Apa Penyebab Paha Besar Pada Wanita? Ini Cara Mengecilkannya


  • Apa Penyebab Paha Besar Pada Wanita? Ini Cara Mengecilkannya
    Penyebab Paha Besar & Cara Mengecilkannya. (Foto: Dok. KittisakJirasittichai/iStock)

    Tahukah kamu bahwa wanita memiliki persentase lemak tubuh lebih tinggi daripada pria? Yep, pada umumnya wanita berusia 25 memiliki jumlah lemak tubuh dua kali lipat lebih banyak dari pria. Nah, sebagian besar lemak tubuh yang berada pada wanita biasanya menumpuk di panggul, bokong, dan paha. Tak heran jika bagian tubuh ini biasanya berukuran lebih besar.


    Paha besar kerap menjadi insecurity banyak wanita. Selain menganggu penampilan, paha besar juga membuat wanita kesulitan untuk mencari celana yang pas. Bukan hanya itu, paha besar juga bisa menjadi tanda obesitas yang tentu mengganggu kesehatan lho.  Namun, apa sebenarnya penyebab paha besar? Berikut ini beberapa penyebab paha besar yang harus kamu ketahui.




    1. Gaya Hidup Yang Buruk

    Apa Penyebab Paha Besar
    (Junk Food Penyebab Paha Besar. Foto: Dok. Horizon Content/Pexels)

    Paha besar menjadi tanda bahwa kamu memiliki gaya hidup yang buruk, baik dari segi aktivitas fisik maupun makanan yang kamu konsumsi. Untuk kamu yang sering duduk atau berbaring dalam waktu lama, ini bisa menjadi salah satu penyebab paha bsar. Pasalnya, lemak di tubuh bagian bawah tidak terbakar ketika kamu tidak menggerakkan kaki, sehingga lemak akan menumpuk di paha dan betis.


    Bukan hanya karena jarang bergerak, terlalu sering mengonsumsi junk food juga memicu penumpukan lemak di paha. Hal ini dikarenakan junk food memiliki kandungan lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. 


    2. Kehamilan

    Apa Penyebab Paha Besar
    (Paha Besar Saat Hamil Untuk Melindungi Bayi. Foto: Dok. freestocks.org/Pexels)

    Wanita yang sedang dalam masa kehamilan pada umumnya memiliki paha yang besar. Paha membesar terjadi pada bulan kelima hingga kesembilan. Hal ini terjadi karena penumpukan lemak di pinggul, paha, dan bokong. 

    Pada masa kehamilan, panggul wanita juga akan menjadi lebih lebar. Pasalnya, lemak di daerah panggul berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi anak pada saat melahirkan. 

    3. Hormon Estrogen


    Paha besar juga bisa dipengaruhi oleh hormon estrogen. Hormon estrogen berperan penting dalam tubuh wanita. Menstruasi, kehamilan, hingga menopause dipengaruhi oleh hormon ini. Nah, ketika memasuki masa menstruasi, hormon estrogen menjadi tidak seimbang.


    Hormon estrogen yang fluktuatif menyebabkan bokong, pinggul, dan paha menjadi tempat utama penimbunan lemak. Inilah yang menyebabkan paha wanita lebih mudah membesar daripada pria. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan berserat supaya lemak tidak menumpuk di paha. 


    4. Faktor Genetik


    Faktor genetik juga bisa mempengaruhi paha membesar. Coba lihat bentuk paha orantua atau saudara-saudaramu. Jika mereka memiliki paha yang besar, kemungkinan besar penyebab paha besarmu berasal dari faktor genetik. 

    Meski, faktor genetik juga mempengaruhi penimbunan lemak di paha, kamu tetap bisa mengecilkan paha dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.


    (Baca juga: 5 Penyebab Paha Besar Yang Jarang Diketahui, Apa Saja?)


    Cara Cepat Mengecilkan Paha

    Untuk kamu yang menginginkan paha ramping, mari simak beberapa cara cepat mengecilkan paha berikut ini.


    1. Menjaga Pola Makan

    Jika ingin mengecilkan paha yang besar, mulailah dengan menjaga pola makanmu. Kamu bisa memimilih makanan rendah lemak supaya lemak jahat tidak menumpuk di bagian paha. Hindari makanan manis dan berminyak yang menjadi sumber utama lemak jahat pada tubuh. Tingkatkan juga asupan protein supaya otot tubuh dapat terbentuk dengan sempurna.


    2.  Melakukan Olahraga Kardio

    Apa Penyebab Paha Besar
    (Kardio Bantu Pembakaran Lemak. Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Olahraga kardio adalah salah satu jenis olahraga yang bisa membuat seluruh bagian tubuhmu bergerak. Ketika seluruh tubuh bergerak, pembakaran lemak dalam tubuh akan meningkat. Berbagai olahraga kardio yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha adalah berenang, lompat tali, jogging, dan squat jump


    3. Berjalan Kaki

    Apa Penyebab Paha Besar
    (Bakar Kalori Dengan Rutin Berjalan Kaki. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Kamu tidak akan bisa mengecilkan paha jika kakimu tidak bergerak. Oleh karena itu, kamu perlu setidaknya 10.000 langkah per hari supaya pahamu bisa mengecil dengan cepat. Selain dapat menurunkan berat badan, jalan kaki juga dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori yang menumpuk menjadi lemak dalam tubuh. 


    (Baca juga: 4 Cara Mengecilkan Paha Dalam Seminggu)


    Sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab paha besar? Mari lakukan tiga cara mengecilkan paha di atas secara konsisten supaya kamu memiliki paha yang ramping. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below