6 Negara Paling Ramah Anak di Dunia, Aman Bersama Keluarga


  • 6 Negara Paling Ramah Anak di Dunia, Aman Bersama Keluarga
    Temuka negara yang paling ramah anak di dunia untuk destinasi liburan keluargamu berikutnya. (Foto: Dok. Josh Willink/Pexels)

    Memang liburan sekolah sudah selesai, anak-anakmu sudah kembali menjalani hari di sekolahnya masing-masing. Namun, buat kamu yang sudah membuat planning, rencana liburan akhir tahun mungkin sudah dalam kepala. Momen pergantian tahun yang jadi saat-saat untuk merangkai memori bersama keluarga.


    Nah, ketika menghabiskan liburan bersama keluarga, lokasi yang ramah bagi anak dan keluarga pun harus jadi prioritas. Buat kamu yang ingin liburan ke luar negeri, mungkin rekomendasi negara paling ramah anak di dunia yang sudah Her World rangkum bisa jadi referensi.




    1. Jepang


    negara yang paling ramah anak di dunia, jepang, gunung fuji

    (Pemandangan Gunung Fuji, Jepang. Foto: Dok. Manuel Cosentino/Unsplash)


    Negeri Sakura ini tak hanya dikenal dengan kebudayaannya yang kaya untuk dieksplorasi maupun kuliner yang memuaskan lidah dan perut, tapi juga negara yang ramah untuk kamu kunjungi bersama anak-anak. Tak hanya di pusat kota Tokyo sebagai ibukota, tapi seluruh sudut negara ini sudah pasti ada tempat untuk jalan-jalan.


    Kamu dan keluargamu bisa benar-benar menikmati keindahan berbagai kota di Jepang tapi tetap merasa aman ketika membawa anak-anak, khususnya balita. Wisata alam hingga wisata ramen, Jepang tak akan membiarkanmu pulang dengan rasa kecewa.


    2. Finlandia


    negara yang paling ramah anak di dunia, finlandia, nuukio national park, taman nasional

    (Nuutio National Park di Finlandia bisa jadi destinasi liburan. Foto: Dok. SaiKrishna Saketh Yellapragada/Unsplash)


    Ada alasan negara ini dinobatkan sebagai negara paling bahagia sedunia yang mungkin mengundang rasa penasaranmu. Faktanya, kebahagiaan masyarakat Finlandia juga bisa kamu rasakan sebagai turis. Negara ini juga bisa membuat anak-anak nyaman mengeksplorasi berbagai seluk beluknya.


    Berbagai taman nasional yang tawarkan ragam kegiatan luar ruangan seperti hiking, kayaking, dan canoeing ini bisa bangun kedekatanmu dengan keluarga. Selagi mendayung, kamu bisa melihat satwa-satwa yang melengkapi pemandangan alam Finlandia.


    Buat kamu yang ingin berkenalan dengan Finlandia pada kunjungan pertama, Helsinki pun menawarkan suasana kota dengan desain yang modern, plus restoran dan bar yang unik.


    3. Swiss


    negara yang paling ramah anak di dunia, swiss, grimentz, pedesaan

    (Area pedesaan Grimentz, Swiss. Foto: Dok. Patrick Robert Doyle/Unsplash)


    Bagi yang ingin mengajak anak-anakmu untuk mengeksplorasi alam, selagi kamu dan pasangan juga menikmati ketenangan yang biasa tak didapatkan dalam keseharian, Swiss juga masuk dalam daftar negara yang paling ramah anak di dunia. Mulai dari pegunungan hingga danau, kamu beserta keluarga bisa melakukan eksplorasi di luar ruangan.


    Plus, tak hanya keindahan alam, perjalanan mengenal sejarah masyarakat setempat pun bisa dilakukan di negara ini. Anak-anakmu juga mendapatkan berbagai pengetahuan baru dalam mengenal sebuah negara sehingga perjalanan atau liburan yang dilakukan tak hanya membawa kesenangan tapi pengalaman untuk memperkaya diri.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Desa Wisata Paling Indah Di Indonesia)


    4. Hong Kong


    negara yang paling ramah anak di dunia, hong kong, star ferry, ferry

    (Kapal ferry yang jadi moda transportasi dan juga destinasi wisata di Hong Kong. Foto: Dok. Mark de Jong/Unsplash)


    Mungkin bernostalgia dengan tokoh-tokoh klasik Disney, tapi Orlando terasa sangat jauh, Hong Kong bisa jadi alternatif. Namun, selain Hong Kong Disneyland, negara ini juga menawarkan berbagai pengalaman menarik untuk kamu habiskan bersama pasangan dan anak-anakmu.


    Menikmati pemandangan kota dari ketinggian ketika kamu menyusuri Victoria Peak atau mengambil waktu 12 menit dengan menaiki kapal ferry ikonis, Star Ferry, semua bisa kamu lakukan di Hong Kong. Plus, selain berbagai destinasi yang ramah anak, kuliner yang kaya dan beragam pun juga menyempurnakan perjalananmu di negara satu ini.


    5. Singapura


    negara yang paling ramah anak di dunia, singapura, chinatown, pecinan

    (Kawasan Chinatown di Singapura. Foto: Dok. Adrian Jakob/Unsplash)


    Kamu sudah pasti tahu kenikmatan mengeksplorasi negara tetangga satu ini yang rasanya tak ada habisnya. Jika ingin liburan tapi tak mau jauh-jauh, tetap cocok untuk anak-anakmu, Singapura sudah pasti wajib masuk list.


    Mungkin menyusuri Gardens By The Bay untuk mengenal lebih banyak flora, bisa bermain dengan satwa di Singapore Zoo (plus, sarapan dengan orang utan), hingga mengeksplorasi sejarah masyarakat Tionghoa di Singapura dengan berjalan-jalan di area Chinatown.


    Perjalanan kamu selama di Singapura pun juga didukung dengan sistem transportasi umum yang teratur sehingga kamu, sedikit banyak, bisa menyelami kehidupan masyarakat lokal di sana.


    6. Rwanda


    negara yang paling ramah anak di dunia, rwanda, afrika, akagera national park

    (Satwa yang bisa kamu temui di Akagera National Park, Rwanda. Foto: Dok. One Zone Studio/Unsplash)


    Sejarah kelam Rwanda tentang genosida yang sempat kamu pelajari semasa sekolah mungkin membuatmu enggan berkunjung. Namun, negara satu ini wajib kamu kunjungi bersama keluarga, apalagi jika anak-anakmu sangat menyukai fauna, khususnya primata. Pengunungan yang membentang sejauh mata memandang jadi habitat yang cocok untuk gorila gunung, salah satu satwa yang terancam punah.


    Berbagai konservasi dan taman nasional dibangun untuk melindungi primata satu ini dan menjadi daya tarik untuk para wisata. Selain itu, kamu bisa mengajak anak-anakmu ke Akagera National Park untuk melihat berbagai satwa liar di habitat aslinya. Perpaduan savana di Kenya dan Tanzania, kamu dapat Akagera di Rwanda. Jadi liburan seru dan berbeda untuk kamu serta anak-anakmu.


    (Baca Juga: Kembali Jelajahi Rasanya, Ini 5 Destinasi Kuliner Singapura)


    Itulah beberapa negara yang paling ramah anak di dunia dan mungkin bisa beri warna berbeda pada liburanmu bersama keluarga.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below