Penuaan Dini Terjadi Karena Apa? Kenali 5 Penyebabnya


  • Penuaan Dini Terjadi Karena Apa? Kenali 5 Penyebabnya
    (5 Penyebab Penuaan Dini. Foto: Dok. LittleBee80/iStock)

    Bertambahnya usia ditandai dengan perubahan pada pikiran, mental, dan fisik. Perubahan fisik memang merupakan salah satu perubahan yang paling terlihat. Bukan hanya dari perubahan postur tubuh, namun juga perubahan pada wajah. Nah, inilah yang menyebabkan seseorang rela melakukan berbagai cara untuk tetap telrihat awet muda. 


    Namun, kini tanda-tanda penuaan tidak hanya terjadi pada orang yang sudah berumur. Sekarang sudah banyak terjadi fenomena penuaan dini yaitu, munculnya tanda-tanda penuaan yang terjadi pada seseorang yang masih berusia muda. Apakah kamu penasaran penuaan dini terjadi karena apa? Berikut beberapa penyebabnya.




    (Baca Juga: Penuaan Dini? Inilah Rahasia Kulit Awet Muda!)


    1. Kekurangan nutrisi

    Penuaan Dini Terjadi Karena

    (Kulit Wajah Membutuhkan Asupan Nutrisi Yang Cukup. Foto: Dok. marilyna/iStock)

    Salah satu penyebab paling umum yang memicu penuaan dini adalah kurangnya asupan nutrisi. Kekurangan asupan nutrisi membuat tampilan kulit wajah kamu menjadi buruh, sebab kulit membutuhkan vitamin dan nutrisi yang seimbang untuk menangkal radikal bebas serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


    2. Paparan sinar matahari

    Terpapar sinar matahari pada siang hari, tanpa perlindungan dari sunscreen, dapat menyebabkan penuaan dini. Terdapat sebuah studi yang membuktikan bahwa 80 persen penuaan dini terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Kolagen dan elastisitas kulit adalah dua hal yang dapat mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet ini, sehingga tak heran jika kulit wajahmu akan terlihat lebih cepat tua.


    3. Merokok

    Penuaan Dini Terjadi Karena

    (Merokok Menyebabkan Kulit Tampak Lebih Tua. Foto: Dok. Nopphon Pattanasri/iStock)

    Selain dapat menyebabkan kanker, merokok juga dapat menyebabkan kamu mengalami penuaan dini. Kandungan nikotin dalam rokok akan memicu sel-sel kulit kamu kekurangan air dan kehilangan kelembapannya. Tidak berhenti sampai situ saja, rokok juga bisa mengurangi kadar vitamin A pada kulit wajah. Padahal, vitamin A bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas di kulit wajah.


    4. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan

    Penuaan Dini Terjadi Karena

    (Alkohol Mengganggu Proses Regenerasi Kulit. Foto: Dok. OlegEvseev/iStock)

    Tak jauh berbeda dengan efek negatif rokok, alkohol juga dapat merusak jaringan kulit wajah. Dengan kamu sering mengonsumsi alkohol, kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C dalah tubuh akan berkurang. Padahal ketiga vitamin tersebut berperan penting dalam proses regenerasi sel kulit.


    5. Pola tidur yang tidak baik


    (Pola Tidur Yang Tidak Baik Dapat Merusak Kulit. Foto: Dok. Asia Images/iStock)

    Nah, penuaan dini terjadi karena pola tidur yang berantakan. Pasalnya, proses regenerasi kulit terjadi saat kamu tidur, di mana tubuh sedang beristirahat. Ketika kamu kurang tidur, proses ini akan terganggu dan malah menyebabkan kamu mengalami penuaan dini.


    (Baca Juga: 5 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Cegah Penuaan Dini)


    Sekarang kamu sudah tahu, kan, penuaan dini terjadi karena apa? Yuk, jangan sepelekan hal-hal di atas, dan mulailah merawat kulit wajahmu. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below