Sedang Viral, Ini Fakta 7 Keajaiban Dunia Versi NOWC


  • Sedang Viral, Ini Fakta 7 Keajaiban Dunia Versi NOWC
    Machu Picchu, salah satu 7 Keajaiban Dunia versi NOWC. (Foto: Dok. Chelsea Cook/Pexels)

    Apakah kamu tahu daftar 7 Keajaiban Dunia? Belakangan ini, daftar tersebut kembali viral di media sosial berawal dari seorang YouTuber asal Indonesia, Leonardo Edwin, yang menyatakan di akun resmi Instagramnya bahwa Candi Borobudur tidak termasuk di dalam daftar 7 Keajaiban Dunia. Pasalnya, banyak sekali masyarakat yang mengganggap warisan Indonesia ini masuk ke daftar yang dirilis oleh NOWC ini. 


    NOWC atau New Open World Corporation adalah sebuah yayasan dari Swiss yang didirikan oleh Bernard Weber. Pemungutan suara untuk menghasilkan daftar tujuh Keajaiban Dunia ini dilakukan secara bertahap dari tahun 2000 hingga 2007. Terdapat tujuh panelis yang ditugaskan untuk memilih 21 finalis yang nanti akan dikerucutkan menjadi tujuh pemenang terakhir. Tujuh panelis tersebut terdiri dari para arsitek dari berbagai belahan dunia, yaitu Aziz Tayob, Cesar Pelli, Harry Seidler, Zaha Hadid, Federico Mayor Zaragoza, Tadao Ando, dan Yunho Chang.




    (Baca Juga: Wajib Dikunjungi, Ini 6 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara)


    Federico, yang juga merupakan Mantan Direktur UNESCO, memaparkan bahwa para panelis memilih berdasarkan aspek kepentingan arsitektur dan budaya. Selain itu, para panelis juga melihat keindahan monumen dan struktur dari tempat wisata nominasi. 


    7 keajaiban dunia

    (Keindahan Petra di Yordania. Foto: Dok. Alex Azabache/Pexels)


    Pada tahun 2000 hingga 2004, kampanye awal dimulai untuk membuka voting dari 7 Keajaiban Dunia. Kemudian, pada tahun 2005, terpilih 176 nominasi dari berbagai negara yang akan dikecilkan menjadi 77 berdasarkan voting terbanyak. Pada 1 Januari 2006, sebanyak 21 finalis dari 77 nominasi diumumkan. Kemudian, pada 7 Juli 2007, 21 finalis tersebut dirampungkan menjadi 7 Keajaiban Dunia dan diumumkan di Lisbon, Portugal sebagai berikut:

    1. Colosseum di Italia

    2. The Great Wall of China

    3. Petra di Yordania

    4. Machu Picchu di Peru

    5. Patung Kristus Penebus di Brazil

    6. Chichén Itzá El Castillo di Meksiko

    7. Taj Mahal di India


    (Baca Juga: Penampilan Mariah Carey di Candi Borobudur)


    Candi terbesar di Indonesia, Candi Borobudur, nyatanya masuk ke dalam 176 nominasi awal di daftar 7 Keajaiban Dunia, namun tidak meraih peringkat 77 teratas sehingga tidak lanjut ke tahap voting berikutnya. Tak hanya Candi Borobudur, ternyata Sawah Terasering Tegallalang di Bali juga turut masuk ke dalam nominasi meskipun gagal masuk di tahap selanjutnya. Meski tidak masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Dunia versi NOWC, Candi Borobudur tetap menjadi warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. 


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below