Intip Ragam Pilihan Kebaya Modern Dari Brand Lokal


  • Intip Ragam Pilihan Kebaya Modern Dari Brand Lokal
    Dian Sastrowardoyo dalam balutan kebaya Sejauh Mata Memandang. (Foto: Dok. @sejauhmatamemandang/Instagram)

    Sesuai dengan namanya, kebaya modern merupakan kebaya dengan sentuhan yang lebih modern, dimana siluet serta cutting-annya sudah tidak mutlak seperti kebaya asli. Dalam pengaplikasiannya, mulai dari hiasan, bahan, dan corak pun sudah banyak melalui perkembangan.

    Pilihan kebaya modern garapan merk lokal sekarang ini pun kian beragam, dan dapat dikenakan di hampir semua kesempatan. Berikut Her World rangkum pilihan kebaya modern dari brand lokal yang dapat menjadi inspirasi untuk kamu tampil menawan di Hari Kartini nanti, maupun hari istimewa lainnya. Check this out!




    1. Toton The Label

    Jenama lokal yang menghadirkan pilihan kebaya modern yang pertama adalah Toton The Label. Toton dikenal akan karya busananya yang kaya akan intricate details, serta siluetnya yang indah.

    Salah satu diva ternama Indonesia, Andien Aisyah, tampil menawan mengenakan kebaya modifikasi dengan detail lace dan obi yang senada, dipadukan dengan pleats skirt dari brand Toton The Label dalam video klip single “Anaku Sayang”. Lagu ini sendiri menyimpan makna mendalam karena menceritakan mengenai perjalanan Andien menjadi seorang ibu dari Anaku Askara Biru (Kawa) dan Anaku Tarisma Jingga (Tabi).


    (Baca Juga: Kolaborasi Apik Nan Futuristik Ala TANGAN Dan Shadtoto)


    Kebaya modern

    (Andien Aisyah dalam balutan kebaya Toton The Label. Foto: Dok. @andienaisyah/Instagram)


    2. Lulu Lutfi Labibi

    Lulu Lutfi Labibi dikenal akan keahliannya dalam mentransformasikan kain tradisional seperti lurik, menjadi sebuah karya busana ready to wear yang eklektik. Tidak hanya lurik, ia pun mengkreasikan berbagai model pakaian tradisional khas Indonesia seperti kebaya. Dalam mengkreasikan karyanya, perancang yang kerap disapa Lulu atau Mas Lulu ini sering menggunakan teknik draping. Teknik draping sendiri adalah teknik dimana kain dapat dililit, ditumpuk, atau diikat dengan cantik.


    Kebaya modern

    (Kebaya koleksi Lulu Lutfi Labibi. Foto: Dok. @lululutfilabibi/Instagram)

    Salah satu kreasi kebaya hasil karya Lulu ini merupakan Koleksi Spring/Summer 2022, dinamakan Kebaya Encim Kebun Bunga. Kebaya ini diperkaya dengan sentuhan teknik bordir yang mengingatkan kita akan Kebaya Encim Kuno milik eyang zaman dulu kala. Padu padan Kebaya Encim Kebun Bunga dapat dipadukan dengan Kemben Sutera serta bawahan berupa Rok Batik Merah Retak dengan aksen tali lurik di pinggang. Sooo Eclectic!


    Kebaya modern
    (Kebaya koleksi Lulu Lutfi Labibi. Foto: Dok. @lululutfilabibi/Instagram)


    3. Ghea Fashion Studio

    Ghea Panggabean adalah seorang desainer yang dikenal akan kreatifitasnya dalam mengolah kain tradisional serta kebaya. Founder dari Ghea Fashion Studio satu ini memang memiliki kecintaan tersendiri terhadap ragam motif Nusantara. Hal inilah yang membuat koleksi Ghea Fashion Studio selalu lekat akan budaya tradisional Indonesia.


    Dalam salah satu koleksi yang telah dirilisnya, Ghea mengombinasikan keindahan kebaya tradisional dengan kimono khas Jepang, serta batik Jawa Hokokai yang merupakan wujud akulturasi budaya dari dua negara Asia tersebut. Sentuhan aksen khas Jepang dari obi dan detail kimono sleeves pun hadir menjadi suatu inovasi baru dalam karya kebaya Ghea.


    Kebaya modern

    (Kebaya Kimono koleksi Ghea Fashion Studio. Foto: Dok. @gheafashionstudio/Instagram)


    Kebaya modern

    (Kebaya Kimono koleksi Ghea Fashion Studio. Foto: Dok. @gheafashionstudio/Instagram)


    4. Sejauh Mata Memandang

    Membicarakan busana yang bernuansa budaya tradisional khas Indonesia tentunya tidak dapat terlepas dari koleksi Sejauh Mata Memandang. Chitra Subyakto, sang pemilik brand satu ini dikenal akan tangan dinginnya dalam membuat koleksi busana yang indah dipandang. Sejauh pun seringkali menggaet dan berkolaborasi dengan artisan atau pengrajin lokal dalam mengolah material dari busana yang digarapnya.


    Brand satu ini telah mendedikasikan diri menjadi brand yang menjalankan sistem sustainable fashion, yaitu konsep produksi garmen dan pakaian yang ramah lingkungan dan beretika baik mendukung kelangsungan hidup para pekerja yang terlibat dalam setiap langkah produksinya. Tidak hanya itu, Sejauh juga menerapkan konsep slow fashion, dimana mengedepankan tampilan yang seasonless dan everlasting sehingga sebuah pakaian bisa dipakai lebih lama oleh para konsumen. Salute!


    (Baca Juga: Budaya Dan Gaya Ini Kolaborasi Brodo Dan Dian Sastrowardoyo)


    Kebaya modern
    (Kebaya koleksi Sejauh Mata Memandang. Foto: Dok. @sejauhmatamemandang/Instagram)

    5. Biyan

    Biyan menjadi salah satu pilihan desainer andalan bagi selebritas negeri, baik dress maupun kebaya modern yang didesain Biyan selalu berhasil membuat sang pemakai terlihat anggun dan menawan.


    Salah satunya adalah Marsha Timothy, aktris cantik berprestasi satu ini memilih mengenakan kebaya modern rancangan Biyan pada saat menghadiri perhelatan Festival Film Indonesia akhir tahun lalu. Marsha tampak menawan dalam balutan kebaya hitam dengan sentuhan aksesori berwarna gold yang memperkuat kesan elegan dari penampilannya malam itu. Ia pun melengkapi penampilannya dengan kain batik mewah berupa selendang serta dijadikan sebagai bawahan. Gorgeous!


    Kebaya modern

    (Marsha Timothy dalam balutan kebaya Biyan. Foto: Dok. @marshatimothy/Instagram)


    Itulah ragam pilihan kebaya modern dari sederet brand lokal yang dapat menjadi inspirasimu untuk dikenakan pada Hari Kartini yang akan datang, maupun momen istimewa lainnya. Mana yang jadi favoritmu?


    (Penulis: Girah Ababyl M.K.)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below