Hair & beauty

Kenali 6 Kandungan Baik Untuk Kulit Berjerawat

By : Vanessa Masli - 2022-08-15 19:00:01 Kenali 6 Kandungan Baik Untuk Kulit Berjerawat

Muncul saat kamu sedang hormonal, muncul saat pikiran lagi kalut dan dilanda stres, kondisi kulit wajah yang berjerawat selalu bisa menjaga eksistensinya. Dengan berbagai perawatan yang sudah kamu lakukan sebagai cara untuk mengatasi kondisi kulit berjerawat, produk-produk skincare dengan berbagai kandungan pun jadi pertimbangan setiap kali ingin membeli.


Untuk itu, Her World mengajakmu untuk kenali beberapa kandungan yang baik untuk kulit jerawat agar kamu tak mudah termakan janji produk skincare tanpa lebih teliti memilih kandungannya. Penasaran apa saja?


1. Vitamin C


Ada banyak manfaat yang datang dari jenis vitamin satu ini, termasuk untuk kesehatan kulit. Tak hanya mengurangi jerawat pada kulitmu yang mudah timbul jerawat, vitamin C juga bisa membuat wajahmu terlihat lebih lembap dan cerah sekaligus menyamarkan bekas-bekas jerawat maupun luka. Plus, vitamin C adalah kandungan yang aman untuk semua jenis kulit.


Kandungan ini bisa kamu temukan dalam rangkaian produk serum yang fokus untuk mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. Untuk cara yang lebih alami, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, berbagai macam buah beri, kentang, tomat, brokoli maupun bayam agar memenuhi kandungan vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk kulit sekaligus daya tahan tubuh.



(Vitamin C bisa kamu temukan di berbagai buah citrus. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


2. Benzoil peroksida


Bagi kamu yang sudah mengekplorasi berbagai macam cara dan pengobatan untuk mengatasi jerawat, nama benzoil peroksida mungkin tak lagi asing di telinga. Obat topikal yang berguna untuk mengurangi bakteri maupun radikal bebas dalam kulit sehingga jumlah komedo dan jerawat pun bisa berkurang.


Kandungan satu ini memang lebih banyak ditemukan dalam obat jerawat maupun pembersih wajah. Jika menjadi salah satu kandungan dalam pembersih wajahmu, gunakan rutin setidaknya satu hari sekali. Namun, jika dalam obat topikal, pastikan penggunaannya tak terlalu banyak agar menghindari kulit yang kering.


3. Salicylic acid


Asam salisilat atau salicylic acid menjadi salah satu kandungan yang baik untuk kulit berjerawat dan lagi-lagi, sudah banyak menjadi bagian dalam berbagai produk skincare. Kandungan ini bisa membantu proses eksfoliasi kulit yang mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat.


Salicyclic acid bisa memecah minyak dalam pori-pori sehingga lebih lancar untuk keluar sehingga baik untuk digunakan dalam merawat jerawat di fase-fase awal, apalagi buat para remaja maupun para pemilik kulit berminyak. Tak jauh berbeda dari benzoil peroksida, salicylic acid tak disarankan untuk diaplikasikan terlalu banyak dan buat kamu yang memiliki kulit sensitif atau kering, tak disarankan untuk memakai ini karena dapat menimbulkan iritasi. Nah, buat kamu yang sedang mengandung maupun menyusui, coba hindari produk yang memiliki kandungan satu ini ya.


(Baca Juga: Coba 6 Tips Simpel Ini Untuk Menghilangkan Jerawat Punggung)


4. Madu


Kandungan yang baik untuk kulit berjerawat juga banyak datang dari alam, termasuk madu. Sejak lama, madu menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk perawatan kulit, berkat kekayaan antioksidan yang tersimpan di dalamnya. Ada efek berlapis yang bisa kulit rasakan dengan memanfaatkan madu untuk menjaga kesehatan kulit.


Mulai dari membersihkan pori-pori tersumbat sekaligus menlembapkan kulit, mengatasi jerawat sekaligus menyamarkan bekasnya, hingga memastikan wajahmu cerah berkilau pada akhir perawatannya. Entah mencari produk yang memiliki kandungan madu atau memanfaatkan madu murni untuk ditambahkan ke masker wajah maupun menjadi spot treatment bagi jerawat.


5. Minyak kelapa


Mudah didapat tapi tak mengecewakan hasilnya, minyak kelapa menjadi salah satu kandungan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Khasiat di dalamnya mengatasi peradangan dan melindungi kulit dari bakteri maupun radikal bebas, salah satu yang jadi penyebab tumbuhnya jerawat.


Bisa jadi spot treatment di area yang berjerawat, minyak kelapa juga membuat kulitmu jadi lebih tenang sekaligus lembap. Plus, buat kamu yang suka menekan jerawat, minyak kelapa bisa menyembuhkan luka terbuka akibat kebiasaanmu.



(Madu bisa jadi kandungan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


6. Lidah buaya


Tak hanya baik untuk rambut, lidah buaya mulai mengambil tempat sebagai salah satu kandungan yang baik bagi kulit berjerawat. Kandungan anti bakteri dan anti peradangan dalam lidah buaya juga memengaruhi kemunculan jerawat karena berbagai faktor. Plus, kulitmu akan tetap terjaga kelembapan sehingga cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering.


Dengan banyaknya gel lidah buaya yang dijual, kamu pun lebih mudah untuk menyembuhkan jerawat.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Untuk Mencerahkan Kulit)


Itulah beberapa kandungan yang baik untuk kulit berjerawat dan bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!


Hair & beauty