Life & health

Melalui Sepak Bola, Marco Motta Bisa Lihat Dunia

By : Vanessa Masli - 2022-08-19 16:00:01 Melalui Sepak Bola, Marco Motta Bisa Lihat Dunia

Namanya tak lagi asing di dunia sepak bola, setidaknya di Italia dan Indonesia. Sosok Marco Motta, atlet sepak bola yang menghabiskan sebagian besar hidupnya, hampir tak pernah lepas dari bola. Sebuah hobi yang diperkenalkan sang kakak saat menghabiskan masa kecilnya di Merate, Lombardy, bola pun menggiringnya untuk bisa mengenali berbagai belahan dunia.


Ketika kami berbincang di ruang make up, saat satu per satu pakaian yang ia kenakan dirapikan dan menantikan sesi persiapan dimulai, Marco pun berbagi perjalanan kariernya yang selalu ditemani dengan bola. Mulai dari Atalanta hingga Jakarta, cintanya pada dunia sepak bola hampir tak pernah luntur. Setidaknya, itu yang tergambar dari raut wajahnya ketika ia bercerita tentang kehidupannya sebagai atlet sepak bola.


“Sangat senang bahwa sebuah bola bisa membawa saya ke berbagai penjuru dunia. Sekarang di sini [Indonesia], ini adalah contoh. Hal yang luar biasa terjadi ketika memiliki kecintaan luar biasa seperti sepak bola, semua hal terjadi melalui sebuah bola sederhana,” ungkap Marco.



(Marco Motta. Foto: Dok. Hadi Cahyono/Her World Indonesia)


Hampir tak pernah lepas dari bola


Kisahnya pun bergulir, ketika ia pun memutuskan untuk fokus meniti karier dengan bola menjadi kawannya. Pertama kali bergabung sebagai pemain muda dalam sebuah klub sepak bola, Atalanta B.C. Lalu, berlanjut ke Udinese, Roma, hingga ia bergabung dalam salah satu klub sepak bola besar di Eropa, Juventus pada 2010.


Baginya, banyak pengorbanan yang harus ia berikan untuk bisa menjalani kehidupan sebagai pemain sepak bola profesional. Mulai dari rutinitas yang memakan sebagian besar harinya seperti bangun pagi, latihan, belajar, istirahat, dan diulang kembali, hingga kehidupan sosial yang menjadi terbatas.



(Marco Motta. Foto: Dok. Hadi Cahyono/Her World Indonesia)


Namun, pengorbanan yang ia jalani pun berbanding lurus dengan keberuntungan ketika dunia pun bisa dieksplorasi melalui olahraga yang ia geluti dan cintai. Mulai dari Olimpiade di Beijing, hingga tur ke Singapura bersama Juventus, Marco pun bisa menjelajahi berbagai belahan dunia sepanjang kariernya.


“Sepak bola menjadi kunci saya dalam hidup karena saya bermain dalam tim yang besar, saya pun mulai menjelajahi dunia sejak muda. Saya bermain untuk tim nasional dan mulai pergi ke Jepang, mengikuti Olimpiade di Beijing. Pada 2014, bersama dengan Juventus, [pergi] ke Singapura, Sydney. Saya menjelajahi dunia,” cerita Marco ketika meliha kembali apa yang sudah ia dapatkan melalui passion-nya dalam dunia sepak bola.


Meski sudah menjalani karier selama hampir dua dekade, Marco mengaku tak pernah bosan. Terlepas dari tuntutan pekerjaan yang selalu mengharuskan bermain dengan bola, ia pun tak mungkin tak bermain ketika melihat bola. Mungkin bersama putranya atau teman-teman dair putranya, ia pun tak jarang bermain sepak bola sehingga kehidupan Marco pun tak pernah lepas dari permainan sepak bola.



(Marco Motta. Foto: Dok. Hadi Cahyono/Her World Indonesia)


(Baca Juga: Perankan The Mighty Thor, Ini Fakta Menarik Natalie Portman)


Jatuh cinta pada Jakarta



(Marco Motta. Foto: Dok. Hadi Cahyono/Her World Indonesia)


Di usianya yang sudah menginjak kepala tiga, Marco pun sampai pada sebuah titik dalam karier untuk berani mengambil peluang sekaligus mengeksplorasi negara, budaya, dan benua baru. Plus, kecintaannya pada kebudayaan Asia, Marco pun mulai mencari peluang di benua terbesar dunia, tanpa terkecuali di Indonesia.


Dengan adanya keluarga, ayah dua anak ini pun merasa penting bagi kedua buah hatinya untuk bisa melihat dan memaknai dunia seperti apa. Itulah yang mendorongnya untuk bergabung ke Persija Jakarta ketika ia mendapatkan tawarannya pada 2020 silam. Sepanjang dua tahun menjadi keluarga besar Persija, Marco pun jatuh cinta pada Indonesia, termasuk Jakarta.

Terlepas dari kemacetan dan polusi, Marco menceritakan bagaimana dukungan dan kebaikan masyarakat Indonesia, termasuk pendukung Persija Jakarta. Inilah yang membuat Marco perlahan jatuh cinta pula dengan ibukota.


(Baca Juga: Tampil di Hawkeye, Ini 7 Fakta Tentang Hailee Steinfeld)


Pusatkan perhatian pada sepak bola dan keluarga



(Marco Motta. Foto: Dok. Hadi Cahyono/Her World Indonesia)


Dengan seorang istri dan dua buah hati, Marco pun juga memusatkan perhatiannya kepada keluarga kecil. Dukungan keluarga yang terus mengalir bagi sang atlet untuk menjalani karier, yang tak jarang memisahkan ia dan keluarga, membuat Marco pun terus fokus menjalani kehidupannya sebagai atlet sepak bola.


Ia berharap untuk terus bisa bermain selama tubuhnya mengizinkannya bermain. Di sela-sela itu, Marco pun berusaha untuk menjadi suami dan ayah yang baik bagi keluarga kecilnya, selagi mewujudkan mimpinya satu per satu yaitu untuk melihat dunia lebih luas lagi melalui cintanya pada sepak bola.


Life & health