Jangan Sepelekan, Ini 5 Bahaya Merkuri Bagi Tubuh


  • Jangan Sepelekan, Ini 5 Bahaya Merkuri Bagi Tubuh
    5 Bahaya Merkuri Bagi Tubuh. (Foto: Dok. Betka82/iStock)

    Apakah kamu sering mendengar tentang merkuri? Ya, merkuri adalah senyawa beracun yang sering kamu temukan di beberapa produk kosmetik. Sebenarnya, merkuri atau yang dikenal dengan air raksa, berasal dari batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara.


    Merkuri mampu memperlambat pembentukan melanin, sehingga kulit kamu akan tampak lebih cerah secara instan. Inilah yang menjadikan merkuri bahan dasar dari beberapa produk pemutih ilegal. Padahal merkuri sangat beracun bagi tubuh, dan tidak direkomendasikan untuk kamu gunakan. Penasaran apa saja bahaya merkuri bagi tubuh? Simak beberapa dampak negatif merkuri bagi tubuh berikut ini.




    (Baca juga: 15 Bahan Skincare Berbahaya yang Sebaiknya Kamu Hindari!)


    1. Merusak Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal

    Merkuri

    (Merkuri Merusak Saluran Pencernaan, Sistem Saraf, dan Ginjal. Foto: Dok. PALMIHELP/iStock)

    Ketika kamu mengoleskan kosmetik dengan kandungan merkuri, lama kelamaan kulitmu akan rusak dan semakin tipis. Bukan hanya itu, merkuri mudah meresap ke kulit, sehingga masuknya merkuri dalam kulit mampu merusak salur pencernaan, sistem saraf, dan ginjal.


    2. Melemahkan Fungsi Otak

    Bahaya merkuri bagi tubuh selanjutnya adalah melemahkan fungsi otak. Jika kamu mengonsumsi makanan yang terpapar logam merkuri, maka otakmu tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kualitas makananmu, ya.


    3. Memperlambat Pertumbuhan Janin

    Merkuri

    (Merkuri Menghambat Pertumbuhan Janin. Foto: Dok. Vladimir Zotov/iStock)

    Apakah kamu penasaran mengapa ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakan produk kosmetik? Yes, salah satu alasannya adalah merkuri. Merkuri berdampak negatif pada pertumbuhan janin. Pertumbuhan janin akan melambat ketika kamu sering terpapar senyawa merkuri ini. Bahkan, tak jarang merkuri menyebabkan keguguran pada ibu hamil.


    4. Menyebabkan Iritasi Pada Kulit

    Merkuri

    (Hindari Penggunaan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri. Foto: Dok. AzmanL/iStock)

    Penggunaan produk kosmetik dengan kandungan merkuri berisiko menyebabkan kulitmu iritasi. Biasanya gejalanya adalah gatal-gatal, kulit kemerahan, dan muncul ruam pada kulit. Dilansir dari MedicineNet, iritasi akibat merkuri juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati, gangguan penglihatan, gangguan ingata, depresi, kelemahan otot, kesemutar, atau keracunan.


    5. Menyebabkan Kanker Kulit

    Ingin wajah cantik dengan produk kosmetik kok malah terkena kanker kulit? Nah, untuk menghindari hal ini, kamu perlu menghindari penggunaan produk kosmetik dengan kandungan merkuri ya. Pasalnya, merkuri bersifat karsinogenik. Inilah yang menyebabkan produk kosmetik dengan kandungan merkuri dapat meningkatkan risiko kanker, khususnya kanker kulit.


    (Baca juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik Tahun Ini)


    Itulah lima bahaya merkuri bagi tubuhmu. Yuk lebih teliti lagi dalam memilih makanan dan produk kosmetik supaya terhindar dari senyawa beracun merkuri.


    (Penulis: Audrey Josephine)

    Tags: merkuri



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below