Ini 10 Ide Bisnis Kreatif Berpotensi Yang Bisa Kamu Coba!


  • Ini 10 Ide Bisnis Kreatif Berpotensi Yang Bisa Kamu Coba!
    Ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba. (Foto: Dok. Yan Krukov/Pexels)

    Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat untuk membangun usahanya sendiri dan memang kini sudah banyak usaha kecil yang semakin besar dan terkenal di kalangan masyarakat, mulai dari industri F&B (food & beverages), produk-produk, hingga jasa. Dari anak muda hingga dewasa, pemula maupun profesional, semuanya kini memiliki potensi yang rata untuk meraih kesuksesan. 


    Namun, di luar semua hal itu, kreativitas dan inovasi adalah hal yang terpenting ketika kamu ingin membangun sebuah usaha. Kreativitas tersebut menjadi daya tarik sekaligus simbol dari keotentikan bisnis yang kamu bangun. Selain itu, usaha bisnis kamu akan bertahan lama jika memiliki daya tariknya tersendiri atau tidak sama persis seperti bisnis serupa lainnya. Ada banyak ide-ide bisnis kreatif dan inovatif dengan modal kecil yang bisa kamu coba ketika ingin membangun bisnis sebagai pemula. Penasaran apa saja? Yuk, mari simak berikut ini!




    1. Jasa titip atau jastip


    Bisnis seperti ini sudah ada sejak lama namun semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Jasa titip mirip seperti personal shopper. Ketika kamu membuka jasa titip, kamu menawarkan jasa kepada orang-orang untuk membelikan barang kepada orang lain. Biasanya, orang yang menggunakan jasa ini adalah mereka yang tidak bisa membeli barang tertentu di suatu tempat karena kendala lokasi yang jauh. Misalnya, seseorang menitipkan kepada orang lainnya yang sedang pergi ke luar negeri untuk membelikan barang yang hanya tersedia di negara tersebut, yang kemudian akan dibawa kembali ke negara asal dan dikirimkan ke orang yang menitip. Pembayaran juga biasanya dilakukan setelah barang tersebut dibeli atau setelah diterima oleh orang yang membeli, tergantung kesepakatan antara pembeli dan penyedia jasa. 


    2. Desain grafis


    Bisnis berbentuk jasa ini lumayan banyak peminatnya karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan logo bisnis, materi online marketing, dan sebagainya yang membutuhkan visual yang menarik. Membangun bisnis jasa desain grafis bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.


    3. Make up artist (MUA)


    ide bisnis kreatif

    (Make up artist untuk ide bisnis kreatif bagi pemula. Foto: Dok. Gustavo Fring/Pexels)


    Bagi para pencinta make up yang senang untuk berdandan dan memiliki kemampuan merias yang handal, kamu bisa mencoba profesi sebagai make up artist. MUA biasanya diperlukan untuk acara-acara besar tertentu, seperti wisuda, pernikahan, atau pemotretan. 


    (Baca Juga: Tips Melindungi Bisnis Kecilmu Di Tengah Wabah Corona)


    4. Fotografer


    Pernah bermimpi untuk menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan? Jika kamu memiliki hobi foto-foto, mungkin ide bisnis kreatif ini bisa kamu coba. Jika kamu tidak memiliki kamera pribadi, kamu bisa membelinya terlebih dahulu atau meminjam kepada kerabat terdekat sehingga pendapatan yang kamu terima dari bisnis ini bisa menjadi modal kamu untuk membeli kamera sendiri. Biasanya jasa fotografi dibutuhkan untuk acara-acara seperti pameran, pemotretan, wisuda, pernikahan, bahkan fotografi untuk stock photo. Agar kamu tidak selalu freelance, kamu bisa bergabung dengan agensi event organizer yang selalu membutuhkan fotografer. 


    5. Produk daur ulang


    Kamu bisa juga membangun bisnis sambil melestarikan lingkungan hidup kita dengan bisnis produk daur ulang. Banyak sekali barang-barang bekas yang bisa diubah menjadi suatu barang yang bernilai jual yang tinggi. Kamu bisa mengubah koran atau kertas bekas yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah frame, pot bunga, tempat sampah, atau barang-barang lainnya. Sebagai inspirasi, banyak sekali video di platform YouTube yang bisa kamu lihat tentang cara mengolah koran atau kertas bekas menjadi barang-barang tertentu. Selain membangun usaha yang berpotensi, kamu juga berkontribusi untuk merealisasikan lingkungan yang lebih ramah dan sehat. 


    6. Kursus privat


    ide bisnis kreatif

    (Kursus privat untuk ide bisnis kreatif bagi pemula. Foto: Dok. Yan Krukov/Pexels)


    Jika kamu memiliki keahlian tertentu, mungkin ini tandanya kamu harus membuka kursus privat. Kamu bisa membuka kursus bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, atau bahkan kursus bahasa Indonesia bagi orang asing. Jika kamu memiliki keahlian dalam bermain alat musik yang umum seperti piano, gitar, atau biola, kamu bisa membuka kursus privat untuk mengajar alat musik sambil mengasah keterampilan kamu. 


    7. Katering makanan


    Jika kamu punya hobi memasak, katering makanan kini semakin ngetren mengingat banyak orang yang mulai mengurangi mobilitas ke luar rumah. Selain itu, kini banyak orang yang tidak memasak di rumah namun tidak ingin membeli makanan dari luar yang tidak sehat seperti junk food. Oleh karena itu, katering makanan bisa menjadi bisnis yang memberikan pendapatan yang menjanjikan. Kamu bisa membuat variasi menu setiap minggu atau setiap bulan untuk memberikan pilihan bagi para konsumer. 


    (Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal Kecil, Wajib Kamu Coba!)


    Itulah beberapa ide bisnis kreatif dari Her World untuk kamu yang masih pemula tapi ingin membangun bisnis sendiri. Tetap semangat dan good luck!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below