7 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur


  • 7 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur
    (Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash)

    Ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan sakit leher, misalnya saja, salah posisi tidur. 


    Bangun tidur dengan sakit leher bukanlah cara yang pasti kamu inginkan untuk memulai hari (Ofc, not!). Akan tetapi, jangan khawatir karena hal menyebalkan dan menyakitkan ini bisa diatasi, kok




    Dalam artikel ini kita akan melihat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakhiri sakit leher akibat salah posisi tidur. 


    1. Ubah posisi tidur

     cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur, cara mengatasi sakit leher

    (Photo by Miriam Alonso on Pexels)


    Iya, setiap orang memiliki posisi tidur pilihannya masing-masing. Namun, misalnya saja, kamu tidur dengan posisi tengkurap, tanpa kamu sadari itu bisa membuat leher kamu mungkin miring ke satu sisi selama berjam-jam. Dan, inilah yang bisa membuat otot leher menegang, dan membuatnya terasa sakit dan kaku di pagi hari.


    Dikutip dari Healthline, untuk menghindari sakit leher, posisi tidur terbaik adalah telentang atau menyamping. Kedua posisi ini dapat mencegah otot leher menegang daripada posisi tidur tengkurap. 


    Mungkin pada awalnya sulit untuk mengubah kebiasaan posisi tidur. Namun, seiring waktu, kamu akan menjadi lebih nyaman dan terbiasa dengan posisi tidur yang lebih baik untuk mencegah sakit leher. 


    2. Gunakan bantal yang tepat


    Kepala dan leher kamu menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam di atas bantal, itulah sebabnya memilih bantal yang tepat adalah kunci untuk leher sehat dan bebas rasa sakit. Bantal yang tidak menopang kepala dan leher dengan baik dapat membuat otot leher tegang dan menyebabkan sakit leher.


    Gunakan feather pillow atau memory-foam pillow yang mampu menopang kepala dan leher kamu dengan baik di malam hari agar tetap dalam posisi netral. Ini akan mengakhiri sakit leher di pagi hari akibat salah posisi tidur. 


    3. Kompres dingin dan kompres hangat


    Diambil dari laman Cleveland Clinic, cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit leher akibat salah posisi tidur adalah dengan mengompres dingin ke bagian leher yang sakit selama 20 menit. Kemudian, lakukan kompres hangat setelahnya ke bagian leher yang sakit selama 20 menit. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, nyeri, menenangkan dan mengendurkan otot leher. 


    (Baca Juga: Jadi Lebih Nyenyak, Ini 7 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur)


    4. Pijatan lembut

     cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur, cara mengatasi sakit leher

    (Photo by Yan Krukov on Pexels)


    Pijatan lembut pada leher yang sakit dapat membantu mengurangi sakit pada leher. Hanya saja, lebih baik kamu meminta bantuan terapis profesional agar otot-otot leher bisa kembali rileks dan tidak nyeri lagi. Ini dilakukan juga untuk menghindari salah pijat yang bisa memperburuk kondisi sakit leher yang sudah kamu alami. 


    5. Meregangkan badan (stretching)


    Jangan jadikan sakit leher yang kamu alami sebagai alasan kamu bermalas-malasan. Lakukan peregangan badan, atau stretching, untuk membantu merileksasikan otot leher dan mengurangi nyeri. 


    Menggerakkan kepala hingga leher ke kanan dan kiri, ke belakang dan ke bawah sebanyak masing-masing 10 kali, dapat membantu merileksasikan otot leher. Namun, hindari gerakan yang terlalu berlebihan, keras, dan menyentak secara tiba-tiba. Bukan tanpa alasan, itu dapat mengakibatkan sakit leher bisa semakin parah. 


    6. Batasi aktivitas fisik yang berlebihan


    Cara yang bisa dilakukan agar nyeri di leher akibat salah posisi tidur bisa segera sembuh, sebaiknya sementara waktu batasi aktivitas fisik yang terlalu berat dan berlebihan ya. Pasalnya, jika terus dipaksa beraktivitas berat, itu bisa semakin memperburuk nyeri leher dan membuatnya tidak kunjung sembuh. 


    7. Obat penghilang rasa sakit 

     cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur, cara mengatasi sakit leher

    (Photo by cottonbro on Pexels)


    Untuk mengurangi rasa sakit leher yang kamu alami, kamu bisa mencoba minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Namun, pastikan kamu mengikuti ajuran konsumsi obat, dan alangkah lebih baiknya untuk konsultasikan dulu dengan dokter, terlebih bagi ibu hamil dan menyusui, serta bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. 


    (Baca Juga: 7 Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Apa Saja?)


    Inilah beberapa cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below