5 Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan dan Hubunganmu, Penasaran?


  • 5 Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan dan Hubunganmu, Penasaran?
    Pelukan yang berikan manfaat untuk kesehatan dan juga hubungan. (Foto: Dojk. Olya Kobruseva/Pexels)

    Banyak gestur atau ungkapan sayang yang bisa kamu berikan kepada pasanganmu. Mungkin kecupan di kening, genggaman tangan sebagai pemberi semangat saat dia lagi gugup, tanpa terkecuali pelukan erat dalam berbagai situasi. Mungkin pasanganmu lagi bahagia, mungkin pasanganmu lagi stres, pelukan darimu bisa jadi selimut yang enggak cuma ungkapkan cinta tapi juga menyimpan banyak manfaat untuknya dan juga kamu.


    Baik untuk kesehatan maupun hubungan, Her World sudah merangkum manfaat pelukan yang menjadi gestur ini lebih dari sekadar ungkapan cinta antar pasangan. Penasaran apa saja?


    1. Tidur lebih nyenyak


    Ada efek menenangkan ketika kamu dan pasangan saling memeluk, apalagi sebelum tidur. Pelukan yang kamu berikan sebelum tidur memberikan rasa nyaman dan aman bagi pasanganmu, begitupun sebaliknya sehingga kalian berdua pun bisa tidur lebih nyenyak.


    2. Tekanan darah lebih terkontrol


    Saat kamu atau dia sedang dilanda rasa gugup, mungkin berdampak pada tekanan darah yang enggak bisa terkontrol. Pelukan yang saling diberikan bisa mengeluarkan hormon oxytocin ke sel-sel darah dan membuat tekanan tersebut lebih terkontrol.


    manfaat pelukan untuk kesehatan

    (Pelukan bisa berikan rasa tenang dan aman. Foto: Dok. Joanna Nix-Walkup/Unsplash)


    (Baca Juga: 5 Manfaat Pelukan Dan Ciuman, Wajib Tahu!)


    3. Hati lebih tenang


    Hormon dopamin yang menjadi sumber rasa bahagia dalam diri bisa keluar ketika ada pelukan terjadi. Kamu atau dia yang mungkin berpisah satu waktu, entah memang menjalin LDR atau situasi yang membuat kalian berdua sulit bertemu, pelukan erat jadi penenang hati sekaligus pelepas rindu.


    4. Bangun hubungan lebih dalam


    Manfaat pelukan bagi kesehatan juga berpengaruh pada hubunganmu. Dengan memeluk, kamu dan dia seolah-olah memiliki cara komunikasi tersendiri untuk saling tahu satu sama lain.


    5. Cara untuk saling paham


    Dalam sebuah konflik, mungkin kamu dan dia sama-sama butuh waktu untuk mengolah emosi sehingga isu yang diperdebatkan ini bisa dibicarakan dengan baik. Pelukan enggak jarang jadi pintu yang kamu dan dia untuk saling meminta maaf, saling memaafkan, dan akhirnya membuka ruang untuk saling paham satu sama lain.


    (Baca Juga: Selalu Merasa Dekat, Ini 5 Zodiak Yang Paling Suka Pelukan)


    Pelukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan menjadi cara sederhana dalam menjaga keutuhan hubunganmu.


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles