Fashion

Koleksi Teranyar Mel Ahyar, Hadirkan Tenun Khas Indonesia

By : Her World Indonesia - 2022-04-05 19:00:02 Koleksi Teranyar Mel Ahyar, Hadirkan Tenun Khas Indonesia

Mel Ahyar baru-baru ini meluncurkan koleksi terbaru Mel Ahyar ARCHIPELAGO yang bertajuk “Kawin Campur”, dimana ia menghadirkan motif tenun dari berbagai penjuru Indonesia yang dikawinkan menjadi koleksi busana yang apik.

Melalui koleksi ini, Mel Ahyar mengungkapkan bahwa ia terinspirasi dari budaya pernikahan tempo dulu yang dinilai sebagai cara paling efektif dalam melestarikan perbedaan budaya dan menjalin keharmonisan. Perempuan yang akrab disapa Mel ini sendiri memang selalu memiliki filosofi unik dalam setiap koleksi yang diluncurkannya.



(Mel Ahyar ARCHIPELAGO rilis koleksi "Kawin Campur", hadirkan 12 motif tenun Indonesia. Foto: Dok. Mel Ahyar/Instagram)

“Keragaman budaya Indonesia tak pernah putus memberikan inspirasi bagi desainer untuk berkarya. Perbedaan yang dipadukan dengan harmonis dapat melahirkan sebuah karya dan inovasi. Indonesia negara besar dan kaya budaya yang harus dilestarikan oleh generasi penerus, tentunya lewat karya-karya yang dapat mengharumkan anak bangsa”, ungkap Mel Ahyar.


Pada koleksi kali ini, Mel Ahyar turut menggandeng CTI: Cita Tenun Indonesia, yaitu sebuah perkumpulan yang memiliki program kerja yaitu: Pelestarian Tenun, Pelatihan Perajin Tenun, serta Pemasaran hasil produksi perajin Tenun seluruh Indonesia. Koleksi busana etnik yang bertajuk “Kawin Campur” ini mengangkat 12 motif tenun khas Indonesia, yakni tenun garut, tenun garut bulu, tenun jawa, tenun baduy, songket bali, songket bali alam, tenun NTT, tenun manggarai, blongsong palembang, tenun NTB, tenun batubara dan tenun gedog tuban. Masing-masing motif tenun tersebut memiliki ciri khas dan karakter tersendiri, dimana merepresentasikan keragaman, kesatuan, serta harmonisasi budaya Indonesia.


(Baca Juga: Berkenalan dengan Kain Tenun Ikat Sikka dari NTT)


Ragam motif tenun khas Indonesia tersebut akan dipadukan dan diberikan twist dengan gaya siluet yang ekstra, potongan tegas, serta detil-detil buatan tangan khas Mel Ahyar sehingga menghasilkan kekuatan magis dari sisi seni dan budaya. Koleksi busana yang terdiri dari 18 luaran, tiga gaun panjang dan empat kemeja ini pun turut memberdayakan artisan kain daerah binaan Cita Tenun Indonesia dalam misi untuk mengangkat nama budaya Indonesia.



(Mel Ahyar ARCHIPELAGO rilis koleksi "Kawin Campur", hadirkan 12 motif tenun Indonesia. Foto: Dok. Mel Ahyar/Instagram)

Selain berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia, Mel Ahyar juga menggandeng Rabbanin Project, dimana ini merupakan kali pertama mereka bekerja sama dengan Mel Ahyar. Dewi Ivo Rajasa, sang pendiri Rabbanin Project mengungkapkan bahwa koleksi kali ini sejalan dengan misi Rabbanin Project dalam melestarikan budaya Indonesia, seraya memberdayakan pengrajin lokal, melalui produk fesyen yang juga mereka geluti. Ia berharap, koleksi ini tidak hanya dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kain nusantara, tetapi juga dapat mendorong produk lokal di pasar internasional.


(Baca Juga: Budaya Dan Gaya Ini Kolaborasi Brodo Dan Dian Sastrowardoyo)



(Mel Ahyar ARCHIPELAGO rilis koleksi "Kawin Campur", hadirkan 12 motif tenun Indonesia. Foto: Dok. Mel Ahyar/Instagram)


Sementara itu, Bianca Lutfi, Pengurus Cita Tenun Indonesia menyambut positif koleksi yang diluncurkan Mel Ahyar dan Rabbanin Project. “Koleksi ini merupakan terobosan baru yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk lokal serta kain tenun nusantara. Koleksi ini tidak hanya mampu melestarikan budaya dan memperkenalkannya ke mata dunia, namun membuka pintu rezeki bagi para artisan kain daerah di Indonesia”. 


Dengan adanya perpaduan antara seni dan kearifan lokal berupa tenun nusantara serta sentuhan buatan tangan bercita rasa tinggi khas Mel Ahyar, "Kawin Campur" menjadi kombinasi yang apik diwujudkan menjadi karya busana.


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Fashion