Hair & beauty

Coba 6 Tips Simpel Ini Untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

By : Vanessa Masli - 2022-08-11 17:00:02 Coba 6 Tips Simpel Ini Untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Jerawat memang jadi salah satu masalah kulit paling umum dialami dengan area wajah sebagai fokus utama. Namun, mungkin tak sedikit dari kamu yang juga memiliki masalah jerawat di area tubuh lain, tanpa terkecuali punggung. Kalau bicara tentang jerawat punggung, ada banyak hal yang bisa jadi faktor, mulai dari genetik hingga stres.


Namun, dengan banyaknya faktor penyebab, tak sedikit juga cara untuk menghilangkan jerawat punggung dan Her World sudah merangkum tips-tips simpelnya untukmu. Penasaran apa saja?


1. Mandi setelah berolahraga


Buat kamu yang sering berolahraga, pastikan mandi jadi rutinitas wajib untuk langsung dilakukan. Setidaknya, mengganti baju olahragamu dan langsung mandi ketika keringat sudah mulai menghilang. Jerawat yang muncul di area punggung tak selalu berkaitan dengan kebersihan, tapi keringat bisa jadi membuat kondisi kulit bermasalah.


Saat keramas, pastikan kamu membilasnya secara menyeluruh, dari ujung kepala sampai kaki karena ketika sisa-sisa sampo menyumbat pori-pori, ada kemungkinan ini jadi penyebab kemunculan jerawat punggung.



(Langsung mandi setelah selesai berolahraga. Foto: Dok. Anna Tarazevich/Pexels)


2. Lakukan eksfoliasi secara rutin


Tak jauh berbeda dari wajah, tubuh juga memiliki bagian-bagian yang memproduksi minyak lebih banyak dari bagian lain, termasuk bagian punggung. Jadi selain rutin melakukan eksfoliasi pada wajah, punggung harus mendapatkan perawatan yang sama. Dengan mengeksfoliasi, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori di area punggung akan terangkat sehingga jerawat pun bisa berkurang.


Kamu bisa mengeksfoliasi dengan berbagai cara. Mulai dari perawatan kimiawi, menggunakan body scrub, hingga memanfaatkan sikat kering untuk mengangkat sel-sel kulit mati di area tubuh. Kamu juga bisa membuat body scrub alami dengan mencampurkan gula merah bubuk dan madu murni, lalu mengeksfoliasinya.


3. Hindari memakai pakaian terlalu ketat


Entah saat kamu berolahraga maupun jalan-jalan, tak memakai pakaian terlalu ketat itu bukan masalah. Justru dengan menghindari pakaian-pakaian terlalu ketat, kamu menemukan solusi untuk menghilangkan jerawat punggungmu. Ketika memakai pakaian terlalu ketat, keringat tubuh akan terperangkan oleh pakaian, berikut dengan debu dan kotoran lain.


Jadi, kalau pun kamu ingin tetap memakai pakaian yang menunjukkan bentuk tubuhmu, pastikan dengan bahan yang nyaman juga sehingga pori-porimu tak memiliki potensi untuk tersumbat dan jadi penyebab jerawat. Saat punggung mulai jerawatan, pastikan kamu berolahraga dengan busana karena mengurangi kontak langsung antara kulit dengan matras atau alat olahraga yang kotor sehingga jerawatnya tak makin meradang.


(Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya)


4. Jauhkan rambut dari area punggung


Buat kamu yang memiliki rambut panjang, tapi memiliki misi untuk menghilangkan jerawat punggung, mungkin tips simpel ini susah susah gampang dilakukan. Rambut panjang bisa menambah minyak dan kotoran, apalagi saat digerai menutupi punggung yang justru jadi penyebab punggungmu mendadak berjerawat.


Jadi, pastikan kamu mencuci rambut secara rutin dan bilas sampai bersih, termasuk sisa-sisa sampo maupun kondisioner yang turun ke punggung. Sebab, sisa-sisa ini yang bisa membuat pori-pori di area punggung tersumbat dan jadi jerawat. Lalu, untuk penampilanmu sehari, usahakan rambutmu diikat atau membentuk bun, yang penting tak membiarkan tergerai dan menutupi pori-pori di area punggung.


5. Membawa pakaian ganti


Mungkin kamu adalah salah satu orang yang bergerak sedikit, langsung berkeringat. Nah, kalau kecenderungan tubuhmu seperti itu, ada baiknya menyediakan pakaian ganti. Sebab, pakaianmu yang berkeringat dan tak kamu ganti, akan menyumbat pori-pori dengan cepat dan langsung buat punggung jadi berjerawat.


Plus, membawa pakaian ganti juga menghindarimu dari potensi masuk angin karena keringat yang selalu banjir.



(Penting membawa pakaian ganti buat kamu yang gampang berkeringat. Foto: Dok. Sarah Dorweiler/Unsplash)


6. Konsumsi makanan bernutrisi


Tak ada bedanya menghilangkan jerawat di wajah dan punggung, semua dilakukan dari luar dan dalam. Setelah mengubah kebiasaan, kamu bisa juga perlahan mengubah pola konsumsimu dengan makanan-makanan yang bernutrisi. Sayuran, buah-buahan, protein, maupun biji-bijian bisa jadi beberapa opsi.


Sebab, dengan makanan yang cenderung memiliki kadar gula tinggi, ini bisa memperburuk kondisi jerawat di area punggung. Jadi, makanan seperti roti tawar, pasta, nasi putih, dan kentang bisa memiliki potensi untuk menimbulkan jerawat punggung.


(Baca Juga: Simak Rekomendasi Produk Body Care Untuk Remaja, Wajib Tahu!)


Itu dia beberapa tips simpel untuk kamu coba dalam misi menghilangkan jerawat punggung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Hair & beauty