7 Tips Simpel Mengatasi Rambut Rontok Yang Bisa Dicoba


  • 7 Tips Simpel Mengatasi Rambut Rontok Yang Bisa Dicoba
    Tips simpel mengatasi rambut rontok untuk kamu coba. (Foto: Dok. Ali Pazani/Unsplash)

    Normalnya rambut melepaskan 100 helai dalam satu hari. Jadi kalau kamu melihat ada beberapa helai rambut yang terlepas saat menyisir, itu hal yang wajar. Namun, ketika setiap waktu ada saja helai rambut jatuh, padahal tak kamu sisir, mungkin rambut rontok sudah jadi masalah yang harus kamu atasi.


    Banyak yang bisa kamu coba, perawatan dari dalam maupun luar, untuk mengatasi rambut rontok. Namun, buat kamu yang bingung mulai darimana, Her World punya tips simpel mengatasi rambut rontok untuk dicoba. Penasaran apa saja?




    1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang


    Ikat rambut sekencang-kencangnya untuk penampilan yang sleek dan smart. Namun, sepertinya gaya rambut ini yang bisa jadi penyebab kerontokkan rambutmu. Gaya rambut yang membutuhkan ikatan kencang akan menarik rambutmu dari kulit sehingga melemahkan kekuatan akar yang menguatkan helaian rambut. Biasanya kamu bisa melihat rambut yang rontok di ikat rambutmu setelah menguraikan rambutmu.


    2. Kurangi kebiasaan mandi dengan air hangat


    Memang mandi air hangat setelah pulang kerja atau berkegiatan jadi kebiasaan yang menenangkan jiwa. Namun, buat kamu yang sedang mengatasi masalah rambut rontok, rasanya harus ada salam perpisahan dengan kebiasaanmu satu ini. Alasannya karena air hangat bisa membuat helai rambut dehidrasi sehingga terlihat kering dan kusut, rentan patah maupun rontok. Plus, buat kulit kepala yang berminyak, air hangat bisa jadi trigger kulit kepala untuk memproduksi minyak lebih banyak demi menjaga hidrasi rambut.


    tips mengatasi rambut rontok, mengikat rambut terlalu kencang

    (Hindari mengikat rambut terlalu kencang. Foto: Dok. Pius Martin/Unsplash)


    3. Pola diet instan, jangan coba-coba


    Mungkin kamu sering mendengar kalau memiliki berat badan ideal yang sehat itu memerlukan proses. Mungkin bulanan hingga tahunan, ada pola yang berusaha diubah sehingga tubuh pun perlu menyesuaikan, termasuk rambut. Jadi buat kamu yang sering mencoba diet-diet instan, lebih baik hindari dan jangan coba-coba.


    Sebab, diet instan akan mengurangi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, asam lemak, dan seng. Selain berat tubuh yang bisa naik dengan cepat, diet instan juga bisa jadi penyebab rambut rontok berlebihan.


    4. Konsumsi protein lebih banyak


    Tips simpel untuk mengatasi rambut rontok juga melakukan perawatan dari dalam. Mungkin banyaknya helai rambutmu yang rontok akibat asupan protein yang kurang cukup. Setidaknya kamu memerlukan 40 hingga 60 gram protein dalam satu hari, baik yang dimakan maupun diminum.


    Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi adalah greek yogurt, kacang-kacangan, atau telur untuk memenuhi kebutuhan protein tubuhmu.


    5. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari


    Buat kamu yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, mungkin sunscreen sudah jadi produk esensial untuk memberi proteksi lebih bagi wajah. Namun, coba kamu beri perhatian yang sama pada rambutmu karena bisa jadi masalah kerontokkan rambut yang kamu alami diakibatkan paparan sinar matahari.


    Sinar UVA dan UVB dapat merusak lapisan luar dari helaian rambut yang dikenal dengan nama kutikel. Selain rontok, paparan sinar matahari langsung juga bisa menyebabkan helai menipis, kusut, dan kering.


    (Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Kerontokan Rambut & Cara Mengatasinya)


    6. Gunakan minyak rambut sebelum keramas


    Lakukan perawatan menggunakan minyak rambut sebelum keramas bisa jadi solusi yang kamu butuhkan. Rambut yang mungkin kusut bisa dengan mudah terurai tanpa harus membuat helaiannya patah. Kondisi rambut yang basah dan cenderung berminyak akan lebih elastis dan mudah untuk diatur dibandingkan rambut kering sehingga potensi kerontokkan pun berkurang.


    Coba aplikasikan minyak rambut pilihanmu sebelum keramas secara rutin, minimal satu minggu sekali. Selain menambah elastisitas, kandungan minyak rambut juga bisa memperkuat akar-akar rambut di kulit kepala.


    tips mengatasi rambut rontok, minyak rambut

    (Aplikasikan minyak rambut sebelum keramas bisa jadi solusi. Foto: Dok. Mareefe/Pexels)


    7. Keramas menggunakan cermin


    Coba cari cermin yang tak mudah berembun dan letakkan di sudut yang bisa membantumu saat keramas. Sebelum kamu memasang wajah bingung akan apa fungsinya, cermin ini membantumu untuk melihat sisi atas dan belakang kepala yang biasanya tak terlihat.


    Dengan bantuan cermin, kamu bisa mengetahui area-area yang belum terbilas atau mengurai rambut yang kusut lebih lembut. Setidak-tidaknya membantumu bersihkan rambut secara lebih menyeluruh.


    8. Coba bilas dengan teh


    Seduh teh hitam di secangkir air panas, diamkan sebentar. Seduhan bisa untuk kamu minum, tapi bisa juga untuk solusi rambut rontok. Kamu cukup menyiram rambut dan kulit kepalamu dengan teh hitam setelah keramas dan memakai kondisioner. Pijat dengan lembut kulit kepala sebelum melanjutkan ke perawatan rambut lainnya, tak perlu kamu bilas lagi.


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Shampo Pemanjang Rambut Tercepat, Wajib Coba!)


    Itu dia beberapa tips simpel mengatasi rambut rontok. Kira-kira mana yang ingin kamu coba?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below