satu yang bisa membantu untuk melakukan introspeksi diri adalah dengan cara meminta saran dari orang yang kamu percaya atau orang dapat mengerti permasalahan yang kamu miliki.


Jika kamu tidak memiliki orang yang dapat dipercaya, kamu dapat melakukan hal tersebut pada seorang profesional seperti psikolog atau psikiater.


6. Bebaskan Dirimu Untuk Melakukan Hal Yang Membuat Dirimu Bahagia


(Bebaskan Dirimu. Foto: Dok. Delmaine Donson/Unsplash.com)

Kamu dapat membebaskan dirimu untuk melakukan hal yang dapat membuat dirimu bahagia. Namun kamu juga harus memikirkan apakah hal yang yang dapat membuat dirimu bahagia itu dapat membawa dampak negatif atau tidak. Dengan begitu, kamu jadi mengetahui batasan-batasan yang perlu kamu tentukan pada dirimu sendiri.


7. Berilah Penghargaan Untuk Diri Sendiri


(Beri Hadiah Untuk Dirimu. Foto: Dok. jacoblund/Unsplash.com)


Ketika kamu berhasil mengatasi perasaan insecure yang kamu miliki, pastikan kamu menyadarinya. Berikanlah hadiah pada dirimu sendiri setiap kali kamu melakukan pencapaian, baik itu kecil ataupun besar. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa cinta ada dirimu sendiri serta meningkatkan kepercayaan diri. Tidak perlu hadiah yang besar, cukup dimulai dengan hadiah kecil saja.


(Baca Juga: 5 Cara Agar Tidak Insecure Dan Bisa Membuatmu Lebih Optimis!)


So, itu dia tujuh cara agar tidak insecure yang dapat kamu terapkan pada diri sendiri atau bahkan dapat kamu bagikan kepada orang-orang terdekatmu. Are you ready to be a better version of yourself?


Life & health