4 Alasan Bibit x Antidot Ajak Anak Muda Mulai Investasi


  • 4 Alasan Bibit x Antidot Ajak Anak Muda Mulai Investasi
    Koleksi kolaborasi Bibit x Antidot yang mengajak anak muda untuk mulai investasi. (Foto: Dok. Bibit)

    Bagi kamu yang baru memasuki usia 20an, mungkin adulthood dengan berbagai keperluannya tentu mulai mengisi pikiranmu. Mulai mendapatkan pekerjaan pertama, berlanjut ke gaji pertama, berlanjut ke bulan berikutnya ketika kebutuhan (dan keinginan) semakin bertambah, kamu pun harus semakin ahli dalam mengelola keuanganmu.


    Mungkin beberapa cara seperti rutin menyisihkan uang untuk dijadikan tabungan atau membuat skala prioritas akan hal-hal yang penting dan perlu untuk mengeluarkan biaya sudah sering kamu lihat, termasuk pentingnya melakukan investasi di usia muda.




    Nah, buat kamu yang masih kurang yakin atau berani untuk mulai investasi dari sekarang, Her World sudah merangkum beberapa alasan kamu justru perlu mulai investasi di usia muda.


    1. Mengatur caramu mengeluarkan uang


    Dengan membiasakan diri untuk menyisihkan pendapatanmu untuk menabung atau berinvestasi, kamu juga mengubah pola konsumsi atau pengeluaranmu sehari-hari. Sebab, saat berinvestasi, kamu memiliki nominal tetap untuk diinvestasikan dan otomatis menyisakan dana yang dikeluarkan untuk memenuhi sehari-hari.


    Tentu dengan memiliki catatan pengeluaran atau budget plan sejak awal bisa membantumu untuk kelola pendapatan dan pengeluaranmu secara lebih rapi. Plus, dengan nominal yang tersisa di rekening, kamu juga akan lebih hati-hati dalam mengelola uang tersebut.

    bibit x antidot, investasi dini

    (Kolaborasi Bibit x Antidot yang ingin ajak anak muda untuk mulai investasi. Foto: Dok. Bibit.id)


    2. Waktu lebih banyak untuk belajar


    Dengan mulai investasi di usia muda, kamu punya waktu lebih banyak untuk belajar. Plus, dengan melakukan investasi dari usia muda, kamu punya waktu lebih banyak untuk belajar mengenali risiko dan potensi dari beberapa instrumen investasi seperti reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) atau saham.


    (Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Yang Patut Diketahui Sejak Dini)


    3. Lebih kuat menghadapi risiko


    Tanpa kamu sadari, kamu punya kekuatan lebih baik dalam menghadapi berbagai risiko. Hal ini juga termasuk dengan risiko saat berinvestasi. Mengapa? Alasannya karena kamu belum banyak terikat komitmen finansial yang membuatmu lebih ragu untuk mengambil risiko dalam berinvestasi.


    Ketika kamu sudah memasuki usia yang lebih dewasa, mungkin sudah berkeluarga atau ada misi untuk memiliki hunian sendiri, memiliki potensi atau ketakutan lebih besar untuk mengambil risiko dalam berinvestasi.


    4. Lebih cepat untuk mencapai kebebasan finansial


    Alasan kamu perlu memulai investasi sejak usia muda adalah agar kamu bisa mencapai kebebasan finansial. Apalagi buat kamu yang memiliki cita-cita untuk keliling dunia tanpa terhambat pekerjaan atau memulai usaha di usia 30 tahun, investasi yang kamu lakukan sejak dini ini bisa jadi modal yang kamu butuhkan untuk mencapai impian tersebut.


    Mengenali alasan pentingnya memulai investasi di usia muda ini mendorong Bibit.id untuk mengajak generasi muda dalam membangun masa depan keuangan lebih baik. Aplikasi investasi reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) bagi pemula bagi pemula ini menggandeng Antidot Studios untuk menghadirkan sebuah koleksi easy to wear bagi anak muda.


    Dengan esensi gaya hidup, yang juga tak lepas dari cara berpakaian, Bibit x Antidot pun berkolaborasi melalui koleksi t-shirt, hoodie set, dan tote bag bertajuk, “Bibit x Antidot: Path to Financial Freedom Collection.” Koleksi ini didesain simple untuk menggambarkan kehadiran teknologi yang membuat investasi semakin mudah untuk dipahami dan dijalani oleh siapa saja, sekaligus menunjang penampilan anak muda dengan cara yang sederhana.


    bibit x antidot, koleksi fashion

    (Koleksi Bibit x Antidot: "Path to Financial Freedom Collection". Foto: Dok. Bibit.id)


    “Lebih dari sekedar kampanye kreatif biasa, apa yang Bibit dan Antidot lakukan merupakan sebuah movement atau gerakan bersama untuk mengajak pemuda-pemudi Indonesia agar memiliki budaya sadar investasi dan memulai perjalanan bersama menuju kebebasan finansial,” ungkap Head of Digital Marketing Bibit, Angie Anandita Tjhatra.


    Kolaborasi Bibit x Antidot merupakan gerakan yang berangkat dari hasil riset Indonesia Millenial Report 2019. Data tersebut menunjukkan bahwa hanya sekitar dua persen milenial yang mengalokasikan pengeluaran bulanannya untuk investasi. Selain itu, hasil survei salah satu marketplace properti menemukan bahwa lebih dari 50 persen generasi milenial mengaku sulit membeli rumah karena tidak punya cukup tabungan.


    Co-Founder Antidot, Surya Cahya menambahkan, “Layaknya fashion, kami berharap untuk membawa investasi ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Koleksi ini dapat dipakai oleh siapapun dan dimanapun karena sifatnya yang simple, smart namun tetap modern.”


    (Baca Juga: Cara Aliya & Samira Pikat Investasi Untuk Bangun Start-Up)


    Bibit dan Antidot berharap agar koleksi yang hadir untuk menunjang penampilan anak muda ini bisa juga menggerakkan masyarakat, khususnya anak-anak muda, untuk semakin sadar akan pentingnya berinvestasi sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.


    Nah, kamu sudah siap belum untuk mulai berinvestasi?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below