Rahasia Awet Muda Ala Wanita Korea, Ternyata Ini Caranya!


  • Rahasia Awet Muda Ala Wanita Korea, Ternyata Ini Caranya!
    Cara awet muda ala wanita Korea Selatan yang wajib ditiru. (Foto: Dok. goodmomusic.net)

    Pasti banyak yang sudah tahu kalau orang Korea Selatan rata-rata mempunyai wajah yang mulus dan glowing. Ternyata, hal ini tidak hanya terjadi pada anak mudanya saja, loh! Wanita yang sudah berumur hingga lanjut usia di Korea Selatan pun terkenal dengan wajahnya yang awet muda, seperti masih remaja! Hal ini pun mengundang banyak perhatian masyarakat internasional dan membuat penasaran akan cara apa saja yang dilakukan untuk mencapai wajah yang awet muda ala wanita Korea Selatan. 


    cara awet muda ala korea



    (Aktris Song Hye Kyo terkenal dengan wajahnya yang awet muda. Foto: Dok. kyo1122/Instagram)


    Kita bisa melihat berbagai selebritas seperti Song Hye Kyo, Son Ye Jin, dan Song Ji Hyo yang sudah berumur 30 tahun ke atas tapi masih terlihat sangat muda. Mungkin bisa saja mereka melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan, tapi sebelum menerima perawatan, ternyata mereka sudah menjaga keindahan kulit mereka secara rutin, loh! Her World sudah merangkun cara awet muda ala wanita Korea Selatan, penasaran apa saja? Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Dilakukan sejak masih muda


    Nyatanya, rahasia awet muda ala wanita Korea Selatan justru terletak pada kedisiplinan mereka dalam menjaga kondisi kulit sejak masih berusia muda. Ketika masih muda, kulit kita masih ada dalam kondisi yang bagus dan tidak ada kerutan. Saat itulah kita harus mulai merawat kulit kita agar kualitasnya tetap terjaga. Jangan takut dengan perkataan bahwa kita tidak perlu menggunakan produk skincare anti-aging ketika masih muda agar kulit tidak rusak. Justru anti-aging bekerja untuk menahan kualitas kondisi kulit kita saat itu agar ketika kita semakin tua nanti, kulit wajah kita akan tetap muda. Gunakan produk anti-aging yang aman untuk segala jenis kulit atau dengan bahan yang tidak terlalu keras agar mencegah kulit dari iritasi. 


    2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik


    cara awet muda ala korea

    (Kimchi adalah makanan asal Korea Selatan yang kaya akan probiotik. Foto: Dok. makafood/Pexels)


    Dengan menambah probiotik ke menu makanan sehari-hari kita, tubuh kita akan tetap sehat dan terhindar dari inflamasi yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mengonsumsi makanan dengan probiotik juga akan menjaga kebersihan usus karena bakteri di tubuh kita menghasilkan racun yang dapat menyebabkan inflamasi tersebut jika mengonsumsi banyak gula dan meminum minuman beralkohol. Probiotik biasanya ditemukan di dalam kimchi, side dish yang selalu ada di menu makanan warga Korea Selatan. Warga di sana tidak terbiasa mengonsumsi makanan tanpa kehadiran kimchi, mungkin itu jadi alasan banyak wanita Korea Selatan yang tetap awet muda di usia tua.


    (Baca Juga: 15 Bahan Skincare Berbahaya yang Sebaiknya Kamu Hindari!)


    3. Menggunakan pelembap dengan formula anti kerutan


    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan skincare untuk anti-aging tidak perlu dilakukan setelah beranjak dewasa atau ketika menginjak usia 30 tahun. Cara awet muda ala wanita Korea Selatan justru adalah menggunakan pelembap dengan formula anti kerutan sejak dini. Gunakan dosis yang ringan sejak berada di usia 20-an. Pelembap akan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan menjaga kandungan air di dalam kulit sehingga kulit tidak mudah kering. Pasalnya, kulit yang kering akan lebih berisiko untuk timbul kerutan sejak dini. Bagi yang masih anak-anak, cukup gunakan pelembap tanpa formula anti kerutan yang aman di segala jenis kulit secara rutin setiap hari. 


    4. Lindungi kulit dengan gunakan sunscreen setiap hari


    cara awet muda ala korea

    (Sunscreen penting agar wajah terhindar dari penuaan dini karena paparan sinar UV matahari. Foto: Dok. Edwin Tan/iStock)


    Cara awet muda ala wanita Korea Selatan yang satu ini sering diremehkan oleh banyak orang, padahal tips ini adalah yang paling penting dilakukan. Sejak masih kecil, sunscreen atau tabir surya wajib digunakan setiap hari. Jika kita sering terpapar sinar matahari sejak kecil tanpa ada perlindungan SPF yang cukup, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya umur, kulit wajah akan timbul tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan age spots. Langkah menggunakan sunscreen yang benar adalah dengan mengaplikasikannya setelah menggunakan pelembap dan sebelum menggunakan make-up. Sama seperti rutinitas menggosok gigi, mengenakan sunscreen juga wajib dilakukan setiap hari. Ketika tabir surya sudah luntur setelah beberapa jam pemakaian, aplikasikan ulang ke wajah agar kita terlindungi dari paparan sinar UV matahari yang dapat mempercepat penuaan dini. 


    5. Cegah kulit dari dehidrasi


    Kulit yang kering akan menyebabkan dehidrasi yang mengarah pada penuaan dini. Hal ini dikarenakan kulit tidak memiliki cairan dan tingkat kelembapan yang cukup sehingga kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya semakin mudah untuk muncul. Selain itu, karena Indonesia negara tropis yang cuacanya cenderung panas, sering menggunakan AC akan menyebabkan wajah kita kering. Maka dari itu, wanita di Korea Selatan sering menggunakan face mist yang bisa menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi. Sebelum tidur, kita bisa menggunakan produk face mist yang aman untuk segala jenis kulit dengan formula yang meningkatkan kelembapan. Jika tidak memiliki face mist, kita bisa menggantung handuk basah yang sudah diperas di dalam kamar tidur. Pastikan posisi handuk tidak mengarah atau terkena angin dari AC. Dalam dua minggu, kulit akan terasa lebih lembap dan tidak kering atau terasa kaku!


    (Baca Juga: 6 Face Mist Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Berjerawat)


    Itulah rangkuman Her World tentang cara awet muda ala wanita Korea Selatan yang wajib kita ikuti. Siap punya kulit flawless di usia tua?


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below