6 Bahan Alami Untuk Memanjangkan Rambut


  • 6 Bahan Alami Untuk Memanjangkan Rambut
    Bahan alami untuk memanjangkan rambutmu. (Foto: Dok. Averie Woodard/Unsplash)

    Sebagian wanita mungkin merasakan kenyamanan dan kepraktisan memiliki rambut pendek, tetapi tak sedikit wanita masih menginginkan helaian rambut yang mencapai pinggang. Rambut panjang sudah lama jadi pilihan klasik kaum hawa. Entah bisa membuat mereka lebih kreatif dengan ragam tata rambut atau untuk membingkai (bisa juga menyembunyikan) wajah mereka.


    Tentu, kamu perlu berikan perhatian ekstra ketika ingin memanjangkan rambut. Mulai dari bersabar menantikan helaian rambut yang tumbuh 1 cm setiap bulannya, belum lagi kerontokan yang bikin kamu harus bisa merawat kondisinya dengan baik. Nah, ada beberapa bahan alami untuk memanjangkan rambut yang bisa kamu coba agar kesabaranmu tak semakin teruji. Penasaran apa saja? Simak bahan-bahannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Efektif, Ini Cara Mengatasi Rambut Kering)


    1. Bawang bombai


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Bawang bombai. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Ketika memasak makanan favorit, bawang bombai pasti jadi salah satu yang esensial (melengkapi bawang putih). Namun, fungsi bawang satu ini tak hanya beri kenikmatan pada lidah maupun perut, tetapi khasiatnya juga baik untuk rambut. Saat kamu ingin memanjangkan rambut, kamu bisa memanfaatkan bawang bombai.


    Dengan kandungan sulfur yang kaya, bawang bombai bisa memproduksi lebih banyak kolagen bagi rambut. Selain itu, melancarkan peredaran darah dan memberi nutrisi kepada folikel rambut dengan maksimal sehingga mendorong pertumbuhannya. Cara membuat masker rambut dari bawang bombai juga sederhana.


    Kamu cukup campurkan tiga sendok makan sari bawang bombai, satu sendok makan minyak kelapa, dan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur, kamu langsung aplikasikan ke akar rambut, dan diamkan selama satu jam sebelum kamu bersihkan dengan sampo. Bisa dicoba, kalau kamu tahan dengan bau yang dikeluarkan.


    2. Lemon


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Lemon. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)


    Jika kamu tak tertarik untuk mencoba bawang bombai, mungkin lemon bisa jadi alternatif yang lebih aromatik. Lemon menyimpan kandungan vitamin C yang kaya, sama seperti jenis-jenis jeruk lainnya, yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan juga mendorong pertumbuhan rambut. Plus, kamu bisa memiliki rambut yang panjang tanpa takut rontok karena lemon juga bisa mengatasinya.


    Kamu bisa mencampurkan lemon dengan minyak kelapa atau zaitun, lalu diamkan selama 30 hingga 45 menit sebelum dibersihkan dengan sampo. Alternatif lain, kamu bisa campurkan lemon dan gel lidah buaya, lalu didiamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan sampo.


    3. Santan


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Santan. Foto: Dok. Sentidos Humanitos/Unsplash)


    Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah kelapa, termasuk ketika sudah diolah menjadi santan. Tekstur kental yang kamu dapatkan dari santan menyimpan manfaat untuk memperbaiki rambut yang rusak, kembali menghidrasi helaian-helaian rambut yang kering sekaligus memanjangkan rambut.


    Kamu cukup mencampurkan enam sendok makan santan kental dengan castor oil sebanyak tiga sendok, plus kamu bisa tambahkan beberapa tetes minyak basil. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan sampo hingga bersih.


    (Baca Juga: Rekomendasi Vitamin Rambut Agar Rambut Tetap Sehat)


    4. Teh hijau


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Teh hijau. Foto: Dok. Rajat Sarki/Unsplash)


    Bahan alami untuk memanjangkan rambut juga bisa datang dari teh hijau. Kandungan antioksidannya yang kaya menjadi salah satu faktor penumbuh rambut. Sebuah studi mengungkapkan bahwa komponen tumbuhan bernama Epigallocatechin Gallate (ECGC) bisa memberi stimulasi pada folikel rambut yang juga berdampak pada panjang rambut yang bertambah, sekaligus mengantisipasi kerusakan pada kulit kepala dan sel rambut.


    Untuk merasa manfaat teh hijau pada rambut, pertama kamu rebus air dan seduh dengan daun teh hijau pilihanmu. Lalu diamkan sebentar hingga suhunya turun. Setelah mulai hangat, kamu bisa basahi rambut dengan teh hijau yang sudah diseduh. Biarkan selama satu jam dan bilas hingga bersih.


    5. Telur


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Telur. Foto: Dok. Jakub Kapusnak/Unsplash)


    Kamu bisa menikmatinya sebagai menu sarapan. Mungkin bisa memanfaatkan putih telurnya untuk kesehatan kulit, mungkin bisa memanfaatkan kuningnya untuk jaga kondisi mata dan otak. Namun, telur memiliki manfaat yang bisa kamu rasakan jika ingin memanjangkan rambut.


    Dengan kandungan protein yang kaya, telur bisa memberi nutrisi pada pertumbuhan rambut sekaligus mendorong rambut agar lebih panjang. Kamu cukup mencampurkan satu telur dengan castor oil dan madu, satu sendok makan masing-masing. Setelah tercampur, aplikasikan pada rambut dari akar hingga ke ujung. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan sampo.


    6. Kayu manis


    bahan alami untuk memanjangkan rambut

    (Kayu manis. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Komponen bernama cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis menjadi salah satu faktor untuk memanjangkan rambut. Komponen ini membantu lancarkan sistem peredaran darah di folikel-folikel rambut sehingga pertumbuhannya pun meningkat. Untuk membuat masker rambut dengan kayu manis, gunakan minyak kelapa dengan perbandingan yang seimbang. Lalu campur hingga merata dan aplikasikan ke rambut, fokus pada bagian akar. Biarkan maskernya bekerja selama 45 menit dan bilas hingga bersih.


    (Baca Juga: Ini 6 Penyebab Warna Cat Rambut Tidak Keluar)


    Inilah beberapa bahan alami untuk memanjangkan rambut yang bisa jadi solusi dapatkan panjang rambut yang diinginkan. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below