Simak 3 Cara Alami Menghilangkan Belang di Kaki & Tangan


  • Simak 3 Cara Alami Menghilangkan Belang di Kaki & Tangan
    Cara menghilangkan belang di kaki dan tangan. (Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)

    Kamu pasti tahu bahwa wajah merupakan hal penting yang dapat menentukan penampilan seseorang sehingga perlu kita rawat dengan sebaik mungkin. Namun, apakah kamu tahu bahwa ternyata tidak hanya wajah saja yang perlu dirawat? Nyatanya, kaki dan tangan juga sama pentingnya untuk menerima perawatan yang sebaik mungkin. Terlebih ketika tangan dan kaki kamu belang karena beraktivitas sepanjang hari di bawah sinar matahari, berbagai cara untuk menghilangkan belang wajib dicoba agar kulit tubuh kembali cerah dan sempurna. 


    Tidak hanya wajah, tangan dan kaki juga bisa belang ketika terkena paparan sinar UV matahari. Maka dari itu, bagian tubuh ini harus dirawat sebaik mungkin agar terhindar dari belang. Namun, ketika kulit sudah terlanjur belang, pasti kamu bingung bagaimana cara mengatasi masalah ini. Nah, kabar baiknya adalah bahwa kulit belang akibat sinar UV matahari bisa dikembalikan ke warna normal, loh! Penasaran bagaimana caranya? Her World sudah merangkum berbagai cara yang kamu bisa coba untuk menghilangkan belang di kaki dan tangan. Yuk, mari simak berikut ini!




    1. Pakai Sunscreen 

    Siapa bilang tabir surya hanya berguna untuk mencegah kulit belang? Tabir surya alias sunscreen juga bisa kamu gunakan setelah kulit belang, loh! Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, tabir surya atau sunscreen ini juga bisa mempercepat proses perbaikan warna di kulit kamu yang belang. Kamu bisa memilih tabir surya dengan kandungan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Oleskan tabir surya secara merata ke bagian tubuh 15 hingga 30 menit sebelum memulai aktivitas di luar rumah. Oleskan kembali setiap dua jam sekali. Untuk mendukung proses perbaikan, gunakan topi, baju lengan panjang, atau sarung tangan jika mengendarai motor agar semakin terhindar dari paparan sinar UV matahari. 


    cara menghilangkan belang di kaki

    (Sunscreen penting untuk mengatasi kulit belang. Foto: Dok. Mikhail Nilov/Pexels)


    2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin


    Tidak hanya wajah saja yang perlu kamu eksfoliasi, tangan dan kaki kamu juga bisa dan perlu dieksfoliasi, loh! Jika kaki dan tangan kamu belang, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan teknik scrubbing, yaitu menggosok kulit tangan dan kaki dengan bahan yang memiliki butiran halus. Bahan yang digunakan bisa berupa sarung tangan ataupun sikat halus. Kamu bisa membeli berbagai produk lulur atau body scrub sesuai kebutuhan dan yang mengandung bahan yang tidak membuat kulit iritasi. Scrubbing efektif ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit dan mengembalikan warna kulit yang belang karena paparan sinar UV matahari. Gunakan lulur atau body scrub dengan butiran kasar setidaknya dua hingga tiga kali seminggu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Sunscreen Yang Bagus Untuk Kulit Kombinasi)


    3. Gunakan Masker Alami

    cara menghilangkan belang di kaki

    (Masker alami ampuh untuk menghilangkan belang di kaki dan tangan. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


    Kamu bisa menggunakan masker alami untuk mengembalikan warna kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker alami selama satu kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara membuat masker alami cukup mudah dan banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai. Berikut pilihan masker alami yang bisa kamu coba di rumah:

    • Buah Tomat

    Tomat mengandung lycopine, sebuah senyawa antioksidan yang terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah dan segar. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya alami untuk memperkecil risiko kerusakan karena sinar UV matahari. Haluskan buah tomat hingga memiliki tekstur seperti bubur dan oleskan pada seluruh tubuh. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. 


    • Lemon

    Lemon memang kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, lemon mengandung AHA (alpha-hydroxy acid) yang berperan sebagai eksfoliator, ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mengangkat sel-sel kulit mati. Oleskan perasan lemon pada kulit belang dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih. 


    • Kentang

    Kentang mengandung mineral yang menjadi antioksidan alami yang efektif untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, kentang juga dapat menghilangkan dan menyamarkan bekas luka sehingga cocok untuk kaki dan tangan yang belang. Tumbuk halus kentang hingga memiliki tekstur seperti pasta. Oleskan pada bagian tubuh yang belang dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. 


    (Baca Juga: Simak 5 Produk Hybrid Suncreen Terampuh Untuk Lindungi Wajah)


    Itulah beberapa cara untuk menghilangkan belang di kaki yang sudah dirangkum oleh Her World untuk kamu. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below