Apa Penyebab Kantung Mata Membesar? Intip Cara Mengatasinya


  • Apa Penyebab Kantung Mata Membesar? Intip Cara Mengatasinya
    Penyebab Kantung Mata Besar & Cara Mengatasinya. (Foto: Dok. VladimirFLoyd/iStock)

    Apakah kamu terganggu dengan kantung matamu yang besar? Yep, memang kantung mata besar sangat mengganggu penampilan karena akan membuat wajahmu terlihat lebih tua dan lelah. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menunjukkan tanda-tanda penuaan, salah satunya adalah kantung mata. Ini bisa terjadi karena kulitmu melemah dan membentu kantong yang terisi dengan lemak dan cairan berlebih.


    Kantung mata menjadi lebih mencolok ketika pigmen kulit di bawah mata membentuk lingkaran hitam, atau yang biasa dikenal dengan mata panda. Ketika kamu baru bangun tidur, kantung mata akan terlihat lebih parah, karena cairan yang ada dalam kulitmu membutuhkan waktu yang lama untuk mengendap. Jadi, apa saja penyebab kantung mata membesar? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak penjelasan berikut ini.






    Apa Penyebab Kantung Mata Membesar?

    Apa Penyebab Kantung Mata Membesar
    (Penyebab Kantung Mata Membesar. Foto: Dok. Doucefleur/iStock)

    1. Alergi


    Penyebab pertama kantung mata membesar adalah reaksi alergi. Reaksi alergi pada setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mengalami mata bengkak atau berair ketika sedang alergi. Inilah yang menyebabkan cairan di sekitar mata menumpuk pada bagian bawah kelopak mata. 

    Penyebab kantung mata membesar satu ini tidak dapat kamu sepelekan. Pasalnya, alergi juga bisa menyebabkan peradangan di sekitar hidung dan mata. Oleh karena itu, segeralah meminum obat alergi atau konsultasi ke dokter supaya tidak semakin parah.


    2. Pola Makan yang Buruk


    Tak hanya mengganggu kondisi kesehatan, pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan kantung matamu semakin besar. Terlebih lagi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Ketika kamu kehilangan berat badan dengan cepat, kulitmu akan menjadi kendur.

    Nah, ketika kamu kehilangan berat badan secara tiba-tiba, kemungkinan besar kantung matamu akan membesar. Jadi, tetap jaga pola makanmu supaya teratur dan pilihlah asupan makanan dengan kandungan protein yang tinggi.


    3. Penuaan


    Penyebab kantung mata membesar satu ini memang sulit untuk dihindari. Sama seperti otot dan jaringan lain di tubuhmu, otot dan jaringan yang menopang mata juga akan melemah seiring bertambahnya usia. Selain otot mata melemah, lemak yang menopan mata juga akan berpindah ke bawah kelopak mata, sehingga matamu akan tampak lebih bengkak. 


    4. Kurang Tidur


    Jika tubuhmu kekurangan waktu istirahat, maka kantung matamu pasti akan membesar. Hal ini dikarenakan ketika kamu kurang tidur, matamu akan cenderung kering dan lebih parahnya akan mengalami iritasi. Inilah yang menyebabkan kantung mata membesar dan mata menjadi bengkak saat kamu bangun di pagi hari. 


    5. Faktor Genetik


    Untuk kamu yang tidak mengalami salah satu penyebab di atas, kemungkinan besar kamu memiliki faktor genetik yang menyebabkan kantung mata kamu membesar. Jika kamu mengalami hal ini maka, kantung mata biasanya sudah ada sejak kamu kecil, lalu akan menghilang atau malah bertambah parah seiring bertambahnya usia. 


    Penyebab kantung mata membesar satu ini berkaitan dengan gangguan medis, seperti tiroid. Oleh karena itu, kamu perlu mendapatkan pengobatan khusus untuk penyakit ini supaya kantung mata membesarmu bisa hilang.


    (Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dan Permanen)


    Cara Mengatasi Kantung Mata Membesar

    Apa Penyebab Kantung Mata Membesar
    (Cara Mengatasi Kantung Mata Membesar. Foto: Dok. Prostock-Studio/iStock)

    Tak perlu khawatir dengan berbagai penyebab kantung mata membesar di atas, kali ini Her World akan merekomendasikan beberapa cara menghilangkan kantung mata membesar dengan mudah.


    1. Tidur Cukup


    Cara mengatasi kantung mata membesar yang pertama adalah tidur cukup. Jika kamu sudah berusia, tidurlah sekitar tujuh sampai sembilan jam per hari. Selain itu, kamu juga harus menghindari minum segala jenis kafein sekitar enam jam sebelum tidur.


    2. Minum Air Putih


    Kamu juga harus memenuhi kebutuhan asupan air per harimu. Pasalnya, kantung mata yang membesar juga disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Dengan demikian, kamu perlu terus menjaga kesehatan kulit dengan memastikan kamu minum air putih dalam jumlah yang cukup yaitu, delapan gelas air putih per hari.


    3. Kompres Dengan Air Dingin


    Kompres air dingin terbukti ampuh meredakan berbagai gejala seperti bengkak, nyeri, dan kekeringan. Nah, kamu bisa menghilangkan kantung mata membesar dengan mengompres mata menggunakan air dingin selama 10 menit. Selain mengatasi kantung mata yang membesar, kompres air dingin jga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam dan ketidaknyamanan mata bengkak.


    4. Gunakan Eye Cream


    Kamu bisa menghilangkan kantung mata membesar dengan menggunakan eye cream. Kini, sudah banyak produk eye cream yang ampuh menghilangkan kantung mata besar. Cobalah gunakan eye cream dengan bahan-bahan utama seperti kamomil, mentimun, dan arnica, untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.


    (Baca juga: Ini 7 Cara Menghilangkan Mata Panda Dalam Semalam)


    Sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab kantung mata membesar? Yuk coba beberapa cara mengatasi kantung mata membesar di atas, dan lihatlah perubahannya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below