Sex & relationship

4 Cara Agar Kamu Tak Menyalahkan Diri Sendiri Setelah Putus

By : Vanessa Masli - 2022-08-11 09:00:01 4 Cara Agar Kamu Tak Menyalahkan Diri Sendiri Setelah Putus

Ada banyak cara untuk melanjutkan hidup setelah hubunganmu kandas di tengah jalan. Mungkin diawali dengan menikmati es krim ditemani film komedi romantis untuk menghibur diri, lalu dilanjutkan dengan menuliskan perasaanmu di jurnal hingga berusaha pergi jauh untuk berlibur dan sejenak jauh dari realita.


Namun, tak sedikit dari kamu yang mungkin menyalahkan diri sendiri setelah putus. Mulai bertanya-tanya apa yang salah dengan dirimu ketika hubungan dengannya harus berakhir. Padahal, seharusnya, setelah putus, hal yang perlu kamu lakukan adalah menemukan cara untuk tak menyalahkan diri sendiri dan beberapa di antaranya, sudah Her World rangkum di sini.


1. Refleksikan perasaanmu secara jujur


Tak selalu mudah, tapi bukan berarti tak bisa dilakukan. Kamu mungkin menuliskan perasaanmu di jurnal, lalu coba refleksikan perilaku dan perasaanmu selama menjalin hubungan. Benar-benar jujur dengan perasaan itu dan kenali apa yang kamu alami selama menjalin hubungan dengannya.


2. Kurangi waktu di media sosial


Mengurangi waktu di media sosial bisa jadi cara agar kamu tak menyalahkan diri sendiri. Fokus pada diri sendiri juga berarti menjalaninya tanpa distraksi. Jadi, daripada kamu scrolling di media sosial terlalu lama dan mendapati, sekarang, mantanmu mungkin sudah move on, mungkin mengurangi waktu di media sosial bisa membantu kelola perasaanmu.



(Tuliskan perasaanmu sejujurnya di jurnal. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


(Baca Juga: Ini 4 Zodiak Yang Masih Bisa Berteman Dengan Mantan)


3. Fokus pada pelajaran hidup


Akan selalu ada kesempatan untukmu menemukan cinta lagi. Namun, untuk saat ini, agar kamu bisa move on dari hubungan yang baru saja berakhir, fokus pada hal-hal yang bisa jadi pelajaran hidup. Mungkin tentang memilih pasangan atau bagaimana kamu bisa jadi pasangan lebih baik untuk siapapun yang akan menjalin hubungan denganmu nantinya.


4. Beri perhatian pada hatimu


Saat hubunganmu kandas, ada dua hati yang sama-sama terluka, itu juga termasuk hatimu. Jadi, daripada membuat sakit hatimu lebih dalam dengan menyalahkan diri sendiri, coba beri perhatian lebih. Pelan-pelan kembali menata hati karena bisa jadi ketika kamu siap membuka diri, ada yang sudah siap memberikan cintanya padamu


(Baca Juga: Pria Yang Mempermainkan Perasaan, Begini Cara Menghindarinya)


Itu dia beberapa cara agar kamu tak menyalahkan diri sendiri setelah putus. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship