Kesadaran Lebih Dalam Akan Seni Di ARTJOG 2022


  • Kesadaran Lebih Dalam Akan Seni Di ARTJOG 2022
    ARTJOG 2022 juga memamerkan hasil karya anak-anak dan remaja. (Foto: Dok. ARTJOG)

    Apresiasi bagi para seniman lokal terus mengalir dalam pameran yang diadakan pertama kali pada 2008, jantung kota Yogyakarta dan tahun ini bukan pengecualian. Kembali melanjutkan dan menutup triplet tematik “Arts in Common” yang dimulai sejak 2019, ARTJOG kembali hadir di Jogja National Museum.


    Museum siap membuka pintunya lagi bagi para pengunjung untuk melihat sekaligus menikmati setidaknya 150 karya dari 61 seniman individu maupun kelompok lintas generasi. Dengan tema “Arts-In-Common: Expanding Awareness,” ARTJOG 2022 menutup rangkaian festival sejak 2019 yang dipayungi tema besar Arts in Common.




    artjog 2022, pameran seni jogja

    (Sudut pameran ARTJOG 2022 di Jogja National Museum. Foto: Dok. ARTJOG)


    Mungkin 2020 mengajarkan pentingnya waktu dalam hidup sehingga pada ARTJOG 2021, “Time (to) Wonder” jadi tema yang gambarkan makna waktu yang digunakan banyak orang untuk merangkai mimpi dan mewujudkannya. Tahun ini, “Expanding Awareness” menjadi upaya untuk membangun kesadaran akumulatif antara seniman dan masyarakat dengan sama-sama merefleksikan realitas yang sedang terjadi, masa depan, serta harapan yang harus diwujudkan.


    (Baca Juga: Intip Karya Seni Kelas Dunia Di Art Basel Hong Kong 2022)


    Inklusivitas jadi elemen penting dalam ARTJOG tahun ini yang diterapkan pada seleksi karya serta program-program yang dilaksanakan.


    “Kami percaya bahwa melalui kesenian, perluasan kesadaran dimungkinkan terjadi bukan melalui proses yang serba didaktik, linier, dan searah melainkan secara akumulatif dan resiprokal di antara karya-karya seniman dan khalayak sehingga kesadaran tentang inklusivitas yang kami suarakan juga dapat berdampak meluas, di luar dunia kesenian,” ungkap kurator ARTJOG, Agung Hujatnikajennong.


    artjog 2022, agung hujatnikajennong, kurator seni

    (Sambutan kurator ARTJOG 2022, Agung Hujatnikajennong. Foto: Dok. ARTJOG)


    Sebanyak 14 seniman anak dan remaja pun terlibat, memamerkan karya terbaik mereka bersama dengan karya para seniman muda maupun profesional. Plus, berkolaborasi dengan kelompok Jogja Disability Arts dan Sanggar Seni Komunitas Tuli Ba (WA) yang memberi ruang bagi komunitas difabel untuk terlibat dalam sebuah pameran kesenian.


    (Baca Juga: Koleksi Musim Panas Max Mara Di Fashion Show Resort 2023)

     

    Pameran kesenian kali ini pun juga melepas rindu antara para seniman dan penikmatnya dengan kembali diadakan secara offline. Tentu dengan protokol kesehatan yang berlaku, ARTJOG 2022 bertemakan “Arts in Common – Expanding Awareness” ini berlangsung mulai dari 7 Juli 2022 hingga 4 September 2022.


    Jadi buat kamu yang berkunjung, mungkin Jogja National Museum bisa masuk dalam destinasi kunjunganmu.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below