5 Penyebab Paha Besar Yang Jarang Diketahui, Apa Saja?


  • 5 Penyebab Paha Besar Yang Jarang Diketahui, Apa Saja?
    Penyebab paha besar dan apa yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha. (Foto: Dok. Anetlanda/iStock)

    Memiliki paha besar memang menjadi sebuah keunikan dari seseorang. Bagi sebagian orang, paha besar merupakan suatu hal yang membanggakan, namun sebagian orang juga bisa merasa bahwa paha besar membuatnya insecure. Terlebih bagi para perempuan, memiliki paha besar dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, paha yang berukuran besar bisa menandakan bahwa seseorang mengalami obesitas. Hal ini tentu akan berisiko buruk bagi kesehatan. 


    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh College of Health and Human Performance University of Florida memaparkan bahwa paha besar bisa saja disebabkan oleh dorongan hormon yang menyimpan banyak lemak di beberapa bagian tubuh. Hal ini dikarenakan sebagian besar wanita memang memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dari pada pria, misalkan pada usia 25 tahun, wanita dengan berat badan sehat mengandung lemak tubuh dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pria dengan berat badan sehat. 




    apa penyebab paha besar

    (Squat bisa sebabkan paha semakin besar. Foto: Dok. Pongtep Chithan/iStock) 


    Selain alasan tersebut, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab paha besar. Penasaran apa saja? Yuk, mari simak berikut ini! 


    Penyebab Paha Besar


    1. Paha menjadi tempat terakhir berkurangnya lemak


    Apakah kamu melakukan olahraga untuk menghilangkan lemak namun paha kamu masih besar? Hal itu terjadi karena paha adalah tempat terakhir berkurangnya lemak. Setelah kamu melakukan olahraga dan membuat tubuh bagian lain kencang dan mengecil, lemak di paha baru bisa terkikis. Karena itulah paha kamu terlihat lebih besar dan lebih sulit dihilangkan lemaknya.


    2. Tubuh memiliki lemak yang berlebih


    Paha yang membesar juga bisa disebabkan karena tubuhmu memiliki lemak yang berlebih. Hal ini biasanya terjadi karena kamu kekurangan konsumsi makanan yang mengandung serat. Maka dari itu, perbanyak makanan yang tinggi akan serat seperti buah pir, brokoli, tomat, mangga, alpukat, raspberry, dan sebagainya. 


    3. Faktor turunan keluarga


    Penyebab paha membesar yang paling umum adalah faktor genetik. Untuk mengetahui apakah kamu salah satunya, kamu bisa memperhatikan bentuk paha dari orang tua atau saudara kamu karena jika paha mereka berukuran besar, bisa saja penyebab paha kamu besar adalah faktor genetik. Hal ini dikarenakan penimbunan lemak di bagian tubuh memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, penyebab faktor genetik tidak menghalangi paha besar untuk dikecilkan dengan olahraga yang rutin. 


    4. Jenis olahraga yang dilakukan


    Paha besar bisa juga disebabkan oleh jenis olahraga yang kamu lakukan secara rutin. Olahraga memang bagus, namun kamu juga perlu tahu bahwa tidak semua jenis olahraga bermanfaat untuk mengikis lemak, terlebih di bagian paha. Olahraga yang mendorong kamu untuk menumpukan tenaga di paha adalah squat, box jump, menggunakan mesin latihan kaki, dan dumbbell lunge. Agar paha kamu tidak semakin besar, hindari lakukan jenis olahraga ini. 


    5. Fase plateau


    Saat kamu dalam proses menurunkan berat badan, kemungkinan besar kamu akan mengalami fase plateau. Fase ini adalah masa di saat berat badan kamu tidak turun lagi dalam kurun waktu tertentu meskipun kamu sudah melakukan berbagai macam olahraga dan menjalani diet. Fase plateau pada umumnya disebabkan oleh stres, metabolisme yang melambat, serta tubuh yang sudah mulai beradaptasi dengan aktivitas yang dijalani. Cara untuk menghadapi fase plateau ini adalah dengan tetap menjaga asupan kalori harian yang cukup dan konsisten menjalankan olahraga seperti biasa. 


    (Baca Juga: Bikin Kurus, Ini 4 Program Home Workout Gratis Untukmu)


    Cara Mengecilkan Paha Yang Ampuh


    Setelah mengetahui berbagai penyebab paha besar, Her World telah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha dengan ampuh. Yuk, mari simak berikut ini!


    apa penyebab paha besar

    (Cara mengecilkan paha dengan ampuh yang bisa kamu coba. Foto: Dok. Piyapong Thongcharoen/iStock)


    1. Mengurangi asupan garam


    Pernahkah kamu berasa kembung? Biasanya, asupan garam yang berlebih dapat membuat tubuh kamu menahan diri setelah kelebihan air. Alhasil, tubuh akan merasa kembung dan bentuk tubuh pun akan mengalami perubahan, termasuk paha. Kurangi asupan garam agar memperkecil tingkat retensi air dalam tubuh sehingga mengecilkan paha besar menjadi lebih mudah. 


    2. Mengurangi asupan karbohidrat


    Ketika kamu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat, zat ini akan diubah menjadi glikogen yang akan disimpan di dalam organ hati dan otot bersama dengan air. Oleh karena itu, semakin bayak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak air yang disimpan oleh tubuh. Kamu bisa melakukan diet rendah karbohidrat agar berat badan cepat turun dan paha semakin kecil. 


    3. Melakukan latihan HIIT


    HIIT atau High Intensity Interval Training adalah metode latihan kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan untuk membakar kalori dalam waktu singkat, yaitu sekitar 10 hingga 30 menit. Agar paha semakin mudah mengecil, kamu bisa menggabungkan latihan HIIT dengan sedikit latihan angkat beban karena kombinasi ini akan secara ampuh mendorong defisit kalori.


    4. Mengonsumsi makanan kaya akan protein dan serat


    Jika kamu ingin mengecilkan paha yang besar, mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat mungkin cara yang terbaik. Protein dan serat akan membantu kita untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga kamu tidak akan merasa cepat lapar dan memakan cemilan. Cara ini dapat mengurangi masa tubuh secara keseluruhan sehingga pahamu juga akan semakin kecil!


    (Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Olahraga di Smartphone)


    Itulah penyebab paha besar dan apa yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha secara ampuh. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below