7 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?


  • 7 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?
    7 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan. (Qui Thinh Tran/iStock)

    Sirih cina, tumbuhan dengan segudang manfaat bagi tubuh. Di India, daun sirih cina sudah digunakan dalam ritual keagamaan sejak zaman dahulu. Sirih cina memiliki daun berbentuk hati dan berwarna hijau. Kamu bisa menemukan sirih cina di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Selatan, Filipina, dan Indonesia.


    Daun tanaman ini mengadung 85-90% air, sehingga sirih cina rendah kalori dengan kandungan air yang tinggi. Selain air, sirih cina juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi tubuh seperti, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan kalium. Dengan berbagai nutrisi yang ada dalam sirih cina, sudah tidak diragukan lagi manfaat sirih cina bagi kesehatan. Yuk cari tahu beberapa manfaat sirih cina bagi kesehatan.




    1. Mencegah Diabetes

    Manfaat Sirih Cina
    (Sirih Cina Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah. Foto: Dok. Nikcoa/iStock)

    Manfaat pertama dari sirih cina adalah mencegah diabetes. Penelitian telah menemukan bahwa bubuk daun sirih cina kering mampu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2 tanpa efek samping. 

    Sebagai sumber antioksidan, sirih cina dapat melawan radikal bebas. Dengan demikian, daun sirih cina bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.


    2. Menurunkan Kolesterol

    Manfaat Sirih Cina
    (Manfaat Sirih Cina Untuk Kesehatan Jantung. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    Selain mencegah diabetes, sirih cina juga bermanfaat sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol. Antioksidan yang terdapat dalam sirih cina dapat mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Dengan demikian, secara tidak langsung sirih cina bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. 


    3.   Mempercepat Penyembuhan Luka

    Berbagai penelitian telah membuktikan keampuhan sirih cina dalam mempercepat penyembuhan luka. Bahkan, beberapa penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak daun sirih cina bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Proses penyembuhan luka lebih cepat terjadi dengan sirih cina oleh karena kandungan antioksidan. 

    (Baca juga: 6 Manfaat Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan)


    4. Mengurangi Kadar Asam Urat


    Sirih cina juga memiliki manfaat untuk mengurangi gejala dan kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah penelitian dilakukan pada tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina. Hasilnya, tikus mengamalami penurunan kadar asam urat hingga 44% dala darah.


    Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sirih cina sebagai pengobatan alternatif untuk mengontrol kadar asam urat dengan efektif. Rutinlah mengonsumsi sirih cina dan gunakan takaran yang tepat, untuk hasil yang lebih maksimal.


    5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

    Manfaat Sirih Cina
    (Obati Maag Dengan Daun Sirih Cina. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    Mengatasi berbagai penyakit pencernaan dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi sirih cina. Pasalnya, daun sirih cina telah terbukti mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan baik. Terlebih lagi, daun sirih cina yang direbus juga terbukti ampuh untuk meringankan gejala penderita maag. 


    Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun sirih cina bisa menghambat kerusakan mukosa lambung, yaitu lapisan selaput lendir yang berisi kelenjar dan lubang lambung. Kamu bisa mencoba daun sirih cina sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan.


    6. Mengatasi Depresi


    Selain manfaat bagi kesehatan jasmani, sirih cina juga bermanfaat bagi kesehatan mental lho, salah satunya adalah depresi. Depresi merupakan ganggun psikiatris yang diperkiarakan telah diderita oleh 5% penduduk dunia saat ini. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pengobatan herbal juga ampuh untuk mengatasi depresi.


    Dengan mengunyah daun sirih cina bisa membuat kamu merasa lebih sejahtera dan bahagia. Ditambah lagi dengan senyawa fenolik aromatik yang memicu pelepasan katekolamin, sebuah senyawa yang meningkatkan risiko depresi. Inilah alasan daun sirih cina dipercaya sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi depresi.


    7. Menjaga Kesehatan Mulut

    Manfaat Sirih Cina
    (Daun Sirih Cina Menghambat Pertumbuhan Bakteri Di Mulut. Foto: Dok. SerhiiBobyk/iStock)

    Infeksi dan kerusakan gigi kerap terjadi akibat kehadiran patogen dalam mulut. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat mengunyah sirih cina dalam mencegah perkembangan bakteri ini dalam mulut.


    Terlebih lagi, daun sirih cina telah digunakan sebagai penyegar mulut sejak dahulu dan dipercaya untuk mengobati infeksi mulut dan gigi. Ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula, asam beraksi dengan bakteri yang terdapat pada gigi. Nah, daun sirih cina bermanfaat untuk menghambat asam yang dihasilkan oleh bakteri saliva.


    (Baca juga: Obat Asma Alami, Ini 7 Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan)


    Itulah tujuh manfaat sirih cina bagi kesehatan yang masih belum banyak diketahui orang-orang. Yuk selalu jaga kesehatan di tengah pandemi yang belum selesai, dengan terus mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below