Wajib Coba! 6 Kuliner Legendaris Jogja Termurah & Lezat


  • Wajib Coba! 6 Kuliner Legendaris Jogja Termurah & Lezat
    6 Kuliner Legendaris Jogja Yang Wajib Dicoba. (Foto: Dok. Pamitran Tours)

    Yogyakarta atau Jogja, salah satu destinasi wisata Indonesia paling ramai dikunjungi setelah Bali. Kekayaan alam, dan kuliner tradisional, menjadi daya tarik tersendiri bagi kota satu ini. Apalagi dengan kekayaan warisan budaya yang berlokasi di Jogja, membuat Jogja wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.


    Berwisata ke Jogja tak lengkap tanpa menikmati ragam kuliner legendaris jogja yang akan memanjakan lidahmu. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa mencicipi masakan khas tradisional Jogja yang unik. Penasaran apa saja kuliner legendaris jogja yang tidak boleh kamu lewatkan? Her World sudah punya beberapa rekomendasi kuliner legendaris Jogja untuk kamu. Simak baik-baik, ya!




    1. Gudeg Mbah Lindu

    Gudeg Mbah Lindu Kuliner Legendaris Jogja
    (Gudeg Mbah Lindu. Foto: Dok. Hipwee.com)

    Kuliner legendaris Jogja pertama yang wajib kamu coba adalah Gudeg Mbah Lindu. Mbah Lindu telah berjualan gudeg sejak zaman penjajahan Jepang sehingga tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Gudeg ini dimasak secara tradisional dengan menggunakan tungku tanah liat dan kayu bakar. Teknik ini menjadikan Gudeg Mbah Lindu terasa istimewa.

    Meski berlokasi di kios sederhana, Gudeg Mbah Lindu selalu ramai pengunjung. Gudeg disajikan dengan aneka pilihan lauk seperti tahu bacem, tempe bacem, semur telur, dan krecek pedas.


    2. Tengkleng Gajah

    Tengkleng Gajah Kuliner Legendaris Jogja
    (Tengkleng Gajah Jogja. Foto: Dok. jogjakita.co.id)

    Para pencinta olahan daging kambing, wajib coba kuliner legendaris Jogja satu ini. Tempat makan ini disebut Tengkleng Gajah karena memiliki porsi makanan yang sangat besar. Namun, tak perlu khawatir dengan rasanya, karena Tengkleng Gajah memiliki rasa istimewa yang akan membuat kamu ketagihan.

    Tengkleng Gajah mengolah daging selama empat jam, sehingga sudah pasti dagingnya empuk dan rasanya meresap hingga ke dalam. Selain menyajikan tengkleng ada beberapa menu olahan daging kambing lainnya yang juga tak kalah enak yaitu, tengkleng gajah goreng, sate kambing, dan nasi goreng.


    (Baca juga: Gugah Selera, Ini 6 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori)


    3. Sate Klathak Pak Pong

    Sate Klathak Kuliner Legendaris Jogja
    (Sate Klathak Pak Pong Jogja. Foto: Dok. TripAdvisor)

    Salah satu makanan yang wajib kamu coba saat berwisata ke Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate Klathak Pak Pong menawarkan sate kambing yang ditusuk dengan besi. Sate kambing yang terbebas dari aroma kambing dan bumbu yang meresap, menjadikan Sate Klathak Pak Pong digemari oleh banyak orang. 

    Selain menjual sate kambing, Sate Klathak Pak Pong juga menjual tengkleng dan nasi goreng. Dengan teknik masak menggunakan arang, nasi goreng di tempat makan ini memiliki aroma dan rasa yang khas. 


    4. Mangut Lele Mbah Marto

    Mangut Lele Kuliner Legendaris Jogja
    (Mangut Lele Mbah Marto. Foto: Dok. jogjakita.co.id)

    Mangut lele adalah olahan ikan lele yang dimasak dengan kuah santan gurih dan bumbu pedas. Dimasak menggunakan kayu bakar, mangut lele memiliki aroma dan rasa yang smoky. Perpaduan rasa bumbu yang gurih dan meresap hingga ke daging lele akan kamu rasakan dalam setiap suapan.


    Jika ingin menikmati mangut lele terbaik di Jogja, kamu bisa mengunjungi Mangut Lele Mbah Marto. Di tempat makan ini, pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke dapur dan mengambil makanan sendiri. Semua sayur dan lauk sudah diletakkan di dalam baskom besar. 


    5. Mi Lethek Mbah Mendes

    Kuliner Legendaris Jogja
    (Mi Lethek Mbah Mendes Jogja. Foto: Dok. Grab Food)


    Kuliner legendaris Jogja selanjutnya adalah mi lethek. Kelezatan hidangan khas Jogja ini bahkan membuat Barack Obama memesan mi lethek saat berkunjung ke Jogja. Secara harafiah, mi lethek berarti mi kotor. Sebab, mi lethek memiliki warna mi kecoklatan yang terbuat dari singkong.

    Salah satu tempat makan mi lehek yang bisa kamu coba adalah Mi Lethek Mbah Mendes. Menariknya, Mi Lethek Mbah Mendes tidak menggunakan bumbu penyedap dan bahan pengawet. Beberapa menu yang wajib kamu coba adala mi lethek godog, mi lethek goreng, plencing goreng, dan plencing godog.


    6. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

    Oseng-oseng Kuliner Legendaris Jogja
    (Oseng-oseng Mercon Bu Narti Jogja. Foto: Dok. jogjakita.co.id)

    Berdiri sejak tahun 1998, Oseng-oseng Mercon Bu Narti menyediakan hidangan kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dimasak pedas. Disebut mercon karena memang oseng-oseng akan membuat mulutmu terasa meledak-ledak layaknya petasan. Untuk kamu pencinta makanan pedas, jangan lupa untuk coba Oseng-oseng Mercon Bu Narti. 


    (Baca juga: Ini 5 Coffee Shop Paling Estetik di Bogor, Recommended!)


    Itulah beberapa rekomendasi kuliner legendari Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, kamu ingin coba yang mana?


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below