Kenali 4 Cara Untuk Berdamai Dengan Diri Sendiri & Masa Lalu


  • Kenali 4 Cara Untuk Berdamai Dengan Diri Sendiri & Masa Lalu
    Cara berdamai dengan diri sendiri. (Foto: Dok. Natalie/Pexels)

    Banyak hal yang membuat kita semua merasa tertantang, tetapi rasanya tidak ada hal yang lebih menguras energi dan menantang selain berdamai dengan diri sendiri. Fase sulit dalam hidup, apalagi di tengah pandemi, tentu menjadi tantangan sendiri untuk kembali berkomunikasi dan memaafkan diri. Hal ini pun dialami oleh siapa saja, termasuk aktris dan juga mental health advocate, Marshanda.


    Berbagai hal sulit yang berhasil ia lalui, membuatnya semakin sadar akan pentingnya mengenali cara memaafkan masa lalu dan berdamai dengan diri. Inilah yang kemudian mendorong Marshanda untuk menjadi salah seorang pembicara dalam perayaan Festival Pulih by Popbela.com yang dilaksanakan pada 27 November 2021.




    (Baca Juga: 8 Jenis Teh Herbal Ini Bisa Tenangkan Kamu Dari Rasa Cemas)


    Bagi kamu yang sedang mengenali seni memaafkan masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri, simak beberapa cara di bawah ini ya!


    1. Mengelola emosi, baik positif maupun negatif

    Belajar berdamai dengan diri sendiri bisa terjadi ketika kamu juga belajar untuk mengelola emosi. Namun, dalam hal ini, kamu tidak melawan emosi negatif dalam diri. “Jangan dilawan, diterima dan diidentifikasi saja: emosi apa yang sedang kita rasakan? Mengapa? Namun, akal sehat harus kita dahulukan dan berjanji pada diri sendiri untuk terus berbenah diri menjadi lebih baik,” ungkap Marshanda.


    Emosi menjadi salah satu aspek dalam hidup yang bisa kamu kontrol dan kelola sehingga saat berusaha berdamai dengan diri sendiri, pusatkan pada emosi yang kamu rasakan.


    2. Memanusiakan perasaan sendiri

    Jika kamu berhenti melawan emosi atau perasaan negatif, tanpa sadar kamu sedang melukai diri sendiri. Ketahui bahwa perasaan itu valid dan layak untuk dirasakan, layak juga untuk diungkapkan. Sebuah bentuk mencintai diri sendiri yang sederhana karena dengan menyadari akan apa yang dirasakan, kamu pun secara perlahan mengetahui hal-hal yang bisa membuat proses berdamai dengan diri sendiri jadi lebih mudah.


    festival pulih

    (Marshanda di Festival Pulih by Popbela.com. Foto: Dok. Festival Pulih)


    3. Belajar bersabar

    Ketika kamu sakit dan diberikan obat, ada proses pemulihan yang dijalani oleh tubuhmu. Hal serupa juga berlaku dalam proses memaafkan masa lalu dan juga diri sendiri. Sebuah proses yang tidak memiliki batas waktu mendorongmu untuk belajar sabar. Nikmati keberhasilan dan tantangannya karena itu adalah proses yang membuat bisa jadi pribadi lebih baik.


    4. Lepaskan ide kesempurnaan

    Bukan sebuah rahasia kalau manusia adalah mahluk yang jauh dari kata sempurna, jadi selagi kamu berdamai dengan diri sendiri, hilangkan mindset kesempurnaan dalam benakmu. Dengan melepaskan perfeksionisma dalam diri, kamu akan lebih mudah untuk tak hanya mengenal tetapi juga menerima diri sendiri, dengan segala kelebihan dan juga kekurangannya.


    (Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu)


    Inilah beberapa cara yang diterapkan Marshanda dan juga menjadi referensimu untuk belajar berdamai dengan masa lalu dan diri sendiri.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below