Mitos Pola Makan Sehat Yang Sebaiknya Diabaikan


  • Mitos Pola Makan Sehat Yang Sebaiknya Diabaikan
    Biar tidak keliru, inilah mitos pola makan sehat yang sebaiknya kamu abaikan. (Foto: Dok. Freepik)

    Di media sosial banyak sekali informasi mengenai pola makan sehat. Secara umum, pola makan sehat seringkali diartikan sebagai pola makan yang hanya mengonsumsi makanan tertentu seperti sayuran hijau mentah serta menghindari makanan berlemak tinggi. Tidak ada yang salah dengan penggambaran itu, namun ada beberapa informasi lain di media sosial yang belum tentu sepenuhnya benar seperti, hanya dengan minum jus cukup untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur. Padahal kenyataannya tidak demikian. Inilah empat mitos makanan sehat yang dipercaya oleh banyak orang yang sebaiknya kamu abaikan. 


    Mitos 1: Minum Jus adalah cara yang tepat untuk mencukupi kebutuhan buah & sayur harian 




    Kamu tidak bisa hanya mengandalkan jus untuk mencukupi kebutuhan sayur dan buah harian. Ketika membuat jus, kamu melakukan proses ekstraksi dari buah-buahan dan sayuran. Meskipun cairan hasil proses ekstraksi mengandung banyak vitamin, mineral, dan fitonutrien, namun serat yang terkandung di dalam buah-buahan atau sayuran akan hilang selama proses ekstraksi. Seperti yang kita tahu, serat telah terbukti mampu mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, melancarkan pencernaan, bahkan menurunkan risiko penyakit kanker. Jika kamu menghilangkan asupan serat setiap harinya, tentu akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sayuran dan buah-buahan secara langsung tanpa perlu dibuat jus agar kebutuhan buah dan sayur harian dapat tercukupi.  


    Mitos 2: Batasi konsumsi karbohidrat 


    Ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa menjalani pola makan sehat berarti membatasi konsumsi asupan karbohidrat. Padahal, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan karbohidrat akan membuat kamu merasa lemah, mudah lelah dan kekurangan energi sepanjang hari. Melewatkan konsumsi karbohidrat mungkin dapat menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan, namun hal ini juga dapat membuat tubuh kehilangan air. Kondisi ini akan kembali normal jika kebutuhan karbohidrat kamu sudah terpenuhi. Pilih karbohidrat seperti gandum utuh atau beras merah, dan hindari konsumsi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta dan kue. 


    Mitos 3: Jangan pernah mengonsumsi makanan mengandung lemak 


    Mengonsumsi makanan berlemak tinggi tentu sangat tidak dianjurkan karena berdampak kurang baik untuk tubuh. Namun, bukan berarti kamu harus benar-benar berhenti mengonsumsi makanan berlemak. Ada banyak makanan yang mengandung lemak sehat yang baik tubuh salah satunya adalah buah alpukat. 


    Mitos 4: Makanan sehat sangat membosankan


    Makanan sehat sering dinilai sangat membosankan karena memiliki cita rasa yang kurang nikmat dan tidak bervariasi. Menjalani pola makan sehat bisa menjadi menyenangkan jika kamu dapat mengkreasikannya, yakni dengan menambahkan rempah-rempah seperti jahe dan kunyit ke dalam makanan. Selain dapat memberikan cita rasa, penambahan rempah-rempah pada makanan juga dapat membantu memperlancar pencernaan, sirkulasi, dan tampilan kulit. 


    Menjalani pola makan sehat tidak melulu kamu harus menyantap makanan yang kurang bervariasi. Cari dan ikuti resep menu makanan sehat untuk membuat variasi makanan, dan yang paling penting, fokuslah untuk memastikan jumlah kalori tubuh yang masuk dan keluar masih dalam kadar yang seimbang. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below