Hair & beauty

Ini 6 Bahan Alami Untuk Menebalkan Alis, Penasaran?

By : Vanessa Masli - 2022-08-08 19:00:02 Ini 6 Bahan Alami Untuk Menebalkan Alis, Penasaran?

Mungkin kamu adalah salah satu wanita yang rutin mencukur atau threading alis agar tampilannya lebih rapi. Namun, rutinitas satu ini sudah pasti membuat alis jadi semakin tipis dan malah membuatmu jadi lebih pusing memikirkan cara untuk menjaga tampilannya. Ketebalan alis pun akhirnya jadi agenda kecantikan yang harus kamu jalani.

Kamu pun bisa menebalkan alis dengan berbagai bahan alami yang sudah Her World rangkum di bawah ini, dan caranya pun sederhana. Penasaran apa saja?


1. Minyak kelapa


Seluruh bagian pohon kelapa menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, termasuk alis. Minyak kelapa sudah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk pertumbuhan rambut pada seluruh bagian tubuh. Kandungan kaya nutrisi seperti vitamin E, protein, dan zat besi yang jadi andalan pertumbuhan rambut, termasuk alis.


Kamu cukup menuangkan beberapa tetes minyak kelapa di telapak tangan, lalu gosok kedua telapak tangan sebelum memijat alis dengan minyak kelapa tersebut. Diamkan semalaman dan bilas dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan rutinitas ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.



(Minyak kelapa bisa kamu aplikasikan setiap hari. Foto: Dok. Oleksandr Pidvalnyi/Pexels)


2. Tea tree oil


Kalau kamu sudah rutin menggunakan tea tree oil untuk menyembuhkan jerawat dan menyamarkan bekasnya, kamu bisa manfaatkan kandungannya agar alis terlihat lebih tebal. Tea tree oil bisa mendorong pertumbuhan dan ketebalan alis dengan membangun sebuah lapisan pelindung yang melembapkan sel.


Plus, tea tree oil juga dikenal sebagai cara alternatif untuk perawatan kulit sehingga aman saat kamu mengaplikasikannya langsung ke alis. Cukup memijatkan tea tree oil di kedua alis dan diamkan semalaman sebelum dibilas keesokan harinya.


3. Lidah Buaya


Untuk menebalkan alis, kamu tak bisa mengabaikan bahan alami satu ini. Sudah lama dikenal sebagai ahlinya dalam pertumbuhan rambut, lidah buaya bisa menjadi penolong kedua alismu. Kandungan aloenin menjadi khasiat yang mendorong pertumbuhan dan ketebalan alismu.


Kamu bisa memotong lidah buaya dan mengambil gel dari tumbuhan tersebut atau langsung membeli aloe vera gel dalam kemasan, lalu pijatkan di kedua alis hingga meresap sepenuhnya. Diamkan setidaknya 30 menit sebelum kamu bilas dan lakukan secara rutin.


(Baca Juga: Ingin Lash Lift? Ketahui Risiko Hingga Cara Merawatnya!)


4. Sari bawang bombai


Mungkin baunya tak menyenangkan untuk dicium tapi khasiatnya bisa jadi bala bantuan dalam urusan menebalkan alis. Sari bawang bombai bisa jadi alternatif bahan alami yang membuat alis jadi lebih tebal. Kamu cukup memotong bawang bombai dan menghaluskannya dengan blender hingga menjadi pasta.


Lalu, peras pasta tersebut untuk mendapatkan sarinya. Setelah memeras, kamu ambil cotton bud untuk mengaplikasikan sari tersebut ke alis. Diamkan selama satu jam dan usap dengan kapas yang sudah direndam dengan air lemon untuk membilasnya. Air lemon digunakan untuk menghilangkan bau bawang bombai.


5. Kuning telur


Kandungan biotin yang kaya dalam kuning telur bisa membantu pertumbuhan rambut lebih cepat, termasuk alis. Kamu cukup pecahkan satu butir telur, pisahkan putih dan kuningnya. Kocok kuning telur hingga mendapatkan konsistensi yang halus. Setelah itu, aplikasikan ke alis menggunakan cotton bud atau kuas. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.


Tak perlu lakukan setiap hari, tapi setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, disarankan untuk menghindari kuning telur karena bisa menyumbat pori-pori dan justru jadi penyebab tumbuhnya jerawat.



(Kuning telur untuk menebalkan alis. Foto: Dok. Eva Bronzini/Pexels)


6. Susu


Ada vitamin dan mineral yang kaya tersimpan dalam susu sehingga bahan satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menutrisi folikel rambut dan otomatis, membuat alismu lebih tebal. Kamu hanya membutuhkan seperempat gelas susu murni dan bola-bola kapas.


Cara mengaplikasikannya pun mudah. Kamu cukup merendam bola-bola kapas ke susu, aplikasikan ke alis, dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air. Dengan susu, kamu bisa mengaplikasikannya setiap hari tapi harus membilasnya sampai benar-benar bersih.


(Baca Juga: Mudah & Ampuh, Kenali 4 Cara Mengatasi Mata Bengkak)


Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menebalkan alis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



Hair & beauty