Jagantara Hadir Untuk Lestarikan Budaya Indonesia


  • Jagantara Hadir Untuk Lestarikan Budaya Indonesia
    Suasana Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara di Ashta District 8. (Foto: Dok. JAGANTARA)

    Budaya Indonesia selalu dikenal dengan kekayaan dan keragamannya yang jadi ciri khas sekaligus kebanggaan masyarakat. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin maju, budaya Indonesia pun butuh effort lebih besar untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan menjaga kelestarian budaya-budaya khas Tanah Air.


    Itulah yang menjadi alasan Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation untuk mengadakan acara bertajuk Jaga Warisan Nusantara atau disingkat menjadi JAGANTARA. Acara yang mulai diadakan sejak 29 Juli 2022 ini menghadirkan berbagai kegiatan seperti Wastra Nusantara, Kuliner, Sinema, Kerajinan dan Interior serta berbagai kegiatan yang bertemakan anak muda.




    jagantara 2022

    (Acara JAGANTARA atau Jaga Warisan Nusantara. Foto: Dok. JAGANTARA)


    “Kami mengajak generasi muda untuk bersama-sama ikut melestarikan budaya Indonesia. Sebisa mungkin, kemana pun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita,” ungkap Ketua Umum WBI Foundation, Yanti Airlangga. Jagantara adalah satu dari berbagai kegiatan WBI yang bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan budaya nasional serta membangun rasa cinta bangsa Indonesia, khususnya anak muda terhadap budaya Indonesia.


    Instalasi pohon raksasa yang berhiaskan kain-kain khas dari berbagai daerah di Indonesia, bernama Pohon Jagantara, menjadi pusat perhatian pengunjung yang memasuki area Wastra dalam acara tersebut. Pada bidang ini, berbagai produk fashion, kerajinan dan peralatan interior yang terbuat dari kain-kain khas Indonesia hadir di sini.


    Selain itu, sebuah instalasi bernama Heritage Diplomacy, menghadirkan delapan karya desainer Indonesia yang menggunakan bahan wastra dari berbagai daerah di Tanah Air. Mulai dari songket Sumatra Barat, tenun Sumba, dan batik Cirebon dipadukan dengan cantik dalam rancangan yang terinspirasi dari mancanegara seperi Jepang, India, Polandia, dan Meksiko.


    jagantara 2022

    (Jaga Warisan Nusantara atau JAGANTARA di Ashta District 8. Foto: Dok. JAGANTARA)


    (Baca Juga: Intip Ragam Pilihan Kebaya Modern Dari Brand Lokal)


    JAGANTARA mengajak pengunjung untuk mengenal keunikan budaya Indonesia dari segi kuliner. Area kuliner di acara ini dikemas dengan sentuhan bertemakan “Pasar Rakyat” menghadirkan berbagai hal yang membuat pengunjung bisa mengenal ragam kuliner khas Tanah Air secara lebih dekat.


    Koleksi-koleksi buku memasak yang telah lama dipakai masyarakat Indonesia, instalasi pameran foto pasar tradisional di Indonesia hingga aneka talkshow seputar kuliner Indonesia dan food tasting makanan serta minuman tradisional. Sedangkan di bidang seni dan budaya, sinema karya anak bangsa dan memiliki sentuhan budaya pun diputar setiap akhir pekan, termasuk film Tiga Dara dan Arisan.


    (Baca Juga: Koleksi Teranyar Mel Ahyar, Hadirkan Tenun Khas Indonesia)


    JAGANTARA menjadi ruang untuk mengajak generasi muda agar semakin peduli dengan budaya Indonesia. “Kita semua di sini bisa saling mengingatkan bahwa ini adalah budaya kita, maka kita pula yang punya tanggung jawab untuk menjaganya. Terlebih untuk generasi sekarang, harus lebih memiliki kepedulian dan kepekaan dengan budaya Indonesia,” ungkap Raffi Ahmad selaku founder WBI dari generasi muda.

    Rangkaian acara JAGANTARA ini dilaksanakan di Ashta District 8 ini berlangsung sejak 29 Juli hingga 21 Agustus 2022. Buat kamu yang ingin mendalami kebudayaan Indonesia, apalagi menghitung hari sebelum perayaan Kemerdekaan Indonesia, mungkin JAGANTARA bisa jadi tempat yang cocok untuk dieksplorasi.





 

Related Articles

Warisan Budaya Indonesia

Warisan Budaya Indonesia

oleh Maureen Lim

Warisan Budaya Indonesia

Warisan Budaya Indonesia

oleh Dian Sarwono

Advertisement - Continue Reading Below