Mudah & Ampuh, Kenali 4 Cara Mengatasi Mata Bengkak


  • Mudah & Ampuh, Kenali 4 Cara Mengatasi Mata Bengkak
    Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Bengkak. (Foto: Dok. :Ocskaymark/iStock)

    Berbagai hal bisa memicu mata bengkak, mulai dari menangis hingga alergi. Namun, pada dasarnya penyebab utama mata bengkak adalah penumpukan cairan berlebih pada kelopak mata atau jaringan penghubung di sekitar mata. Nah, penumpukan cairan berlebih ini terjadi akibat berbagai macam penyakit seperti, alergi, konjungtivitis, hingga selulitis orbital.


    Sebelum mengetahui cara mengatasi mata bengkak, kamu perlu tahu terlebih dahulu penyebab-penyebab mata bengkak di atas. Yuk simak baik-baik penjelasan berikut ini.




    Penyebab Mata Bengkak

    Cara Mengatasi Mata Bengkak
    (Beberapa Penyebab Mata Bengkak Paling Umum. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    1. Konjungtivitis

    Penyebab mata bengkak yang pertama adalah konjungtivitis. Konjungtivitis terjadi ketika lapisan transparan yang berada di antara kelopak dan sklera (bagian putih mata) mengalami peradangan. Akibatnya, mata menjadi bengkak, merah, dan nyeri. Namun, penyakit ini tidak akan memengaruhi ketajaman penglihatan kamu. 


    Konjungtivitis buka merupakan penyakit yang berbahaya, melainkan penyakit ini dapat sembuh tanpa pengobatan. Penyakit mata ini biasanya dipicu oleh infeksi bakteri atau iritasi akibat produk perawatan tertentu yang masuk ke mata. 


    2. Alergi


    Alergi merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang paling umum. Debu, makanan, serbuk sari, atau obat-obatan tertentu bisa memicu alergi pada beberapa orang. Selain mata bengkak, gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami alergi adalah bersin, hidung tersumbat, mata gatal, bibir atau wajah bengkak, dan sesak napas.


    3. Blefaritis


    Blefaritis merupakan peradangan yang terjadi di kelopak mata akibat kelenjar minyak di dekat akar bulu mata tersumbat. Meski bukan penyakit yang berbahaya, jika tidak diobat blefaritis dapat memicu penyakit lainnya seperti, mata kering, bintitan, dan konjungtivitis.


    Beberapa gejala yang akan timbul pada mata yang mengalami blefaritis antara lain, bengkak dan kemerahan di kelopak mata, pengelupasan kulit di sekitar mata, bulu mata rontok, penglihatan buram, bulu mata dan tepi kelopak mata penuh dengan kotoran mata, mata merah, serta mata menjadi sensitif terhadap cahaya. 


    4. Selulitis Orbita


    Selulitis orbita merupakan penyakit yang ditandai dengan mata bengkak, maat merah, nyeri saat menggerakan bola mata, dan penglihatan menjadi buram. Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan disebabkan oleh bakteri atau jamur. Parahnya, jika tidak segera diobati dengan penanganan yang tepat, bukan tidak mungkin akan terjadi kebutaan. 


    (Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Puffy Eyes Secara Alami)


    Cara Mengatasi Mata Bengkak

    Terlepas dari penyebabnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi mata bengkak yang bisa kamu lakukan di rumah. Penasaran apa saja? Her World akan berbagi tips mengatasi mata bengkak paling mudah. Yuk simak penjelasan lengkapnya!


    1. Kompres

    Cara mengatasi mata bengkak yang paling mudah adalah dengan mengompres mata dengan kain yang direndam dalam air dingin. Cukup dengan menempelkan kain atau kantong kompres berisi air selama 15 menit setiap satu jam sekali. Nah, untuk penyakit seperti kista dan bintitan, kamu perlu mengompres mata sekitar empat sampai lima kali sehari untuk melancarkan penyumbatan pada kelenjar minyak.

    Tak hanya dengan menggunakan kantong kompres, kamu juga bisa mengompres mata dengan kantong teh yang telah dimasukkan ke kulkas. Pasalnya, kafein dalam teh terbukti ampuh untuk meredakan pembengkakan pada mata.


    2. Gunakan Obat Tetes Mata

    Cara Mengatasi Mata Bengkak
    (Gunakan Obat Tetes Mata Untuk Obati Mata Bengkak. Foto: Dok. eternalcreative/iStock)

    Jika matamu bengkak akibat alergi, cara mengatasi mata bengkak paling ampuh untukmu adalah menggunakan obat tetes dengan kandungan antihistamin. Obat tetes mata dapat membantu mengatasi mata kering dan iritasi. Terlebih lagi, beberapa obat mata dirancang untuk mengurangi kemerahan pada mata yang terjadi akibat menangis atau alergi.

    Gunakanlah obat tetes mata sesuai anjuran yang tertera pada kemasan obat tetes tersebut. Jangan gunakan terlalu sering karena justru dapat memperparah gejala. 


    3. Bilas Dengan Larutan Air Garam

    Jika matamu bengkak dan berair, kamu bisa coba untuk membilas mata dengan larutan air garam atau yang disebut larutan saline. Garam dipercaya mampu meredakan mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi. Alih-alih menggunakan garam dapur yang kebersihannya tak terjamin, belilah larutan saline di apotek terdekat.


    4.  Pijat Area Mata

    Cara Mengatasi Mata Bengkak
    (Memijat Mata Bantu Melancarkan Aliran Darah Di Sekitar Mata. Foto: Dok. fizkes/iStock)

    Beberapa mata bengkak disebabkan oleh aliran darah pada mata yang tersumbat. Untuk itu, kamu bisa coba untuk memijat area di sekitar mata untuk melancarkan aliran darah. Tekanan yang kamu berikan akan menggerakan cairan dari area mata. 

    Gunakanlah ujung jari kamu untuk memijat perlahan dengan bagian atas dan bawah mata. Ingatlah bahwa kulit di sekitar matamu cenderung lebih halus, maka hindari gerakan menyeret atau menarik. Kamu juga bisa menggunakan eye cream supaya gerakan memijatmu lebih lembut.


    (Baca juga: Apa Penyebab Kantung Mata Membesar? Intip Cara Mengatasinya)


    Ini dia penyebab dan cara mengatasi mata bengkak yang wajib kamu tahu. Sekarang tak perlu panik lagi dengan mata bengkak, karena kamu bisa menggunakan empat cara mengatasi mata bengkak yang mudah untuk kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below