Intip 8 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Paling Ampuh


  • Intip 8 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Paling Ampuh
    Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat. (Foto: Dok. Tim Mossholder/Pexels)

    Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat dan panjang? Sebagian besar wanita memang mendambakan rambut panjang. Sayangnya, beberapa wanita kesulitan dalam memanjangkan rambut dengan cepat. Hal ini diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari gaya hidup hingga genetik.


    Biasanya rambut tumbuh sekitar 1 hingga 1,5 cm sebulan. Namun, beberapa wanita mengalami hambatan dalam pertumbuhan rambut. Jika kamu salah satunya, mari simak cara memanjangkan rambut dengan cepat. Kali ini Her World sudah merangkum delapan cara memanjangkan rambut yang perlu kamu coba.




    1. Hindari Diet Ketat

    Memanjangkan rambut dengan cepat
    (Diet Ketat Mengakibatkan Rambut Rontok. Foto: Dok. Rattankun Thongbun/iStock)

    Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama adalah menghindari diet ketat. Seorang ahli dermatologi asal Amerika Serikat menjelaskan bahwa diet ketat dapat mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

    Pertumbuhan rambut akan berhenti dengan cepat ketika kamu sedang menjalankan diet ketat. Bahkan, rambut akan mudah rontok selama kamu sedang diet ketat. Pasalnya, struktur rambut akan berubah dan pertumbuhan akan terhambat ketika kamu mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.


    2. Gunakan Essential Oil


    Selain memiliki aroma yang wangi, essential oil juga bisa memanjangkan rambut dengna cepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pumpkin seed oil membantu pertumbuhan rambut wanita yang mengalami kebotakan. 

    Penelitian lain juga menunjukkan efektivitas rosemary oil memicu pertumbuhan rambut. Beberapa essential oil lain juga terbukti ampuh mencegah rambut rontok.


    3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

    Memanjangkan rambut dengan cepat
    (Pola Makanan Bernutrisi. Foto: Dok. Ella Olsson/Pexels)

    Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu penting untuk pertumbuhan rambutmu. Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan adalah:

    - Vitamin C

    - Vitamin D

    - Vitamin E

    - Omega-3 dan omega-6

    - Zinc

    Sederet nutrisi di atas dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok pada wanita.


    4. Mengurangi Penggunaan Alat Penata Rambut


    Panas yang berasal dari hair dryer atau catokan dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Menghindari alat penata rambut mungkin terasa lebih sulit, tetapi kamu dapat mencoba untuk mengurangi penggunaan alat penata rambut untuk memanjangkan rambut dengan cepat. 

    Kamu juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan menurunkan suhu alat penata rambut. Selain itu, pastikan kamu menggunakan heat protectant sebelum menggunakan alat penata rambut untuk mengurangi kerusakan rambut, karena panas berlebihan pada rambut dapat mencegah hilangnya kelembapan rambut.


    5. Potong Rambut Secara Teratur

    Memanjangkan rambut dengan cepat
    (Rutin Memotong Rambut. Foto: Dok. RODNAE Productions/iStock)

    Cara memanjangkan rambut dengan cepat berikutnya adalah memotong rambut secara teratur. Kamu perlu memotong rambut setiap beberapa buan supaya pertumbuhan rambutmu lebih sehat. Dengan memotong rambut, ujung rambut yang bercabang akan hilang, sehingga kerusakan rambut lebih minim. 


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Shampo Pemanjang Rambut Tercepat, Wajib Coba!)


    6. Melindungi Rambut Saat Tidur


    Sama seperti organ tubuh lainnya, rambut tetap mengalami pertumbuhan bahkan saat kamu tidur pada malam hari. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan rambut pada malam hari. Pertama, tidurlah sekitar tujuh sampai sembilan jam, karena kekurangan tidur bisa menyebabkan penurunan produksi melatonin yaitu hormon yang mengatur pertumbuhan rambut.

    Kedua, gunakanlah sarung bantal yang sutra atau satin untuk mencegah gesekan, tarikan, dan kekusutan yang bisa menyebabkan rambut patah. Ketiga, pastikan rambut kamu kering saat kamu tidur. Tidur dengan rambut yang basah bisa membuat rambutmu menjadi rusak.


    7. Pijat Kulit Kepala

    Memanjangkan rambut dengan cepat
    (Pijat Kulit Kepala Untuk Merelaksasi Kulit Kepala. Foto: Dok. MilosStankovic/iStock)

    Memijat kulit kepala penting untuk relaksasi dan meredakan stres. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa memijat kulit kepala dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. 

    Dengan melebarnya pembuluh darah di bawah kulit kepala, rambut menjadi lebih tebal dan kuat sehingga terhindar dari rambut yang rentan patah atau rusak. Kamu bisa memijat kulit kepala sendiri di rumah menggunakan hair mask.


    8. Hindari Mewarnai Rambut

    Memanjangkan rambut dengan cepat
    (Hindari Mewarnai Rambut Rambut Supaya Rambut Panjang Lebih Cepat. Foto: Dok. Maria Geller/Pexels)

    Ketika kamu mewarnai rambut atau menggunakan bahan kimia pada rambut, rambut akan membuat rambut mudah patah. Sebaliknya, ketika kamu jarang mewarnai rambut, kerontokan rambut akan berkurang dan rambut akan panjang lebih cepat. 

    (Baca juga: 6 Bahan Alami Untuk Memanjangkan Rambut)


    Delapan cara memanjangkan rambut dengan cepat ini bisa kamu praktikkan langsung. Dijamin rambutmu akan tumbuh lebih cepat dan sehat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below