Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan yang Patut Diketahui


  • Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan yang Patut Diketahui
    Ketahuilah manfaat wortel untuk kecantikan(Foto:Dok.Polina/Pexels)


    Siapa yang tak ingin memiliki kulit yang cerah dan bersinar dengan mudah? Bahkan tanpa perlu menguras kantong untuk membeli ragam produk kecantikan kamu bisa mendapatkannya. 

    Merawat kulit dengan bahan alami tentu tidak lagi asing bagi setiap orang saat ini. Dan salah satu yang biasa digunakan adalah wortel. Pernah mencobanya?



    Jika belum, ada beberapa manfaat jus wortel untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja? berikut di antaranya.


    (Baca Juga: Cara Membuat Sup Krim Wortel)


    1. Mengurangi Kemerahan dan Bekas Luka

    Kandungan vitamin A yang dimiliki oleh wortel terbukti bisa membuat kulit tampak lebih awet muda. Hal ini juga diungkap oleh Anna Mitsios, ahli gizi, naturopath, dan pendiri Edible Beauty, "Jus wortel mengandung beta karoten dalam jumlah tinggi, yang diubah menjadi retinol, salah satu bentuk vitamin A paling murni," kata Mitsios. "Vitamin A bekerja sebagai vitamin ajaib dalam hal penyembuhan kulit dan mengurangi kemerahan dan peradangan."

    Khasiat ini bisa dirasakan saat kamu menjadikannya makanan sehari-hari. Bahkan saat menjadikannya perawatan kulit seperti masker, wortel mampu meremajakan, mencerahkan, dan menenangkan kulit saat dioleskan ke wajah selama 20 menit.

    “Semudah mencampurkan jus satu wortel dengan dua sendok makan oatmeal dan satu sendok makan nektar kelapa organik atau madu untuk membuat pasta kental,” kata Mitsios. “Oatmeal bekerja secara sinergis dengan jus wortel untuk meredakan kemerahan dan peradangan serta membersihkan pori-pori karena kandungan saponinnya yang tinggi. Satu sendok makan yogurt juga bisa ditambahkan ke campuran ini untuk membantu keseimbangan minyak. "


    2. Mencegah dan mengobati kerusakan kulit karena matahari

    Mengutip laman Pop Sugar Dr. Purvisha Patel, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare mengatakan bahwa, "Secara topikal, jus wortel dapat membantu memerangi kerusakan akibat sinar matahari karena mengandung falcarinol, sebuah antioksidan."

    Dia mencatat bahwa wortel kecil lebih baik untuk dibuat jus daripada wortel besar karena mengandung lebih banyak nutrisi. Selain itu, karoten bertindak seperti pelindung matahari yang sangat lembut. Manfaat ini bisa dirasakan baik dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan perawatan kulit. 


    3. Meningkatkan Tingkat Energi dan Metabolisme

    Dr. Patel berkata bahwa jus wortel bisa meningkatkan tingkat energi dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat ini merupakan hasil kerja vitamin B kompleks yang secara aktif memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi tubuhmu digunakan secara efisien. Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih bersemangat dan wajah yang cerah.


    (Baca Juga: Cara Membuat Jus Wortel yang Enak)


    4. Mengurangi jerawat

    “Kandungan beta karoten pada jus wortel membuatnya efektif dalam mengontrol produksi sebum dan mengurangi timbulnya jerawat,” kata Mitsios. "Untuk hasil yang lebih efektif, saya sarankan minum jus wortel bersama dengan mengoleskannya secara topikal."

    Mengonsumsi wortel secara konsisten, bisa menurunkan jumlah jerawat dan kulit akan terasa lebih halus. Membuat masker sendiri menggunakan jus wortel untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat. Bagaimana? berani mencobanya?


    5. Membantu produksi kolagen

    “Kandungan vitamin C yang tinggi pada jus wortel juga bekerja untuk merangsang produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit,” kata Mitsios.

    Kolagen inilah yang membuat kulit lebih kencang, kenyal, montok, dan sehat. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen kita menurun. Dalam hal ini, jus wortel adalah bahan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam diet dan perawatan kecantikan demi mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan.


    6. Membuat kulit lebih glowing

    Wortel memiliki antioksidan yang kuat dan kadar karatenoid yang tinggi. Semua kandungan inilah yang bekerja melawan radikan bebas dari dalam mapun luar. Dan efek yang paling terasa adalah kulig menjadi lebih sehat dan glowing

    "Jus ini juga melembabkan, jadi bekerja untuk mempertahankan tingkat kelembapan yang membuat kulit montok dan bercahaya." Jelas Mitsios.


    Itulah sejumlah manfaat jus wortel untuk kecantikan yang patut diketahui. Selamat mencoba dan semoga berhasil!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below