5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Tidak Merata, Apa Saja?


  • 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Tidak Merata, Apa Saja?
    Mengatasi Kulit Wajah Yang Tidak Merata. (Foto: Dok. ALotOfPeople/iStock)

    Memiliki kulit wajah flawless adalah dambaan sebagian besar wanita. Sayangnya, tidak semua wanita terlahir dengan kulit wajah flawless. Banyak wanita mengalami berbagai masalah kulit, salah satunya warna kulit wajah yang tidak merata. Umumnya ini disebabkan oleh bekas luka, bekas jerawat, penuaan, dan sebagainya.


    Kulit wajah juga akan berubah menjadi kemerahan dan memiliki tekstur yang tidak mulus. Hal ini pasti memengaruhi kepercayaan dirimu. Nah, sekarang kamu tidak perlu minder lagi. Kali ini Her World akan merekomendasikan beberapa cara mengatasi kulit wajah yang tidak merata. 




    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik, Ampuh Dalam Semalam!)


    1. Eksfoliasi

    Kulit Wajah Yang Tidak Merata

    (Rutin Eksfoliasi Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati. Foto: Dok. staticnak1983/iStock)


    Cara mengatasi kulit wajah yang tidak merata bisa kamu mulai dengan rutin mengeksfoliasi wajah. Pasalnya, lapisan atas kulit terdiri dari sel-sel kulit mati. Meski bisa mengelupas secara sendiri, kamu bisa mempercepat proses ini, sehingga kulitmu akan tampak lebih cerah dan halus.


    Jangan lupa untuk memilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah eksfoliator dengan kandungan asam salisilat.


    2. Menggunakan Sunscreen

    Kulit Wajah Yang Tidak Merata

    (Wajib Gunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas. Foto: Dok. Dima Berlin/iStock)


    Sudah bukan rahasia lagi bahwa sunscreen adalah skincare yang wajib kamu gunakan sebelum beraktivitas. Dengan menggunakan sunscreen kulitmu akan terlindungi dari paparan sinar matahari, yang seringkali menjadi penyebab utama kulit wajah yang tidak merata.


    Penggunaan sunscreen pun tidak boleh sembarangan. Kamu perlu menyesuaikan kadar SPF untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kulit, minimal SPF 30.


    3. Gunakan Skincare Sesuai Kebutuhan

    Mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata dapat kamu lakukan dengan memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Apalagi untuk kamu para pemilik kulit sensitif, kamu perlu berhati-hati memilih produk skincare supaya tidak memicu masalah kulit lainnya.


    Untuk para pemilik kulit berjerawat, cobalah produk skincare dengan kandungan alpha hydroxy acid (AHA), bezoil peroksida, dan hyaluronic acid. Tak hanya mengurangi minyak pada kulit wajah, kandungan tersebut juga membantu memperbaiki tekstur, mengurangi pigmentasi, dan mencerahkan warna kulit.


    4. Menggunakan Serum Vitamin C

    Kulit Wajah Yang Tidak Merata

    (Manfaat Serum Vitamin C Untuk Kulit. Foto: Dok. Sasithorn Phuapankasemsuk/iStock)


    Tahukah kamu bahwa vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bisa mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari? Tak hanya itu, vitamin C juga mampu menghambat produksi pigmentasi atau melanin. Inilah yang membuat vitamin C sebagai pencerah kulit wajah yang ampuh.


    5. Menggunakan Retinol

    Kulit Wajah Yang Tidak Merata

    (Retinol Menyamarkan Bintik-bintik Hitam. Foto: Dok. Youngoldman/iStock)


    Selain serum vitamin C, kamu juga bisa menggunakan retinol untuk mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata. Pasalnya, retinol dapat menstimulasi kolagen sehingga proses pergantian sel akan lebih cepat. Terlebih lagi, retinol mampu menyamarkan bintik-bintik hitam. Kamu bisa rutin menggunakan retinol pada malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.


    (Baca Juga: 3 Produk Untuk Cegah Jerawat Meradang, Dijamin Mulus!)


    Nah, inilah 5 cara mengatasi kulit wajah yang tidak merata. Mudah sekali bukan? Yuk langsung coba beberapa cara di atas dan rasakan perubahannya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below